Halaman 58

Apabila seorang wanita separuh baya bermimpi melihat anak gadis yang masih muda, maka itu adalah musuhnya, dimana keadaan musuhnya itu sesuai dengan apa yang ia lihat. Dan jika ia bermimpi melihat wanita yang tua renta, itu melambangkan kerja kerasnya. Di samping itu, wanita yang tua renta juga di artikan sebagai kehidupan duniawi orang yang melihat mimpi tersebut. Oleh karena itu, jika seseorang bermimpi melihat wanita tua yang berhias dan memperlihatkan hiasannya, berarti dalam waktu singkat ia akan mendapatkan penghidupan yang baik serta berita gembira. Sedangkan jika seseorang bermimpi melihat wanita tua yang berwajah cemberut, itu menandakan bahwa kehormatannya akan hilang hanya karena mengejar kehidupan duniawi. Adapun mimpi melihat perempuan tua yang buruk rupa menandakan bahwa keadaan orang yang melihat mimpi ini akan berubah. Wanita tua yang bertelanjang menandakan skandal atau aib. Sedangkan wanita tua yang memakai cadar melambangkan suatu urusan yang akan mengakibatkan penyesalan. Jika seseorang bermimpi melihat seorang wanita yang tua renta memasuki rumah-nya, berarti kehidupan duniawinya akan berubah membaik. Namun jika dalam mimpinya seseorang melihat wanita yang tua renta keluar dari rumahnya, itu menandakan bahwa kehidupan dunianya akan memburuk.
Jika seseorang bermimpi melihat wanita tua renta yang kafir, maka itu menandakan kehidupan dunianya yang haram, dan sebaliknya jika yang ia lihat adalah wanita tua yang Muslimah, maka itu melambangkan kehidupan dunia yang halal. Adapun mimpi wanita tua renta yang jelek tidak ada kebaikan di dalamnya. Dan mimpi melihat wanita tua renta yang tidak dikenal memiliki makna konotasi yang kuat daripada mimpi melihat wanita tua yang dikenal. Apabila seorang anak gadis bermimpi berubah menjadi wanita yang tua renta, itu menandakan kehidupan dunianya yang baik. Dan jika seorang lelaki bermimpi melihat wanita tua renta yang tidak mau patuh kepadanya sedang ia menyukai wanita itu, berarti ia akan menjalani kehidupan yang sulit. Sebaliknya, jika wanita itu mematuhinya, berarti ia akan mendapatkan kebaikan di dunia sesuai denagn kadar kepatuhan wanita tersebut.
Anak laki-laki yang masih kecil dalam mimpi melambangkan musuh yang lemah, dimana kadangkala memperlihatkan rasa persahabatannya dan kadangkala memperlihatkan rasa permusuhannya. Jika seorang pria dewasa bermimpi menjadi anak kecil, itu menandakan bahwa ia telah kehilangan keberanian dan kejantanannya, tetapi itu juga menandakan bahwa kesedihannya akan terhapus. Sedangkan bila seseorang bermimpi membawa anak kecil, berarti ia akan mengatur sebuah kerajaan. Barangsiapa bermimpi menjadi anak kecil yang belajar membaca Al-Qur'an, kitab-kitab, atau buku-buku kesusasteraan, itu menandakan bahwa ia akan segera bertobat dari dosa-dosanya.
Apabila seseorang bermimpi melihat isterinya melahirkan anak yang banyak secara serempak, maka mimpinya itu menandakan kesedihan, karena tidak mungkin mendidik anak kecil tanpa menahan berbagai kesedihan. Di riwayatkan bahwa seseorang lelaki datang kepada Ibnu Sirin dan berkata, "Aku bermimpi seolah-olah di pangkuanku ada seorang anak kecil yang menangis." Lalu Ibnu Sirin berkata, "Bertakwalah kepada Allah, dan janganlah kamu memainkan instrumen senar lagi!" Namun ada juga yang mentakwilkan bahwa siapa bermimpi mempunyai anak kecil sedang ia mengira tidak berhubungan darah dan memiliki kesamaan dengan anak itu, maka itu adalah kelebihan yang akan ia dapatkan atau bisa jadi kesedihan yang akan ia alami. Dan ada juga yang mentakwilkan bahwa anak-anak kecil menandakan kesedihan yang ringan. Sedangkan anak kecil yang perempuan menandakan kemakmuran, kelapangan dan kemudahan setelah kesusahan.