Halaman 61

Dalam tafsirannya, kepala melambangkan pemimpin dari orang yang bermimpi melihatnya, dimana ia berada di bawah tangan atau kekuasaan pemimpin tersebut. Dan kepala juga melambangkan harta pokok dan modal dasar dalam berusaha. Barangsiapa bermimpi melihat kepalanya lebih besar daripada yang sebenarnya, maka kehormatannya akan bertambah. Tetapi jika dalam mimpinya ia melihat kepalanya lebih kecil dari yang sebenarnya, maka itu menandakan bahwa kemuliaan dan kehormatannya akan berkurang. Jika seseorang bermimpi melihat kepalanya bertambah menjadi dua atau tiga, maka ia akan memperoleh kemenangan atas lawan-lawan-nya, itu jika ia seorang olahragawan. Namun jika yang melihat mimpi ini dari kalangan orang miskin, maka ia akan menjadi kaya. Sedangkan bagi orang yang sudah kaya, mimpi ini menandakan bahwa ia akan dikaruniai anak-anak yang berbakti kepadanya. Jika ia seorang bujang, maka mimpi ini menandakan bahwa ia akan segera menikah dan memperoleh keinginannya.
Jika seorang pedagang bermimpi menundukkan kepalanya, berarti ia akan mengalami kerugian. Namun jika seorang lelaki bermimpi menundukkan kepalanya sedang ia diikat atau digantung, berarti ia akan menjalani umur yang panjang dalam celaan dan kesusahan, seperti kisah Harut dan Marut. Adapun jika seseorang bermimpi menundukkan kepala sambil membungkukkan badannya di tengah keramaian, itu menandakan bahwa ia telah melakukan suatu kesalahan dan sedang menyesalinya serta bertobat darinya. Walaupun demikian, pada dasarnya mimpi menundukkan kepala menandakan umur yang panjang, sebagaimana firman Allah SWT, "Dan barangsiapa yang Kami panjangkan umurnya niscaya Kami kembalikan dia kepada kejadian [nya]. Maka apakah mereka tidak memikirkan?" (QS. Yasin: 68)
Adapun mimpi melihat kepala yang terbalik menandakan seorang yang ingin melakukan perjalanan jauh tetapi terhalang oleh suatu hal, yaitu ia berpikir bahwa apa yang ia idam-idamkan tidak akan tercapai dalam waktu dekat melainkan dalam waktu yang lama. Dan mimpi ini juga menandakan seorang yang kembali dari perjalanan bisnisnya dengan lambat tanpa ketamakan atau ambisi besar.
Jika seseorang bermimpi melihat kepala dan leher yang di dalamnya terdapat luka nanah atau kesakitan dan kepedihan, itu menandakan penyakit yang akan menimpa seluruh penduduk secara merata. Sedangkan jika seseorang bermimpi melihat kepalanya berubah menjadi kepala anjing, kuda atau binatang ternak lainnya, maka itu menandakan kerja keras, kesukaran dan perbudakan yang akan ia jalani. Sedangkan jika dalam mimpinya seseorang melihat kepalanya berubah menjadi kepala gajah, singa, harimau atau serigala, itu menandakan bahwa ia melakukan suatu urusan yang berada di luar kemampuannya lalu mengambil manfaat dari urusan tersebut, serta ia akan mendapatkan tampuk kepemimpinan dan kemenangan atas musuh-musuhnya. Jika kepalanya berubah menjadi kepala burung, itu menandakan bahwa ia sering melakukan perjalanan jauh. Jika seseorang bermimpi melihat kepalanya diberi wangi-wangian atau diolesi minyak, itu menandakan bahwa usahanya berjalan dengan baik. Dan jika seseorang bermimpi melihat kepalanya terpotong, itu menandakan bahwa orang-orang akan tunduk kepadanya.