Halaman 117

Tulang semua hewan adalah pegangan bagi budak mereka. Otak semua hewan melambangkan harta yang disimpan untuk masa depan (tabung-an). Mimpi binatang yang dikuliti tidak baik bagi semua manusia, dan menunjukkan akan datang-nya kesedihan di rumah seseorang. Kibas (sejenis biri-biri) dalam mimpi diserupakan dengan manusia, karena daging manusia tidak dimakan.
Semua daging hewan yang dimakan melambangkan kebaikan yang tidak ada kemudahan darinya.
Seseorang yang bermimpi memakan daging mentah berarti keburukan selamanya dan menujukkan sesuatu yang dimilikinya akan mengalami kehancuran karena dia tidak menghindari daging mentah dan mencernanya. Sebagian ahli tafsir mimpi mengatakan jika, dalam mimpinya, sesorang melihat daging mentah namun ia tidak memakannya berarti ia akan mendapatkan keburukan selamanya. Namun jika ia memakannya berarti daging itu baik baginya.
Jika sesorang bermimpi memakan daging yang dimasak berarti hartanya akan bertambah; jika ia memakannya dengan seorang syekh berarti kedudukannya di sisi penguasa akan naik.
Tentang mimpi melihat unta yang dibakar terdapat perbedaan di kalangan ahli tafsir mimpi. Ada yang berpendapat jika untanya gemuk berarti harta yang banyak; jika untanya kurus berarti harta yang sedikit dan mendapat rezeki dalam kesusahan. Sebagian lagi mengatakan unta yang dibakar berarti keamanan dari rasa takut. Ada juga yang mengartikan unta yang dibakar dengan anak laki-laki.
Jika sesorang bermimpi memakan unta yang dibakar berarti seorang anak laki-laki yang jika sudah baligh akan makan dari hasil usahanya sendiri; jika dagingnya masak berarti akan dikaruniai seorang anak laki-laki yang baik budi pekertinya; jika dagingnya mentah berarti akan diberi anak yang tidak telaten dalam bekerja.
Semua perbuatan memanggang daging dengan kayu berarti. kabar gembira; Jika dagingnya tidak matang berarti ia akan mendapatkan kesedihan disebabkan anaknya.
Bermimpi sepotong daging panggangan berbicara kepadanya berarti ia akan selamat dari kehancuran sebagaimana riwayat sepotong daging panggangan yang berbicara kepada Rasulullah saw. Tutup pemasak rod melambangkan seorang pemimpin.
Jika seseorang bermimpi membeli kepala hewan yang bermanfaat yang banyak dagingnya berarti ia akan mendapatkan suatu izin yang bermanfaat baginya; jika kepala itu tidak berdaging, maka tidak bermanfaat. Kepala yang berbau busuk berarti akan mendapat sanjungan yang tidak baik. Mimpi memakan kepala hewan ternak mentah berarti akan menggunjingkan pemimpin yang diibaratkan dengan hewan itu. Memakan kepala hewan yang dimasak atau dibakar berarti akan mendapatkan manfaat berupa harta dari sekelompok pemimpin. Ahli tafsir mimpi mengatakan siapa yang bermimpi seolah-olah ia makan kepala dan kaki kambing berarti akan mendapatkan harta dan kemegahan dari warisan dan sebagainya. Kepala domba betina melambangkan harta paling banyak sepuluh ribu dirham dan paling sedikit seribu dirham. Memakan mata dari kepala yang dibakar berarti akan memakan harta milik pemimpin.
Memakan benak berarti akan makan dari harta pokoknya atau harta yang ditanam; jika bermimpi memakan benaknya atau benak yang lain berarti ia akan memakan punggung harta atau dari harta yang tidak baik. Memakan otak berarti akan memakan harta yang utama. Memakan segala jenis kaki berarti memakan harta anak yatim, dan juga berarti dengan memakan harta pembesar masyarakat karena kaki melambangkan harta sedangkan kambing melambangkan pembesar masyarakat.
Memakan kulit unta yang dikupas berarti memakan harta anak yatim. Memakan hati berarti akan mendapatkan kekuatan dan manfaat dari anak laki-laki. Memakan usus melambangkan kesehatan dan kebaikan badan. Bermimpi memakan usus yang diisi daging berarti harta yang tidak baik, sedangkan apa yang dalam usus itu adalah harta yang didapat dari seorang wanita.