Halaman 111

Bermimpi meminum obat lalu hal itu membawa manfaat berarti ia seorang yang shaleh  dalam beragama. Meminum bir dari gandum menunjukkan suatu manfaat yang didapat dari pembantu atau pelayanan dari seorang laki-laki yang keras dan hilangnya kesedihan.
Takwilan hal-hal yang keluar dari tubuh manusia untuk tujuan pengobatan tidak sama dengan takwilan hal-hal yang keluar dengan tanpa ada obat.
Bermimpi ada seorang tua yang mengeluarkan fashad (darah dari dari tubuh atau dari urat darah [vein] untuk tujuan pengobatan dengan pembedahan) berarti ia akan mendengar suatu ucapan tidak baik atau celaan dari seorang teman; apabila darah keluar dari urat darah berarti ia akan menjadi orang upahan; sedangkan jika darah tidak keluar darinya berarti akan disampaikan padanya suatu kebenaran dan ia akan keluar dari suatu dosa. Jika proses bedah fashad tersebut dilakukan dengan membentang berarti ucapan tidak baik tersebut akan terputus darinya; dan jika dilakukan dengan cara memanjang berarti orang tersebut akan menambah dan melipatgandakan ucapan atau celaannya.
Bermimpi melihat seorang pemuda menfashadnya dengan memanjang berarti ia akan mati setelah kematian suatu keluarga dekatnya; jika pemuda itu memfashadnya dengan cara memanjang lalu keluar darah berarti ia akan terkena musibah dari pegawai penguasa (pemerintah) dan akan mengambil hartanya sesuai dengan kadar darah yang keluar; sedangkan jika ia menfashadnya dengan membentang berarti penguasa itu tidak akan mengganggunya. Jika seorang ulama menfashadnya lalu keluar banyak darah dalam sebuah ember atau mangkuk berarti ia akan sakit dan akan menghabiskan harta untuk biaya hidup keluarga dan biaya pengobatan, karena mangkuk tersebut melambangkan tabib atau dokter; sedangkan jika darah tidak keluar dan tidak terdapat bekas buruk pada kulit berarti ia akan mendengar ucapan tidak enak dari keluarga dekatnya sesuai nisbat anggota tubuh yang difashad dengan mereka dan sesuai pula dengan rasa sakit ketika fashad tersebut.
Jika ia mimpi ber-fashaddan ia tidak suka apabila darah keluar berarti ia akan sakit dan akan mendapatkan bahaya pada hartanya; jika ia mengira bahwa dalam proses fashad tersebut terdapat manfaat bagi dirinya lalu keluarlah darah dalam ukuran tertentu sebagaimana yang diinginkan, maka hal ini berarti bahwa agama akan baik dan badannya akan sehat pada tahun itu.
Fashad  pada bagian kanan menunjukkan tambahan harta, sedangkan fashadpada, bagian kiri menunjukkan tambahan teman; dan jika ia mempunyai seorang istri berarti ia (istri itu) akan sangat gemuk dan akan lapang dunianya.
Men-fashad urat darah pada kepala berarti akan mendapatkan suatu keuntungan dari atasannya atau induk semangnya; dan jika tidak keluar darinya darah berarti akan disampaikan padanya suatu kebenaran.
Bermimpi melakukan operasi fashad pada orang lain berarti ia (orang yang men-fashad) akan keluar dari dosa. Apabila bermimpi bahwa ia melepaskan darah setelah fashad berarti ia akan bertobat dari suatu dosa karena keluarnya darah melambangkan tobat; sedangkan jika darah yang keluar berwarna hitam, berarti ia berketerusan dalam melakukan dosa besar karena darah melambangkan dosa, dan keluarnya menunjukkan tobat.
Bermimpi mengambil pisau operasi lalu ia men-fashad istrinya sendiri dengan bedah memanjang berarti ia akan melahirkan seorang bayi perempuan; sedangkan jika ia membedah dengan membentang berarti ia (si pemimpi) akan memutuskan hubungan istrinya dengan kerabat si istri.
Bermimpi bahwa ia berniat untuk melakukan fashad berarti ia ingin bertobat.