Halaman 63

Mimpi melihat kepala berada di atas tangannya sendiri adalah pertanda baik bagi orang yang tidak memiliki anak dan orang yang tidak mampu melakukan perjalanan. Jika seseorang bermimpi memegang kepalanya sedang ia memakai kepala orang lain yang melekat secara alami, berarti ia akan menentang wabah atau bencana yang sedang menerjangnya dan memperbaiki segala urusannya yang masih kurang.
Diriwayatkan bahwa seorang lelaki datang kepada Nabi saw dan berkata, "Wahai Rasul Allah, aku bermimpi melihat kepalaku dipotong dan seolah-olah aku melihat kepadanya dengan sebelah mata." Lalu beliau tersenyum dan berkata, "Dengan mata sebelah mana kamu melihat kepadanya, maka ia akan tetap (sehat) selama Allah menghendakinya tetap (sehat)." Kemudian wafatlah Rasulullah saw. Dan mimpi melihat kepadanya itu berarti mengikuti Sunnah Nabi saw. Sedangkan kepala tersebut menandakan imam atau pemimpin.
Diriwayatkan bahwa Ibnu Maryam bermimpi melihat 60 gadis pelayan memasuki rumahnya dan ditangan setiap gadis itu terdapat talam yang di atasnya kepala manusia yang telah dicuci dan disisir. Dan mereka seolah-olah mengucapkan, "Dan tidak ada bagi seorang manusiapun bahwa Allah berkata-kata dengan dia kecuali dengan perantaraan wahyu atau di belakang tabir." (QS. asy-Syura: 51) Kemudian Ibnu Maryam menceritakan mimpinya lalu dikatakan kepadanya, "Sesungguhnya khalifah akan mempercayaimu untuk menjadi penjaga baginya dan kamu akan mendapatkan 60.000 dinar." Kemudian hal itu benar-benar terjadi.
Barangsiapa bermimpi melihat banyak kepala manusia terpotong dengan tangannya di tempat ia berada, itu menandakan bahwa mereka akan patuh kepadanya dan datang ke tempat tersebut. Dan apabila seseorang bermimpi memiliki sebuah kepala, itu adalah harta yang akan ia dapatkan: sedikitnya 1.000 dirham dan maksimalnya 1.000 dinar. Jika seseorang pemimpin bermimpi melihat tulang di kepalanya, berarti kekuatannya akan meningkat. Jika dalam mimpinya seseorang melihat kepalanya berubah menjadi kepala domba, berarti ia akan menegakkan keadilan dan menjadi penengah bagi manusia. Jika kepalanya berubah menjadi kepala anjing, berarti ia akan berbuat zalim dan memperlakukan rakyatnya dengan sikap kurang ajar.
Rambut kepala dalam mimpi ditafsirkan sebagai harta benda dan umur yang panjang. Sedangkan wig, takwilannya berbeda-beda sesuai dengan keadaan orang yang melihatnya. Jika yang melihatnya adalah seorang prajurit, maka itu menandakan peningkatan, keamanan dan wibawa atau kehormatan. Jika yang bermimpi melihatnya adalah seorang yang kaya, maka itu ditafsirkan sebagai hartanya. Dan bagi orang miskin, wig diartikan sebagai dosa-dosa yang dilakukannya. Rambut kepala yang indah menandakan ke-muliaan dan kekuasaan. Jika seseorang bermimpi melihat rambutnya keriting dan lurus, berarti ia akan dihormati dan dimuliakan. Dan jika ia bermimpi melihat rambutnya yang keriting berubah menjadi lurus, itu menunjukkan bahwa ia akan mendapatkan hinaan dan kehilangan ke-dudukannya.
Adapun jika seseorang bermimpi memiliki rambut yang keriting dan terurai, itu menandakan bahwa harta pemimpin atau majikannya akan hilang, dibagi-bagikan atau dihabiskan. Sedangkan jika rambutnya lemas dan lembut, maka itu menandakan bahwa harta pemimpin atau majikannya akan berkembang dan bertambah banyak. Dan dikatakan juga bahwa siapa yang bermimpi memiliki rambut yang panjang dan ia menyukainya, maka ia akan mendapatkan pujian yang baik. Demikian juga tafsirannya jika seorang wanita bermimpi memiliki rambut yang lurus, terutama jika ia bermimpi memakai wig sebagai hiasan.