Halaman xvi.

bahwa ia mati tanpa diikuti oleh tangisan atau penggalian kubur, maka ini melambangkan bahwa sebagian rumahnya akan ambruk; dan belalang berarti tentara, sedang tentara berarti belalang.
e. Takwil mimpi dengan penambahan dan pengurangan kriteria.
Hal ini misalnya, tangisan dalam mimpi melambangkan kegembiraan, dan jika tangisan itu disertai dengan isakan, maka hal ini melambangkan adanya musibah; tawa melambangkan kesedihan, dan jika tawa itu hanya dalam bentuk senyum saja, maka ia melambangkan kebaikan; Buah kenari melambangkan harta terpendam atau tersimpan, namun jika pada buah itu terdapat gemerincing atau kertak-kertuk, maka ia melambangkart musuh; minyak rambut yang diambil dengan ukuran tertentu melambangkan perhiasan, namun jika minyak itu mengalir di wajah, maka ia melambangkan kesedihan atau dukacita, sedangkan jika minyak itu banyak di kepala, maka ia melambangkan sikap mencari muka pada pimpinan; dan kunyit atau wangi kunyit melambangkan pujian baik, tapi jika terlihat warnanya pada pakaian atau badan, maka ia melambangkan penyakit atau kesedihan.
Pukulan berarti pakaian, namun jika dipukul dalam keadaan terikat atau terbelenggu, maka ia melambangkan celaan buruk untuknya yang tidak dapat ditolak; orang yang bermimpi bahwa ia mempunyai bulu burung, maka ia melambangkan bahwa ia mempunyai pakaian bagus dan kebaikan, namun jika ia terbang dengan sayapnya, maka ini melambangkan bahwa ia akan melakukan pengembaraan sesuai dengan tingginya terbang tersebut; orang yang bermimpi tangannya dipotong lalu potongan tamgan itu tetap bersamanya, maka ini melambangkan bahwa ia akan mendapat manfaat dari seorang saudara atau anak, namun jika tangan yang terpotong tersebut terpisah darinya, hal ini melambangkan musibah terhadap seorang saudara atau anaknya; Seorang yang sakit apabila bermimpi bahwa ia sudah sehat lalu pergi dari rumahnya tanpa berbicara, maka ini melambangkan bahwa ia akan mati, namun jika ia berbicara berarti ia akan sembuh; tikus melambangkan para wanita jika warnanya tidak beragam, namun jika warna tikus itu beragam antara putih dan hitam, maka ini melambangkan beberapa malam dan siang; dan melihat ikan-ikan apabila diketahui jumlah-nya, ini melambangkan para wanita, sedangkan jika jumlah banyak tak terhitung, maka ini melambangkan harta dan rezeki nonplok atau rampasan perang.
f. Takwil sesuai dengan perbedaan waktu.
Mimpi menunggang gajah melambangkan bahwa ia akan menerima sebuah masalah besar yang tidak banyak manfaatnya, namun jika menunggang tersebut terjadi pada siang hari yang terang, ini berarti bahwa ia akan menceraikan isterinya atau keburukan akan menimpanya disebabkan oleh isterinya. Burung nasar dalam mimpi melambangkan seorang manusia bodoh, kotor, dan keji.
5. Perkatean Ibou Qutaibah tentang Waktu Mimpi
Mimpi yang paling benar terdapat pada waktu sebelum subuh (ashar) dan pada tengah hari, setelah zphor(al-qilullah). Waktu yang benar adalah waktu bersinarnya cahaya dan masa berbuahnya buah-buahan. Sedangkan waktu yang paling lemah adalah musim dingin. Mimpi pada waktu tengah hari setelah zohor lebih kuat dari pada mimpi malam hari.
Kadangkala takwil mimpi berbeda-beda antara manusia sesuai dengan perbedaan kedudukan, bentuk fisik, keahlian, kehormatan, dan agama mereka. Kadangkala mimpi yang sama mempunyai takwil rahmat bagi seseomg. oamun ia bertakwil kesusahan bagi orang lain.
Di antara hal aneh dalam takwil mimpi adalah bahwa apabila seorang menyaksikan dalam mimpi ada sebuah musibah yang menimpanya atau kebaikan yang datang padanya, lalu dalam jaga musibah atau kebaikan itu berar-benar ia dapat dalam jaganya. Misalnya, apabila ia bermimpi melihat uang, lalu ternyata uang benar-benar ia dapat dalam jaga; bermimpi mendapatkan jabatan, lalu ternyata jabatan itu