Halaman 69

Adapun gigi seri sebelah kanan bawah melambangkan ibu dan yang sebelah kirinya melambangkan bibi dari pihak ayah. Namun jika keduanya tidak ada, maka dua gigi itu melambangkan dua anak perempuan atau dua saudara perempuan atau siapa saja yang menduduki posisi mereka. Sedangkan gigi bawah yang terletak di antara gigi aring dan gigi seri melambangkan anak perempuan paman dan bibi dari pihak ayah. Dan taring bagian bawah melambangkan pemimpin perempuan di dalam keluarga. Gigi depan bagian bawah ditafsirkan sebagai anak perempuan paman dan bibi dari pihak ibu. Dan geraham bagian bawah melambangkan keluarga jauh, yang terdiri dari wanita-wanita yang sudah dewasa ataupun anak-anak yang masih kecil.
Jika seseorang bermimpi melihat giginya berpindah, maka itu menandakan penyakit. Dan jika seseorang bermimpi melihat giginya jatuh atau hilang, itu menandakan bahwa ia akan meninggal dunia atau kita tidak lagi bertemu dengannya. Namun jika gigi itu kembali lagi lalu ia memakannya, itu menandakan musibah yang akan menimpa orang yang berhubungan dengannya. Adapun bunyi gemertak gigi menandakan perselisihan atau pertengkaran di antara anggota keluarga. Jika seseorang bermimpi melihat kotoran gigi, itu menandakan bahwa aib keluarganya berasal dari dirinya. Sedangkan gigi yang berbau busuk menandakan konotasi buruk dari pujian orang lain kepada keluarganya. Gigi yang rusak atau lapuk menandakan lemahnya keluarga orang yang melihat mimpi itu. Dan membersihkan gigi dari segala kotoran melambangkan pengeluaran harta untuk mengahapus segala kedukaan keluarga.
Gigi yang putih, panjang dan indah menandakan peningkatan kekuatan, harta dan pangkat anggota keluarga. Jika seseorang bermimpi di mulutnya tumbuh gigi seri tambahan, berarti anggota keluarganya akan bertambah. Namun jika gigi seri yang baru itu membahayakannya, itu berarti anggota keluarga yang baru itu akan membawakan aib dan bencana untuknya. Apabila seseorang bermimpi melihat giginya terpotong, itu menandakan bahwa hubungan silaturrahminya akan terputus, atau mimpi ini menandakan bahwa ia menafkahkan hartanya dengan perasaan enggan. Sedangkan jika ia bermimpi melontarkan giginya dengan lidahnya, berarti urusannya dan keadaan keluarganya akan rusak hanya karena perkataan yang ia lontarkan.
Bagi seorang ilmuwan atau seorang yang mahir dalam ilmu kalam (scholastik), mimpi melihat gigi-giginya terbuat dari emas adalah pertanda baik. sedangkan bagi yang lainnya, mimpi ini adalah pertanda buruk, karena itu menandakan penyakit atau kebakaran. Adapun mimpi memiliki gigi-gigi yang terbuat dari perak menandakan kerugian materi. Dan jika seseorang bermimpi melihat gigi-giginya terbuat dari kaca atau kayu berarti kematiannya sudah dekat. Sedangkan jika ia bermimpi melihat giginya rontok lalu pada tempat itu tumbuh lagi gigi yang baru berarti akan terjadi perubahan besar dalam hidupnya. Dan ada yang menafsirkan bahwa jika gigi atas seseorang jatuh ke tangannya, itu adalah harta yang akan ia peroleh. Ada-pun jika gigi-gigi tersebut jatuh ke pangkuan-nya, maka ia akan dikaruniai seorang anak. Allah SWT berfirman, "Dan dia berbicara dengan manusia dalam buaian...." (QS. Ali 'Imran: 46) Yakni dalam pangkuannya. Sedangkan jika giginya itu jatuh ke bumi, maka itu menandakan mautnya.
Barangsiapa bermimpi memegang giginya yang jatuh lalu mengumpulkannya bukan malah menguburnya, maka gigi tersebut menandakan orang yang akan menaruh kasihan, simpati dan memberikan nasihat kepadanya. Demikian juga tafsirannya jika setiap anggota tubuh yang rusak atau terkena penyakit tidak dikuburkan. Jika seseorang bermimpi melihat di jantungnya tumbuh beberapa gigi berarti kematiannya sudah dekat. Dan ada yang menafsirkan bahwa mimpi melihat gigi yang jatuh menandakan rintangan yang menghalangi seseorang dalam usaha menggapai tujuannya. Serta ada juga yang menafsirkan bahwa mimpi tersebut menandakan pelunasan hutang. Ada lagi yang mengatakan bahwa siapa yang bermimpi seolah-olah giginya jatuh lalu ia meletakkannya di pangkuan atau lengan bajunya, itu berarti ia akan berumur panjang sampai semua giginya rontok dan keluarganya bertambah banyak. Jika seseorang bermimpi melihat gigi-giginya rontok lalu hilang dari padangannya, berarti semua anggota keluarganya akan meninggal dunia sebelum dia. Dan bisa jadi mimpi ini menandakan kematian teman-temannya yang seumur dengannya atau orang lain yang juga seumur dengannya. Jika seseorang bermimpi seolah-olah orang-orang mengunyahnya dengan geraham mereka atau menggigitnya, itu menandakan bahwa ia bisa bersikap rendah hati kepada manusia, tetapi ia tidak melakukannya.