Halaman 91

Keluar darah dari hidung satu tetes atau dua tetes melambangkan suatu manfaat. Namun jika jumlahnya sekitar satu kilo (1 ratl/kati) dan ia mengira bahwa hal itu bermanfaat bagi dirinya, maka ini melambangkan bagusnya kehidupan agamanya, karena kesehatan badan me- nunjukkan baiknya agama. Sedangkan apabila ia mengira bahwa hal itu akan membahayakannya, ini berarti kerusakan agama dan perbuatan dosa.
Jika badannya terasa lemah setelah darah keluar, maka ini melambangkan ia jatuh miskin, namun bila ia kuat, maka ia akan kaya karena kekuatan melambangkan kekayaan seseorang; jika darah tersebut melumuri bajunya, ini menunjukkan bahwa ia memperoleh harta yang makruh dan dosa, sedangkan bila darah itu tidak melumuri pakaiannya, ini menunjukkan bahwa pemilik mimpi itu keluar dari perbuatan dosa.
Jika darah hidung itu menetes di jalanan, berarti ia membayarkan kewajiban zakat hartanya dan bersedekah di tengah jalan atau perjalanan. Menurut sebagian ahli takwil, darah hidung berarti memperoleh harta karun.
Bersin melambangkan yakin pada sebuah hal yang diragukan.
Air mata dingin menunjukkan suatu kegembiraan, sedangkan air mata panas menunjukkan kesedihan. Orang yang bermimpi melihat terdapat air mata pada wajahnya tanpa diiringi tangisan, ini melambangkan bahwa nasab keturunannya dicela orang, namun ia akan selamat dari celaan tersebut karena adanya sifat taat pada dirinya. Jika air mata itu menyembur pada kedua matanya, ini berarti bahwa ia menyimpan harta halal yang ia tidak ingin menampakkannya. Sedangkan bila air mata itu mengalir di wajahnya, ini melambangkan bahwa hatinya akan tentram karena menginfakkan atau membelanjakan harta tersebut. Melihat air mata kanan masuk ke mata kiri melambangkan bahwa ia menikahi cucunya, kita berlindung dari kemarahan Allah, na'udzu billah.
Bermimpi melihat diri sendiri berarti akan membayar hutang atau selamat dari suatu kesedihan atau memberikan suatu balasan terhadap orang lain karena perbuatan baik mereka. Menurut sebagian ahli takwil, ingus melambangkan mendapat anak dengan alasan karena kucing berasal dari ingus singa ketika bersin. Melihat diri membuang ingus ke bumi berarti mendapatkan anak perempuan. Membuang ingus pada istri sendiri berarti ia akan hamil dan menggugurkan seorang anak. Jika istri yang membuang ingus pada suami berarti ia akan melahirkan seorang anak lalu memisahkan seorang bayi sebelumnya dari menyusu.
Seseorang yang membuang ingus pada sebuah rumah orang lain, berarti ia akan menikah dengan putri pemilik rumah tersebut secara halal ataupun secara haram. Bermimpi membuang ingus pada rumah orang lain, berarti ia mengkhianati istrinya. Membuang ingus pada sapu tangan sendiri berarti mengkhianati pembantu wanitanya. Jika bermimpi membuang ingus, lalu ingus itu diambil oleh seorang wanita, berarti wanita itu menipunya lalu ia hamil karenanya.
Bermimpi mencuci ingus orang lain berarti ada laki-laki lain yang khianat pada istrinya, lalu si suami berusaha untuk menutupinya sedangkan laki-laki pengkhianat tersebut tidak berusaha menutupinya. Bermimpi memakan ingus sendiri berarti memakan harta anak sendiri. Memakan ingus orang lain berarti memakan harta anak orang lain. Bermimpi melihat pada hidungnya terdapat ingus berarti istrinya hamil.
Bermimpi bersin lalu dengan bersin itu keluar binatang berarti ada anak orang lain yang dinasabkan keturunannya pada dirinya; jika yang keluar tersebut adalah kucing, anak itu adalah anak seorang pencuri, sedangkan jika seekor merpati berarti ia adalah anak wanita yang ia cintai. Melihat ingus sendiri mengalir berarti akan mendapat anak-anak yang mirip dengan dirinya. Melihat orang lain membuang ingus ke bajunya (si pemilik mimpi) berarti ia akan berhubungan besan atau ipar dengannya.
Menguap berarti suatu penyakit.
Bau mulut yang enak berarti penampilan yang bagus.
Tertawa melambangkan kesedihan, karena Allah SWT berfirman, "Maka hendaklah mereka tertawa sedikiL " (QS. at-Taubah: 82)
Tertawa juga melambangkan kabar gembira tentang kelahiran seorang anak sesuai dengan firman Allah SWT, "Lalu dia tertawa, maka