Halaman 56

Jika dalam tidurnya seseorang bermimpi di-serang oleh setan, itu menandakan bahwa ia melakukan perbutan dosa dan menyampaikan kabar bohong atau fitnah. Allah SWT berfirman, "Mereka turun kepada tiap-tiap pendusta lagi yang banyak dosa." (QS. asy-Syu'ara': 222)
Adapun mimpi berbicara secara rahasia dengan setan menandakan bahwa orang yang melihat mimpi itu akan meminta pertimbangan dari musuhnya dan membantu mereka dalam memerangi orang-orang yang shaleh, walaupun demikian mereka tetap tidak akan berfiasil. Allah berfiman, "Sesungguhnya pembicaraan rahasia itu adalah dari setan, supaya orang-orang yang beriman itu berduka cita, sedang pembicaraan itu tiadalah memberi mudharat sedikitpun kepada mereka, kecuali dengan izin Allah dan kepada Allah-lah hendaknya orang-orang yang beriman bertawakal" (QS. al-Mujadilah: 10)
Barangsiapa bermimpi diajarkan suatu perkataan oleh setan, itu menandakan bahwa ia akan berbicara dengan kata-kata bohong, memperdaya manusia atau membacakan syair-syair dusta. Sedangkan mimpi membunuh iblis menandakan tipu daya dan muslihat. Adapun Dajjal, ia melambangkan seorang manusia yang suka menipu dan memfitnah, dimana banyak orang yang terkena fitnahnya itu.
Syekh Abu Sa'ad mangatakan bahwa siapa bermimpi melihat lelaki yang ia kenal, maka ia akan mengambil sesuatu dari orang tersebut, atau orang yang serupa atau senama dengannya. Dan jika ia bermimpi mengambil permata yang sangat berharga bagi orang itu, berarti dari orang itu ia akan memperoleh apa yang diimpikannya. Adapun mimpi mengambil baju seorang penguasa menandakan bahwa orang yang melihat mimpi itu akan mendapatkan kekusaan dari-nya. Sedangkan jika ia bermimpi mengambil tali dari penguasa tersebut, itu diartikan sebagai janji. Adapun jika ia bermimpi mengambil permata atau sejenisnya yang sangat disukai oleh orang tersebut, berarti ia akan berputus asa kepadanya serta di antara keduanya akan timbul permusuhan dan kebencian.
Mimpi melihat orang tua dan orang yang berumur antara 30-50 tahun tetapi tidak dikenal ditafsirkan sebagai keras. Adapun mimpi melihat keduanya atau salah satunya dalam keadaan lemah menandakan lemahnya kerja keras orang yang melihat mimpi tersebut. Sedangkan mimpi melihat keduanya atau salah satunya dalam keadaan kuat menandakan kuatnya kerja keras orang tersebut. Jika seorang pemuda bermimpi berubah menjadi orang tua,berarti ia akan mendapatkan ilmu dan budi pekerti yang baik. Dan jika seseorang bermimpi mengikuti orang tua, maka ia akan mengikuti kebaikan dan kemakmuran. Sedangkan jika ia bermimpi melihat orang tua yang melengkapi kekurangannya dengan baik, itu berarti ia akan berteman dengan orang yang kejam dan tidak sopan. Dan mimpi melihat orang tua yang berdarah Turki menandakan bahwa orang yang melihat mimpi itu akan mendapatkan sahabat, namun jika ia seorang Muslim maka mimpi ini menandakan ia akan selamat dari kejahatan temannya itu.
Pemuda dalam mimpi melambangkan musuh bagi seorang lelaki. Jika ia berwarna putih berarti musuh yang tersembunyi. Jika ia berwarna hitam, itu melambangkan musuh yang kaya raya. Sedangkan jika ia berwarna pirang, itu menandakan musuh yang sudah tua. Dan jika ia berwarna hitam kelam, berarti itu adalah musuh yang tidak berbahaya dan juga jujur. Jika dalam tidurnya, seseorang bermimpi melihat pemuda yang melengkapi kekurangannya, itu adalah musuh yang bertabiat jahat. Dan mimpi melihat pemuda yang kuat menandakan kuatnya perlawanan dari orang yang memusuhinya, itu jika ia tidak dikenal. Namun jika orang yang melihat mimpi itu mengenal pemuda yang ia lihat, berarti pemuda itu sendiri yang memusuhinya. Barangsiapa bermimpi diikuti oleh seorang pemuda, itu sebagai musuh yang akan mengalahkannya.