Halaman 76

Lengan atas diartikan sebagai saudara laki-laki. Oleh karena itu, jika seseorang bermimpi melihat lengan atasnya dalam keadaan sehat dan baik, itu menandakan bahwa keadaan saudara atau anaknya akan baik-baik saja. Dan jika seseorang bermimpi melihat cacat atan penyakit di lengan atasnya, itu adalah pertanda musibah yang akan menimpa keduanya. Di-riwayatkan bahwa seseorang bermimpi seolab-olah ada cacat pada lengan atasnya. Maka orang itu menceritakan mimpinya kepada seorang pentakwil dan ia menjawab, "Kamu akan menjadi orang yang sedikit akal, tetapi banyak sombong-nya." Sedangkan lengan bawah atau hasta melambangkan dua orang yang terdekat atau terpercaya, seperti saudara laki-laki dan anak yang telah baligh. Dimana ia dapat bersandar dan mengambil manfaat dari keduanya. Barangsiapa bermimpi melihat seorang wanita yang terbuka tangan hastanya, maka itu menandakan kehidupan dunia, sesuai dengan hadits Rasulullah saw pada malam Mi'raj, "Dan tangan hastamu, jika kamu merasakan sakit padanya, maka itu menandakan kesedihan dan kesia-siaan yang kamu kerjakan dengan tanganmu dan tidak adanya bantuan yang kamu berikan." Sedangkan bulu yang tumbuh di atas tangan hasta adalah pertanda hutang.
Mimpi melihat telapak tangan yang terbuka lebar ditafsirkan sebagai kelapangan atau kemakmuran hidup di dunia. Sebaliknya, telapak tangan yang tertutup ditafsirkan sebagai kesempitan atau kesusahan hidup. Adapun rambut di telapak tangan, menandakan hutang dan kesedihan. Dan ada yang mentakwilkan bahwa itu adalah harta yang menjauh dari tangannya. Sedangkan rambut di punggung tangan menandakan habis atau hilangnya seluruh harta yang dimiliki.
Adapun jari-jari ditafsirkan sebagai anak dari saudara, dan itu sesuai dengan perkataan, "Se-sungguhnya tangan itu adalah saudara." Jika seseorang bermimpi menyilangkan jari-jarinya tanpa melakukan suatu pekerjaan apa pun, itu menandakan bahwa ia adalah orang yang sempit tangan. Sedangkan jika ia bermimpi sibuk mengerjakan urusan keluarga dan kepona-kannya, itu berarti keluarganya akan bersatu padu karena takut akan bahaya darinya (orang yang bermimpi), dan mereka saling tolong-menolong untuk mencegah atau menolak hal tersebut.
Namun ada yang menafsirkan bahwa jari-jari tangan melambangkan shalat lima waktu. Dimana ibu jari melambangkan shalat Shubuh. Jari telunjuk melambangkan shalat Zhuhur. Jari tengah melambangkan shalat Ashar. Jari manis melambangkan shalat Maghrib. Dan jari keling-king melambangkan shalat Isya. Jika seseorang bermimpi melihat jari-jarinya memendek, itu berarti ia lalai dan malas dalam melakukan shalat. Sedangkan jika ia bermimpi mempunyai jari-jari yang panjang, berarti ia senantiasa me-melihara shalatnya. Dan jika seseorang bermimpi melihat salah satu jarinya putus, itu menandakan bahwa ia telah meninggalkan shalatnya sesuai dengan jari yang putus. Apabila seseorang bermimpi melihat salah satu jarinya berpindah ke posisi jari yang lam, itu menandakan bahwa ia telah melakukan suatu shalat pada waktu shalat yang lain.
Barangsiapa bermimpi menggigit ujung jari orang lain, itu menandakan bahwa orang yang kena gigit itu berakhlak buruk sedangkan ia (yang menggigit) berakhlak baik. Dan jika seseorang bermimpi melihat dari ibu jarinya keluar susu dan dari telunjuknya keluar darah, lalu ia meminumnya, maka itu berarti ia akan berzina dengan ibu mertua atau saudara perempuan dari isterinya. Adapun mimpi mematahkan jari-jari menandakan perkatan yang keji di antara sesama kerabat. Sedangkan jika seseorang bermimpi melihat jarinya bertambah, berarti ia ber-tambah tamak, zalim dan keadilannya berkurang.