Halaman 48

Adapun mimpi menyetubuhi seorang wanita yang tidak dikenal dalam kubur menandakan bahwa si pemilik mimpi akan berzina. Dan jika seseorang bermimpi bersenggama dengan wanita yang ia kenal lalu ia berejakulasi berarti ia akan bergaul dengan seorang lelaki yang jahat dan munafik, kemudian orang itu akan memimjam hartanya. Sedangkan jika seseorang bermimpi menikah dengan mayat yang sudah ia kenali (baik laki-laki ataupun perempuan) berarti ia akan dapat memenuhi kebutuhannya, dimana sebelumnya ia berputus asa untuk dapat meraihnya. Jika seseorang bermimpi menikah dengan lelaki yang jujur berarti keturunan orang yang sudah mati itu akan mendapatkan rezeki darinya. Namun jika yang dinikahi itu adalah musuhnya, itu menandakan ia akan dapat mengalahkan keturunan orang yang sudah wafat itu. Adapun jika seseorang bermimpi menikahi muhrim dari mayat berarti yang menikahi akan memberikan orang yang dinikahi berupa sedekah, doa, atau mimpi ini juga menandakan bahwa ia akan berhubungan dengan keturunannya dengan memberikan kebaikan kepada mereka. Namun ada juga yang menafsirkan bahwa orang itu akan memberikan hartanya yang haram. Dan jika seseorang bermimpi disetubuhi oleh orang yang sudah meninggal, maka ia akan memperoleh manfaat harta atau ilmu pengetahuan dari orang yang sudah meninggal itu.
Apabila seseorang bermimpi seolah-olah seorang perempuan yang sudah meninggal dunia dihidupkan kembali, lalu ia menyetubuhinya, dan terkena percikan air mani perempuan itu, maka itu menandakan bahwa ia akan memenuhi hajatnya dengan penuh kepuasan, walaupun harus mengeluarkan harta dalam mencapai semua itu, dan ia akan memerintah suatu kerajaan atau pemerintahan yang belum ada sebelumnya serta perdagangan yang sangat menguntungkan. Sedangkan jika seseorang bermimpi mengawini perempuan yang sudah mati tetapi kelihatan hidup, lalu ia membawa wanita tersebut ke rumahnya, maka ini berarti ia akan melakukan pekerjaan yang nantinya akan ia sesali. Adapun jika ia mengumpuli wanita itu dan terkena percikan air maninya, maka ia akan menyesali suatu pekerjaan yang menimbulkan kerugian dan kedukaan, namun setelah itu ia akan dipuji sesudahnya dan mendapatkan kebaikan yang jumlah sesuai dengan banyak tidaknya air mani yang mengenai dirinya. Sedangkan jika seseorang bermimpi kawin dengan seorang wanita yang sudah mati tetapi dia melihat seolah-olah wanita itu hidup, kemudian ia menggaulinya tanpa menyentuhnya, sedangkan ia pindah ke rumah wanita itu dan tinggal di sana, maka mimpi ini menandakan kematiannya. Demikian pula jika seorang wanita muda bermimpi seperti mimpi kaum lelaki yang telah disebutkan di atas.
Syekh Abu Sa'ad ra mengatakan: Kaidah dasar dalam mimpi melihat orang mati (Allahu A'lam) adalah jika kamu bermimpi melihat orang yang sudah mati melakukan suatu perbuatan baik, maka ia menyuruhmu untuk melakukan perbuatan itu. Sedangkan jika kamu melihatnya melakukan perbuatan yang buruk, maka ia mencegahmu dari melakukan perbuatan itu dan menyuruhmu untuk meninggalkannya.
Adapun mimpi membongkar kuburan orang yang sudah meninggal dunia menandakan kalau orang yang melihat mimpi tersebut akan mencari tahu riwayat hidup orang tersebut, baik dari segi kehidupan agamanya dan dunianya. Dan itu bertujuan supaya ia dapat mengambil contoh dari perjalanan hidup orang tersebut. Sedangkan mimpi melihat mayat dalam keadaan hidup dan berdiri di atas kuburnya menandakan bahwa si pemilik mimpi akan mendapatkan kebajikan, hikmah dan harta yang halal. Namun mimpi melihat mayat yang berada dalam kuburnya menunjukkan bahwa harta itu bukan-lah harta yang bersih. Sebagian ahli takwil menyatakan bahwa siapa bermimpi mendatangi sebuah pemakaman dan membongkarnya, lalu ia menemukan penghuni pemakaman itu dalam kedaan hidup atau mati, maka itu menandakan di tempat tersebut akan terjadi kematian mendadak, Allahu A'lam.