Sunday, June 3, 2012

Halaman 42

dirinya dan memakaikannya kain kafan sebagai pakaian yang istimewa dan semua itu dilakukan tanpa sebab, maka mimpi ini menandakan kematiannya.
Pakaian-pakaian putih yang baru dalam mimpi melambangkan pembatasan urusan seseorang. Sedangkan ramuan obat pengawet mayat melambangkan tobat yang dilakukan oleh orang yang telah membuat kerusakan, kegembiraan bagi siapa yang bersedih serta mimpi ini menandakan pujian yang baik bagi si pemilik mimpi. Dan barangsiapa bermimpi meminta seseorang untuk membelikannya ramuan pengawet mayat berarti ia akan meminta tolong kepada orang tersebut agar selalu tampak baik, karena pengawet mayat berguna untuk menghilangkan bau busuk orang yang sudah meninggal dunia.
Barangsiapa bermimpi mengangkat keranda, maka keadaannya akan meningkat dan harta bendanya akan bertambah, karena pada dasamya semua keranda itu adalah benda yang diangkat. Jika seseorang bermimpi berada di atas jenazah berarti ia menjadikan umat Islam sebagai saudara di jalan Allah SWT. Allah berfirman, "Dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang berada dalam had mereka, sedang mereka merasa bersaudara duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan." (QS. al-Hijr: 47)
Namun sebagian ahli takwil menyatakan bahwa keranda jenazah melambangkan seorang pria yang mendapat taufiq Allah, dimana lewat tangannya banyak kaum yang hina dan keji di-hancurkan. Jika seseorang bermimpi berada di atas keranda jenazah, tetapi tidak seorangpun yang mengangkatnya berarti ia akan ditahan. Sedangkan jika ia diangkat di atas keranda jenazah, maka ia akan mengikuti orang yang memiliki kekuasaan lalu mengambil manfaat dari hartanya. Barangsiapa bermimpi seolah-olah tubuhnya diangkat dan diletakkan di atas keranda jenazah lalu ia diangkat di atas bahu beberapa orang, maka ia akan memperoleh tampuk kepemimpinan dan kedudukan yang tinggi, dimana semua orang akan tunduk dan mengikutinya, yang kadarnya sesuai dengan bagaimana respons orang-orang yang melihat arak-arakan jenazah tersebut. Dan jika mereka menangis di belakang jenazahnya itu berarti ia akan dipuji sesudah kepemimpinannya, begitu juga apabila mereka memuji dan mendoakan jenazahnya. Namun jika mereka tidak menangisinya, tetapi malah mencercanya, maka ia tidak akan dipuji sesudah kepemimpinannya.
Adapun mimpi mengikuti jenazah menunjukkan bahwa si pemilik mimpi akan mengikuti pemimpin yang telah rusak agamanya. Sedangkan mimpi melihat jenazah di sebuah pasar menandakan lakunya barang-barang yang dijual di pasar tersebut. Apabila seseorang bermimpi melihat jenazah dibawa ke pemakaman secara terang-terangan, maka itu adalah suatu kebenaran yang akan diterima oleh para pemimpinnya. Jika seseorang bermimpi melihat jenazah terbang di udara, itu adalah wafatnya seseorang yang terhormat di perantauannya, atau, mimpi ini menandakan seorang pemimpin atau ulama yang tidak diketahui keberadaannya. Sedangkan jika seseorang bermimpi berada di atas usungan jenazah di atas tanah, maka itu menandakan bahwa ia akan menaiki sebuah kapal. Melihat banyak jenazah di suatu daerah menandakan bahwa penduduk daerah tersebut banyak mengerjakan perbuatan yang keji. Apabila perempuan yang belum bersuami bermimpi meninggal dan dibawa di atas usungan jenazah, maka itu berarti ia akan segera menikah. Namun bagi perempuan yang sudah bersuami, mimpi ini menandakan bahwa agamanya telah rusak. Mimpi membawa mayat menandakan bahwa si pemilik mimpi menghasilkan harta yang haram. Begitu juga jika seseorang bermimpi menarik jenazah di atas tanah, itu juga menandakan bahwa ia memperoleh harta yang haram.
Bermimpi melihat mayat yang berjuntai pada sesuatu yang sudah rusak atau buruk, maka itu menandakan ia akan berburu tikus. Adapun mimpi memindahkan mayat ke kuburnya menandakan perbuatan yang baik. Namun apabila mayat tersebut malah dipindahkan ke pasar, maka itu berarti dagangannya akan laku dan membawa keuntungan besar serta ia akan memperoleh kebutuhannya.

1 comment:

  1. kalau mimpi lagi dlm perjalanan k suatu tempat, lalu melihat bnyak sekali mayat di sepanjang jalan, artiny apa y?

    ReplyDelete