Halaman 98

Bermimpi meletakkan telur di bawah seekor ayam bertina, lalu telur itu pecah dan mengeluarkan anak-anak ayam berarti akan hidup baginya suatu permsalahan yang sudah mati* dan akan mendapatkan anak yang Mukmin- dan mimpi seperti ini juga berarti bahwa ia akan mendapatkan anak sesuai dengan jumlah anak ayam tersebut-karena Allah SWT berfirman, "Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati." (QS. al-An'am: 95)
Jika meletakkan telur di bawah suatu tanah keras lalu keluarlah anak-anak ayam, berarti akan datang pada tempat tersebut seorang pendidik anak-anak. Jika ia bermimpi memecahkan sebuah telur berarti ia akan memecahkan keperawanan seorang gadis, sedangkan bila ia tidak mampu memecahkan telur tersebut berarti ia tidak mampu mendapatkan gadis tersebut. Bermimpi memecahkan sebuah telur dengan satu pukulan sedangkan istrinya dalam keadaan hamil berarti ia menyuruh istrinya untuk menggugurkan kandungannya. Bermimpi melihat orang lain memecahkan sebuah telur lalu telur pecah itu ia kembalikan padanya berarti ada seorang laki-laki yang memecahkan keperawanan anak gadisnya.
Bermimpi menginjak lengannya atau lengan bajunya berarti ia akan menikahi sahaya perempuannya atau pembantunya lalu lahirlah seorang anak perempuan. Bermimpi bahwa padanya terdapat banyak telur berarti padanya terdapat banyak harta dimana ia sangat cemas akan kerusakannya.
Bermimpi melihat telur yang sudah direbus berarti suatu masalahnya yang sangat berat dan sulit terlepaskan, lalu ia akan mendapatkan harta, dan akan mudah baginya masalah yang sangat buntu; jika memakan telur tersebut beserta kerangnya berarti ia seorang pencuri kubur; jika ia bersendawa setelah makan telur itu berarti ia memakan harta seorang wanita dengan semenamena; sedangkan bila telur itu ia makan berarti ia akan mengawini seorang wanita yang mempunyai harta.

*Mampu keluar dari masalah yang sangat pelik atau dilema.

Telur bangau melambangkan anak yang malang; telur burung betet melambangkan seorang anak gadis yang wara'. Menurut sebagian ahli takwil, telur bagi para dokter, tabib, atau ahli bias dan semua orang yang berprofesi seperti itu melambangkan suatu kebaikan, sedangkan bagi masyarakat umum, sedikit telur melambangkan banyak manfaat karena telur itu dapat dimakan, sedangkan banyak telur berarti banyak kesedihan dan dukalara, dan seringkali hal ini menunjukkan hal-hal yang dirahasiakan. Menurut sebagian ahli takwil, telur besar berarti anak laki-laki, sedangkan telur kecil berarti anak-anak perempuan.
Seorang laki-laki pernah datang pada Ibnu Sirin seraya berkata, "Aku bermimpi memakan kulit (kerang) telur," lalu Ibnu Sirin menjawab, "Takutlah kamu pada Allah SWT, sesungguhnya kamu adalah seorang pencuri kubur, merampas harta orang yang meninggal di kuburnya." Seorang pemuda datang pada ahli takwil, lalu berkata, "Aku bermimpi mendapatkan telur yang banyak," ahli takwil menjawab, "Telur bagi seorang pemuda berarti wanita, sedangkan bagi seorang laki-laki yang sudah beristri berarti anak-anak." Seorang laki-laki bermimpi bahwa ia menguliti telur yang sudah matang, lalu ia datang seorang ahli takwil, ia menjawab, "Kamu akan memperoleh harta dari beberapa orang tuan." Seorang budak (pembantu) bermimpi bahwa mengambil dari tuan wanitanya sebuah telur yang sudah direbus, lalu kerang telur itu ia buang dan memakan isinya," maka setelah mimpi tersebut, tuan wanitanya melahirkan seorang anak, lalu anak diambil dan dipelihara oleh budak tersebut, sedangkan semua terjadi dengan perintah suami dari si wanita, kemudian pekerjaan itu menjadi rezeki (upah) bagi budak tersebut.