Halaman 104

Bermimpi terdapat rasa sakit pada salah satu geraham atau gigi berarti ia akan mendengar ucapan buruk dari kerabatnya yang senasab dengannya sesuai urutan gigi tersebut dalam hal urutan, [Lihat pada bab tentang gigi dan geraham. Misalnya, Geraham bagian atas melambangkan kaum keluarga laki-laki, geraham bagian bawah berarti kaum keluarga perempuan-pen.] dan mereka akan memperiakukannya dengan keras sesuai dengan sakit yang ia rasa.
Rasa sakit pada leher bererti ia berbuat tidak baik dalam hal pergaulan sehingga menimbulkan keluhan dan pengaduan; dan mimpi seperti ini juga dapat berarti bahwa ia mengkhianati suatu amanah atau tidak melaksanakannya, lalu tumnlah hukuman Allah SWT terhadapnya.
Bermimpi melihat dirinya dalam keadaan bongkok berarti ia akan mendapatkan banyak harta dan kekuasaan melalui sokongan sebagian kerabatnya. Sedangkan bermimpi melihat dirinya busung berarti ia marah dan berkata tidak wajar serta akan sakit dalam waktu lama. Penyakit pada pundak berarti buruknya sikap pada usaha yang ia lakukan.
Semua penyakit yang terdapat pada tangan berarti cobaan atau penderitaan yang berasal dari para saudara. Penyakit pada jari tangan berarti cobaan itu berrasal dari anak-anak dari saudara. Bermimpi tidak mempunyai kedua tangan berarti mencari atau mengusahakan suatu hal yang tidak mampu ia lakukan. Bermimpi menyalami seseorang lalu tangannya terlepas (copot) berarti ia akan memberikan suatu amanah para orang tersebut tapi tidak dilaksanakannya. Bermimpi melihat bahwa tangan kanannya selalu dalam keadaan terputus berarti ia seorang yang suka bersumpah. Bermimpi melihat tangan kanannya terputus dan potongan itu terletak di hadapannya berarti memperoleh harta dari hasil usaha sendiri.
Adanya suatu kekurangan pada tangan menunjukkan kurangnya kekuatan dan para penolong. Tangan yang terpotong juga berarti meninggalkan suatu pekerjaan yang sedang ia hadapi. Melihat tangan terputus dari tapak tangan berarti suatu harta yang datang padanya; dan jika terpotong dari pegelangan berarti akan mendapatkan kezaliman dari seorang penguasa (pemerintah); dan jika terputus dari lengan atas lalu potongan itu hilang berarti seorang saudara laki-lakinya akan mati jika ia mempunyai saudara sebagaimana firman Allah SWT, "Kami akan membantumu dengan saudara-mu." (QS. al-Qashash: 35) Sedangkan apabila ia tidak mempunyai saudara atau orang yang sederajat dengannya berarti hartanya akan berkurang.
Bermimpi melihat seorang penguasa atau pejabat memotong tangan dan kaki rakyat-nya berarti ia (si penguasa) merampas harta mereka dan merusak usaha dan kehidupan mereka.
Ibnu Sirin pernah ditanya tentang seorang laki-laki yang bermimpi bahwa tangannya terpotong, lalu berkata, "Laki-laki ini melakukan suatu profesi, lalu ia akan berpindah pada profesi lainnya," sedangkan laki-laki tersebut adalah seorang tukang-kayu lalu ia berpindah pada profesi lain. Dan seorang laki-laki juga pernah datang pada Ibnu Sirin lalu bertanya tentang mimpinya bahwa ia melihat seorang laki-laki (gubernur) yang terpotong kedua tangannya dan kedua kakinya sedangkan seorang laki-laki lainnya disalib, lalu Ibnu Sirin berkata, "Jika mimpimu itu memang benar, berarti gubernur ini akan dipecat lalu akan naik orang selainnya," lalu pada hari itu juga Gubernur Qatan ibn Mudrik dipecat dan digantikan oleh al-Jarraah ibn Abdullah.
Bermimpi melihat seorang hakim atau pemimpin memotong tangannya berarti akan diucapkan di hadapannya sumpah palsu. Memotong tangan kiri berarti matinya seorang saudara atau saudari, atau akan terputus hubungan kasih sayang antara mereka, atau terputusnya hubungan silaturrahim atau terputus hubungan dengan seorang teman atau mentalak istri. Bermimpi bahwa tangannya dipotong di hadapan penguasa atau sultan berarti ia (pemilik mimpi) akan berpisah dengan kekuasaannya. Pendeknya, tangan berarti luputnya suatu keinginan dan tidak kuasa mencapai suatu keinginan dan hinaan para teman dan saudara pada dirinya.