Halaman 123

Seorang laki-laki mendatangi Ibnu Sirin dan berkata, " Aku bermimpi seolah-olah aku memegang tempat air dari kulit yang di dalamnya ada kurma. Aku membenamkan kepala dan mukaku seraya memakannya, dan aku berkata betapa asam rasanya." Jawab Ibnu Sirin, "Engkau adalah orang yang mencampurkan harta usahamu antara yang baik dengan yang buruk tanpa memperdulikan apakah dia halal atau haram, meskipun sebenarnya engkau mengetahui bahwa harta itu haram."
Demikian pula ketika seorang wanita bermimpi memakan kurma dengan dua tetes air, ternyata ia mengambil harta warisan suaminya, sedangkan ia sudah diceraikan.
Bubur tepung dengan minyak sapi panas melambangkan orang yang memaki budaknya. Siapa yang bermipi memakan bubur tepung dengan minyak sapi atau makanan yang bercampur atau faluzaj dalam shalatnya berarti ia akan bertemu wanita ketika ia sedang berpuasa. Seorang laki-laki mendatangi Ibnu Sirin dan berkata bahwa ia bermimpi memakan makanan yang bercampur ketika sedang shalat. Ibnu Sirin berkata, " Engkau akan mencium istrimu sedangkan engkau sedang berpuasa, maka jangan engkau lakukan."
Makanan kering yang bercampur berarti harta yang didapat ketika sedang mengalami kesusahan. Makanan yang bercampur juga melambangkan kata-kata yang lembut dan baik tentang masalah penghidupan. Makanan yang bercampur dan belum disentuh api berarti juga harta yang banyak yang akan didapat dari kekuatan kekuasaan penguasa; jika sudah di­sentuh api berarti pembicaraan atau kekuasaan yang haram.
Kurma basah dengan seprah melambang­kan penyakit. Juga berarti harta yang banyak keikhlasan beragama. Menelannya berarti akan mencium anak atau kekasih.
Az-zalabiyah (pan cake-Ing) [Semacam makanan adonan dari susu tepung dan telor goreng, lalu dicampur gula (bahasa Persia).]
berarti keselamatan dari kesusahan, kebahagiaan dan rasa suka-cita. Membuat manisan dan membekukannya menunjukkan tetangga yang baik. Memetik buah-buahan yang dipotong berarti harta dan kesenangan. Susu murni berarti akan mendapatkan harta dalam kesusahan.
Perjamuan berarti berkumpul untuk kebaikan. Siapa yang bermimpi mengundang suatu kaum untuk mengunjunginya berarti ia akan melakukan sesuatu yang mendatangkan penyesalan dan kegelisahan. Dalilnya, kisah Nabi Sulaiman as ketika ia meminta kepada Allah SWT untuk memberi makan makhuk untuk sehari. Temyata ia tidak sanggup untuk memenuhi.
Siapa yang bermimpi mengundang suata kelompok orang untuk menghadiri jamuan makan, lalu mereka memakan sesuai keperluan mereka berarti ia akan mengangkat mereka sebagai pemimpin.
Melaksanakan perjamuan menunjukkan akan datangnya hal-hal yang gaib. Siapa yang bermimpi diundang orang yang tidak dikenal menghadiri per jamuan yang banyak buah-buahan dan minuman berarti ia akan pergi berjihad dan mendapatkan kesyahidan, berdasarkan firman Allah SWT, "... mereka meminta buah-buahan yang banyak dan minuman di surga itu." (QS. Shaad: 51)
Memetik gitar berarti akan berkata bohong, demikian pula mendengarnya. Siapa yang ber­mimpi memetik gitar di rumahnya akan mendapat suatu musibah. Memetik gitar juga berarti orang yang memetiknya akan mendapat ke­kuasaan. Ada juga ahli takwil yang mengartikan akan menderita demam panas. Siapa yang ber­mimpi memetik gitar lalu putus talinya berarti ia tidak akan mendapatkan apa yang ditujunya.
Menurut sebagian ahli takwil, mimpi me­metik gitar berarti menunjukkan penguasa yang mulia yang ragu dengan kekuasaan dan kekuatannya, dan setiap kali disebut kekuasaannya ia gentar dan gemetar. Bagi seorang yang baik (al-mastur) berarti suatu pelajaran atau nasihat; sedangkan bagi orang fasik berarti kerusakan akan menimpa kaumnya, dan; bagi orang yang berbuat aniaya, perbuatannya akan menimpa suatu ke­lompok orang yang akan memecah belah kaum­nya.