Halaman 55

Jika seseorang bermimpi melihat sekelompok jin memasuki rumahnya lalu melakukan sesuatu dalamnya, itu berarti akan masuk sekawanan pencuri ke rumahnya dan membahayakan serta memukulnya. Atau mimpi ini menandakan para musuhnya akan menyerang masuk ke dalam rumahnya. Sedangkan mimpi melihat jin pada dasarnya menandakan bahwa orang yang melihatnya adalah orang yang licik untuk masalah dunia, tetapi sesungguhnya yang tertipu itu adalah ia sendiri.
Adapun setan, ia adalah musuh dalam kehidupan beragama dan kehidupan di dunia. Dan ia juga makhluk yang selalu menipu dan memperdaya manusia serta tidak acuh dan tidak mengindahkan apa pun. Mimpi melihat setan ditafsirkan sebagai omong kosong atau kebohongan, dan mungkin saja mimpi itu menandakan bahwa ia termasuk dari golongan tersebut. Apabila seseorang bermimpi disentuh oleh setan ketika sedang berdzikir kepada Allah, berarti ia mempunyai banyak musuh yang menghancurkannya, tetapi mereka tidak dapat mencapai hal itu. Allah berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari setan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya." (QS. al-A'raf: 201)
Apabila seseorang bermimpi melihat meteor atau cahaya kilat yang mengikuti setan, itu menandakan keshalehannya dalam beragama. Sedangkan jika seseorang bermimpi ditakut-takuti oleh setan, itu menandakan keikhlasan-nya dalam menjalankan agama dan menandakan datangnya rasa aman dari segala ketakutan yang dialami. Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya mereka itu tidak lain hanyalah setan yang menakut-nakuti [kamu] dengan kawan-kawannya [orang-orang musyrik Quraisy], karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepadaKu, jika kamu benar-benar orang yang beriman." (QS. Ali 'Imran: 175)
Adapun mimpi melihat setan yang sedang bergembira ria menandakan bahwa orang yang melihat mimpi tersebut sibuk dalam menuruti hawa nafsunya. Dan jika seseorang bermimpi ditanggalkan bajunya oleh setan, maka itu menandakan bahwa ia akan diturunkan dari jabatannya apabila ia seorang penguasa atau pemimpin, atau sawah ladang yang ia miliki akan ditimpa musibah. Allah SWT berfirman, "Hai anak Adam, jangalah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari setan, ia menanggalkan pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya ...." (QS. al-A'raf:
26)
Dan jika setan sampai menyentoh toboh-nya, itu menandakan bahwa ia mempunyai musuh yang akan memfitnah isterinya melakukan zina. Namun ada juga yang menafsirkan bahwa mimpi ini menandakan lepasnya orang tersebut dari kedukaan atau kesembuhan dari penyakit. Allah SWT berfirman, "Dan ingatlah akan hamba Kami Ayyub ketika ia menyeru Tuhannya, 'Sesungguhnya aku diganggu setan dengan kepayahan dan siksaan.' [Allah berfirman], 'Hantamkanlah kakimu; inilah air sejuk untuk mandi dan untuk minum. Dan Kami anugerahi dia [dengan me-ngumpulkan kembali] keluarganya dan [Kami tambahkan] kepada mereka pula sebagai rahmat dari Kami danpelajaran bagi orang-orang yang mempunyai pikiran." (QS. Shad: 41-43)
Barangsiapa bermimpi diikuti oleh setan, berarti ia mempunyai musuh yang akan menipu dan memperdayanya serta mengurangi amal, kehormatan, dan kedudukannya, sebagaimana firman Allah SWT, "... lalu ia dikuti oleh setan [sampai tergoda], maka jadilah dia termauk orang-orang yang sesat." (QS: al-A'raf: 175)
Dan siapa bermimpi seolah-olah ia adalah raja dari sekalian setan dan mereka tunduk serta patuh kepadanya, maka ia akan menjadi pemimpin yang berwibawa serta ia akan menundukkan musuh-musuhnya. Allah SWT berfirman, "Dan kami telah tundukkan [pula kepada Sulaiman] segolongan setan-setan yang menyelam [ke dalam laut] untuknya dan mengerjakan pekerjaan selain daripada itu; dan adalah Kami memelihara mereka itu." (QS. al-Anbiya': 82)
Jika seseorang bermimpi membelenggu setan, maka itu berarti ia akan memperoleh kemenangan. Allah Azza wa Jalla berfirman dalam Al-Qur'an, "Dan setan yang lain yang terikat dalam belenggu." (QS. Shad: 38)