Sunday, June 3, 2012

Halaman 72

Aku bermimpi seolah-olah jenggotku (memanjang) sampai ke pusar lalu aku melihat isi di dalamnya. Kemudian Ibnu Sirin berkata, "Kamu adalah muadzdzin yang suka melihat-lihat ke tingkat rumah para tetangga."
Mimpi melihat anak kecil yang belum baligh memiliki jenggot ditafsirkan bahwa tidak ada kebaikan di dalamnya. Jika seseorang bermimpi menarik jenggot orang lain dengan tangannya, itu menandakan bahwa ia akan mewarisi dan memakan harta orang tersebut. Adapun kekurangan pada jenggot yang tidak begitu banyak adalah pertanda kemudahan, pelunasan hutang dan kelapangan hidup. Sedangkan kekurangan yang banyak padanya menandakan kehinaan dan kehilangan harta serta jabatan.
Barangsiapa bermimpi melihat seseorang yang tidak lengkap giginya berbicara kepada isterinya, itu menandakan bahwa isterinya akan mengganggunya sesuai banyak gigi yang hilang dan memisahkannya dari segala yang ia sukai. Hal itu dikarenakan bahwa iblis yang terkutuk menggoda siti Hawa dalam bentuk orang yang bergigi tidak lengkap.
Dalam tafsirannya, jenggot yang berwarna hitam pekat adalah pertanda kemakmuran dan kepuasan hidup. Jenggot yang warna hitam berubah menjadi hijau, berarti orang yang melihat mimpi tersebut akan mendapatkan kerajaan dan harta yang melimpah, tetapi kemudian ia menjadi penguasa yang zalim, karena itu adalah warna jenggot Fir'aun. Sedangkan warna kuning pada jenggot adalah pertanda kemiskinan dan kekurangan. Adapun warna merah adalah pertanda ketakwaan. Apabila seseorang bermimpi seakan-akan jenggotnya ditarik oleh orang lain sehingga rambut jenggotnya berserakan di tangan orang itu, lalu ia menggenggam dan tidak membuangnya, itu menandakan bahwa harta bendanya akan habis atau hilang lalu kembali lagi kepadanya.
Jika seseorang bermimpi melihat kumisnya bertambah panjang, itu adalah pertanda datang-nya hal yang tidak diinginkan. Sebaliknya rambut kumis yang memendek menandakan hal yang baik. Jika seorang yang kaya bermimpi mencabut rambut kumisnya, berarti ia melakukan pemborosan dalam pengeluaran harta. Sedangkan bagi orang yang miskin, mimpi itu menandakan berkumpulnya dua kesedihan pada dirinya. Dan itu juga menandakan bahwa ia akan meminjam sesuatu dari seseorang, lalu apa yang ia pinjam itu ia pinjamkan lagi kepada orang yang lain. Jika seseorang bermimpi mencukur habis jenggotnya, berarti ia akan kehilangan harta dan jabatan. Sedangkan jika ia bermimpi memangkas jenggot yang melebihi genggamannya, berarti ia akan membayarkan zakat hartanya. Dan uban pada jenggot melambangkan pertanda kewibawaan dan kehormatan.
Adapun pewarna pada jenggot diartikan sebagai rasa takut dan rasa malu. Jika pewarna tersebut menggunakan pacar atau inai, maka itu menandakan keteguhan dalam berpegang kepada Sunnah dan ajaran Islam. Barangsiapa bermimpi memberi pewarna pada rambutnya tanpa mengikutkan jenggotnya, itu berarti ia akan senantiasa menjaga rahasia pemimpin atau majikannya. Sedangkan jika ia bermimpi mewarnai rambut beserta jenggotnya secara keseluruhan, itu menandakan bahwa ia berusaha keras dalam menutupi kemiskinanya dan menggapai kekayaan atau kedudukan di antara manusia. Dan jika rambutnya menerima untuk diberi pewarna berarti kedudukannya akan lepas darinya lalu ia akan bersikap manis dengan berpura-pura puas atau rela dengan apa yang ia alami, tetapi kemudian hal itu terungkap juga. Namun jika seseorang bermimpi menggunakan kapur atau lumpur untuk mewarnai rambut dan jenggotnya, berarti ia berusaha mencapai sesuatu yang mustahil dan tidak berguna, serta kabar tentang keadaannya akan menyebar dan diketahui orang banyak.


No comments:

Post a Comment