Halaman xv.

Si A lebih panjang tangannya darimu, lebih kuat, dan lebih dermawan. Nabi saw bersabda pada isteri-isterinya, "Orang paling pertama menyusul-kematian-saya adalah yang paling panjang tangannya," sedangkan Zainab bind Jahsy adalah isterinya paling pertama meninggal karena ia banyak membantu para mujahidin dan memberi mereka akomodasi. Penyakit melambangkan kemunafikan, karena dalam masyarakat populer ungkapan "kamu tidak boleh melakukan perjanjian dengannya, karena dia sakit," maksudnya dalam hal perkataan dan janji, dan Allah SWT berfirman, "Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah SWT penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta." (QS. Al-Baqarah: 10)
Air ingus melambangkan anak karena dalam masyarakat populer ungkapan "dia adalah ingus bapaknya," ketika ingin menyerupakan seseorang dengan ayahnya. Kucing adalah ingus singa atau harimau, karena dalam sejarah Nabi Nuh as, singa terdapat dalam kapal Beliau, maka ketika singa tersebut disakiti oleh tikus, lalu Nabi Nuh berdoa pada Allah, maka singa bersin, lalu keluar kucing melalui bersinnya, lalu kucing adalAli binatang yang paling serupa dengan singa atau harimau.
Melempar (ar-ramyu) orang lain dengan panah, senapan, atau batu dalam mimpi melambangkan bahwa ia menyebut dan menggunjingkan mereka, karena dalam ungkapan publik populer ungkapan "kamu telah melemparkan (menuduh) si fulan melakukan kemungkaran," dan sebagaimana firman Allah SWT, "Dan orang-orang yang menuduh (melempar) wanita-wanita yang baik-baik berbuat zina." (QS. An-Nur: 4) Dan pada firman Allah SWT, "Dan orang-orang yang menuduh (melempar) isterinya-berzina." (QS. An-Nun 6)
Orang yang 'terpotong' anggota tubuhnya dalam mimpi menunjukkan bahwa ia akan melakukan 'perjalanan' ke berbagai negeri, karena dalam ungkapan umum populer "mereka terpotong-potong dalam negeri" yang berarti mengembara, dan Allah SWT berfirman:
Maka mereka berkata, "Ya Tuhan kami, jauhkanlah jarak perjalanan kami," dan mereka menganiaya diri mereka sendiri; maka Kami jadikan mereka buah mulut dan Kami cerai beraikan {merobekkan} mereka sejadi-jadinya. (QS. Saba': 19)
Dan Kami bagi-bagi (potong-potong) mereka di dunia ini menjadi beberapa golongan. (QS. al-A'raf: 168)
Belalang (al-jarad) dalam mimpi kadangkala melambangkan orang yang suka menghasut (al-ghaugha') karena dalam ungkapan bahasa Arab kata al-ghaugha' berarti belalang. Mimpi mencuci tangan dengan abu pencuci yang berasal dari tumbuhan asynan melambangkan keputus-asaan terhadap sesuatu yang dicari, karena dalam ungkapan umum populer "saya sudah mencuci tangan saya dari kamu dengan abu asynan."
Kibas (kambing jantan) melambangkan seorang laki-laki perkasa dan kuat, karena dalam ungkapan umum populer "lelaki ini adalah kibas bangsa" yang berarti seorang pendekar atau tokoh bangsa. Burung rajawali (elang) melambangkan seorang laki-laki berani dan mempunyai kekuatan karena dalam ungkapan popoler berbunyi "dia adalah rajawali di antara para lelaki."
d. Takwil dengan kebalikan atau antonim kata.
Hal ini seperti tangisan dalam mimpi melambangkan pertolongan atau lepas dari kesusahan, sedangkan tertawa melambangkan kesedihan; apabila dua dua kaki saling berkelahi atau matahari dan bulan saling berperang, maka jika yang berperang atau berkelahi itu satu jenis, maka yang kalah melambangkan yang menang, sedangkan yang menang melambangkan yang kalah; penyakit kolera berarti perang, sedangkan perang berarti penyakit kolera; berbekam berarti memukul, sedangkan memukul berarti berbekam; bah banjir berarti musuh, sedang musuh berarti banjir; memakan buah tin berarti penyesalan, sedang penyesalan berarti memakan buah tin; barangsiapa yang bermimpi