Halaman 80

Adapun perut, baik dari sisi dalam maupun luar melambangkan harta, anak atau orang yang keluarga terdekat, perbendaharaan harta dan tempat tinggal keluarga. Perut yang besar me-nandakan besarnya hal-hal yang disebutkan di atas, sedangkan perut yang kecil menandakan sedikitnya hal-hal tersebut. Namun jika perut yang kecil itu tidak disertai perasaan lapar, maka itu menandakan sedikitnya harta. Apabila seseorang bermimpi seolah-olah ia sedang kelaparan, berarti ia adalah orang yang tamak dan loba, namun ia tetap memperoleh harta sesuai dengan kadar lapar yang ia rasakan. Sebagian pentakwil menyatakan bahwa perut yang besar menandakan bahwa orang yang memilikinya suka memakan harta riba.
Orang yang bermimpi berjalan di atas perut, itu berarti ia selalu bersandar kepada harta dalam urusannya. Apabila bermimpi melihat perutnya menyusut dan mengecil, berarti ia mempunyai harta benda yang banyak. Rasa kenyang dalam mimpi menandakan kejenuhan dan kebosanan terhadap harta yang dimiliki, sedangkan rasa haus menandakan kehidupan beragama yang buruk. Sebaliknya, mimpi minum sampai puas berarti kehidupan beragama yang baik.
Dalam tafsirannya, jantung melambangkan keberanian, kedermawanan, ketabahan, kemurahan hati, toleransi, keshalehan dan kekuatan seorang lelaki. Kerusakan dan kebaikan yang terjadi pada jantung di dalam mimpi akan berpengaruh pada tubuh orang yang melihatnya, karena jantunglah yang memimpin, mengatur dan menguasai tubuh. Mimpi melihat jantung yang keluar dari dalam perut menandakan keikhlasan dan kehidupan religius yang baik dan benar. Jika seseorang bermimpi melihat perutnya kosong dari jantung, berarti ia memperoleh hidayah atau petunjuk yang benar. Dan ada juga yang menafsirkan bahwa jantung melambangkan isteri, karena isterilah yang mengatur urursan dalam suami. Mimpi melihat jantung yang terpotong-potong adalah pertanda kesembuhan bagi orang yang sedang sakit atau cedera serta ia akan terbebas dan terhindar dari penderitaan yang diakibatkan oleh penyakitnya.
Adapun hati, ia adalah tempat amarah dan kasih sayang. Dan ada yang mentakwilkan bahwa hati melambangkan anak dan kehidupan. Mimpi melihat hati yang keluar dari dalam perut menandakan munculnya sebuah harta terpendam. Maka barangsiapa bermimpi memakan atau memperoleh sebuah hati, berarti ia akan memakan dan menemukan harta karun. Dan siapa bermimpi melihat banyak hati yang dimasak, dipangggang atau dibiarkan mentah-mentah, lalu ia memakannya, itu berarti ia akan menemukan banyak harta karun, dimana jenis hati dalam mimpi ini tidak dibedakan, apakah itu hati manusia maupun binatang.
Jika seseorang bermimpi memakan hati orang yang ia kenal, berarti ia akan memakan harta orang tersebut. Sedangkan jika ia bermimpi melihat ke dalam hatinya dan melihat wajahnya dihias sebagaimana yang dilakukan terhadap kaum perempuan, itu menandakan bahwa ia akan meninggal dunia.
Limpa yang kuat di dalam mimpi ditafsirkan sebagai kelapangan, karena ia adalah penopang badan. Barangsiapa bermimpi melihat seseorang memotong kantong empedu orang lain dengan giginya sampai orang tersebut tewas, berarti orang tersebut sedang menyimpan kedengkian yang sangat besar terhadap orang yang dipotong limpanya tadi, lalu ia akan membunuhnya karena perasaan dengki tersebut. Kemudian jika darahnya keluar dan orang itu meminumnya, itu menandakan bahwa ia menghalalkan harta orang tersebut atas dirinya karena ketidak tahuan dan kejahatannya.
Mimpi melihat paru-paru yang baik dan sehat menandakan umur yang panjang, sebaliknya mimpi melihat paru-paru yang rusak menandakan umur yang singkat, karena ia adalah tempat bersemayamnya roh. Sedangkan ginjal adalah letak kekayan, kebenaran, kejelasan dan kesalahan. Jika seseorang bermimpi melihat kedua ginjalnya bengkak, berarti ia adalah orang yang kaya dan benar dalam pendapatnya yang ia utarakan. Sedangkan apabila keduanya kelihatan kurus, itu menandakan kefakiran dan kesalahan pendapatnya.