Halaman 83

Dalam tafsirannya, alat kelamin laki-laki (penis) menandakan nama baik, kehormatan dan anak. Kekurangan dan kelebihan pada penis akan tampak pada tiga hal tersebut. Dan ada yang mengatakan bahwa penis yang panjangnya melebihi ukuran yang semestinya ditafsirkan sebagai kedukaan. Jika seseorang bermimpi seolah-olah memiliki dua penis, maka ia akan dikaruniai anak lagi, dimana sebelumnya ia sudah dikaruniai satu orang anak. Serta ia akan diberi ketenaran dan kemuliaan di samping ketenaran dan kemuliaan yang sebelumnya sudah ia dapatkan. Apabila seseorang bermimpi mencabut seluruh atau separuh penisnya lalu mengembalikannya lagi ke tempat semula, itu berarti anaknya akan meninggal dunia lalu ia dikaruniai seorang anak lagi. Dan mimpi ini juga menandakan kembalinya harta yang hilang. Adapun jika seseorang bermimpi melihat penisnya patah sampai terputus dari tubuhnya, berarti ia atau anaknya akan meninggal dunia, karena kematian seseorang akan datang jika penisnya terputus. Penis yang berdiri ditafsirkan sebagai kekuatan dalam kesungguh-sungguhan. Sedangkan penis yang bergerak-gerak menandakan bahwa kerajinan dan kelapangan hidup. Walapun demikian, penis yang teputus juga dapat menandakan putusnya nama baik dan ketenaran di suatu wilayah atau negeri. Namun ada juga yang menafsirkan bahwa penis yang terputus menandakan keselamatan dan kebaikan.
Barangsiapa bermimpi melihat penisnya bertambah, berkurang, membengkak atau menghilang padahal sebelumnya sudah tampak ukuran aslinya, maka secara umum takwilnya adalah pada anak dan keturunan. Adapun bagi orang yang berkelompok, berpartai, bersuku, mimpi ini menunjukkan bahwa kelompoknya akan bertambah banyak atau bertambah, berkurang, berkembang atau musnah. Dan bagi rakyat jelata mimpi ini menandakan kehormatan dan ketenarannya sesuai dengan keadaan penisnya itu, karena ketenaran kelompoknya adalah juga ketenarannya.
Jika seseorang bermimpi mempunyai penis yang lemah, berarti anaknya akan diserang suatu penyakit dan keadaannya pada saat itu akan membawanya kepada kejatuhan dari jabatan yang ia pegang. Jika seseorang bermimpi mengisap penis orang lain atau binatang, berarti ia akan hidup dengan nama baik dan pamor orang tersebut. Sedangkan mimpi menjadi benci menandakan kehidupan beragama yang baik.
Barangsiapa bermimpi seolah-olah auratnya terbuka, tetapi ia tidak melihatnya dan tidak pula merasa malu ditambah lagi tidak ada orang yang menoleh kepadanya, itu menandakan bahwa ia akan selamat dari penyakit, kesedihan, ketakutan, hutang dan kesulitan yang ia derita. Apabila seseorang bermimpi melihat penisnya mengeluarkan air mani, berarti ia akan memperoleh keinginannya; dari 1 dinar sampai 100.000 dinar, dimana jumlah uang tersebut disesuaikan dengan tingkatan dan prestasinya di antara manusia. Barangsiapa bermimpi bergelantung pada penisnya, itu menandakan bahwa hidupnya akan menjadi susah, masalahnya akan menjadi rumit dan ia akan dicemoohkan oleh anaknya sendiri. Dan siapa bermimpi melihat penisnya masuk ke dalam perut, berarti ia menyembunyikan kesaksian yang seharusnya ia ungkapkan.
Jika seseorang yang belum mempunyai anak bermimpi mencium saluran kencing (urethra) nya, maka itu berarti ia akan dikaruniai anak. Sedangkan jika yang melihat mimpi itu mempunyai beberapa anak yang sedang melakukan perjalanan jauh, itu berarti anaknya akan pulang sedangkan ia pergi menyusul mereka. Diriwayatkan bahwa seorang ibu bermimpi melihat ada rambut di saluran kencing anaknya, lalu ia menyampaikannya kepada seorang pentakwil dan beliau menjawab, "Sesungguhnya umurnya telah habis, maka ia tidak akan hidup lebih lama lagi, kemudian ia akan meninggal dunia." Dan yang lainnya juga bermimpi melihat ada rambut di dalam saluran kencingnya sampai ke ujung penisnya. Kemudian ia menceritakan mimpi tersebut kepada seorang pentakwil dan orang itu menjawab, "Itu menandakan zina dan ketekunannmu dalam berbuat kerusakan." Dan yang lainnya juga bermimpi memberi makan kepada saluran kencingnya. Lalu seorang pentakwil mengatakan kepadanya bahwa ia akan mati secara keji, karena makanan itu harusnya masukkan ke mulut dan seolah-olah ia tidak mempunyai wajah dan juga mulut.