Halaman 70

Di antara para pentakwil mimpi ada yang mengatakan bahwa seharusnya mulut disamakan kedudukannya dengan rumah dan gigi diartikan sebagai penghuninya. Isi mulut sebelah kanan melambangkan penghuni rumah yang laki-laki, sedangkan yang sebelah kirinya melambangkan penghuni rumah yang perempuan, dan tafsiran ini berlaku untuk semua manusia dan hanya sedikit dari mereka yang tidak demikian tafsirannya. Dan dikatakan juga bahwa siapa bermimpi melihat gigi-giginya pecah, maka ia akan melunasi hutangnya sedikit demi sedikit. Adapun jika giginya jatuh satu persatu tanpa terasa sakit, berarti akan hilang sesuatu barang yang ada di rumahnya. Sedangkan jika yang lepas adalah gigi bagian depan, berarti ia akan terhalang untuk mengerjakan suatu perbuatan yang telah ia ucapkan. Sedangkan jika tanggalnya gigi depan disertai rasa sakit dan keluarnya darah atau daging, berarti ia akan menghapus atau merusak apa yang sebenarnya ia inginkan.
Bagi orang yang sehat, musafir dan orang yang merdeka, mimpi melihat jatuhnya seluruh gigi menandakan bahwa mereka akan diserang sakit TBC dan penyakit yang berkepanjangan, tetapi mereka tidak meningal dunia karenanya. Hal ini disebabkan karena walaupun manusia tidak memiliki gigi, tetapi mereka masih dapat memakan sup atau jus sehingga tidak jadi mati dan banyak orang mati yang tidak rontok giginya. Dan semua yang tidak sampai kepada ke-matian akan menyebabkan kepada penyakit. Sedangkan bagi orang yang sedang sakit, mimpi ini adalah pertanda kebaikan, sebab jika ia bermimpi melihat seluruh giginya rontok, itu menandakan bahwa dalam waktu singkat ia akan terbebas dari penyakitnya. Adapun bagi seorang musafir dan saudagar, mimpi ini menandakan ringannya beban bawaan mereka. Khususnya jika ia bermimpi melihat gigi-gigi tersebut bergerak-gerak.
Barangsiapa bermimpi seolah-olah giginya memanjang dan membesar, berarti akan terjadi pertengkaran dan permusuhan di antara keluarganya. Dan siapa bermimpi memiliki gigi yang berwarna hitam, berkarang dan bengkok, lalu gigi tersebut copot, itu berarti ia akan selamat dari segala kepedihan dan kesulitan hidup. Dan apabila seseorang bermimpi seolah-olah gigi-giginya lepas dan ia mengambilnya dengan tangan atau jenggotnya dan meletakkan dipangkuannya, itu menandakan bahwa keturunannya akan terputus dan ia tidak akan dikaruniai anak lagi. Adapun anak yang sudah terlahir sebelum itu tidak akan hidup lama dan tidak sampai besar lalu meninggal dunia.
Diriwayatkan bahwa seorang pria bermimpi semua giginya jatuh sehingga ia bersedih karena mimpinya itu. Lalu ia menceritakannya kepada seorang pentakwil dan beliau menjawab, "Semua keluargamu akan meninggal sebelum kamu." Dan yang terjadi memang demikian. Dan diriwayatkan juga bahwa yang lainnya bermimpi seolah-olah ia mengambil tiga buah gigi dari mulutnya lalu ia meletakkannya di telapak tangannya dan menggenggamnya dengan jari-jarinya. Kemudian seorang pentakwil mengatakan kepadanya bahwa ia akan mendapatkan 1½ dirham.
Dagu, tafsirannya melambangkan pemimpin sebuah keluarga besar dan keturunan yang banyak. Sedangkan telinga melambangkan isteri dan anak perempuan. Oleh karena itu, jika seseorang bermimpi mempunyai tiga telinga, berarti ia mempunyai satu isteri dan dua orang putri. Dan jika ia bermimpi memiliki empat telinga berarti ia memiliki empat isteri atau empat putri yang tidak beribu. Apabila seseorang bermimpi melihat telinganya terlepas darinya, maka itu menandakan bahwa ia akan menceraikan isterinya atau putrinya akan meninggal dunia. Adapun jika seseorang bermimpi hanya memiliki satu telinga, berarti ia hidup tanpa sanak famili. Dan jika ia bermimpi memiliki separuh telinga, berarti isterinya akan meninggal dunia lalu ia kawin lagi dengan wanita lain.