Halaman 93

Ludah melambangkan harta seseorang atau kedudukannya. Bermimpi melihat dirinya meludahi orang lain berarti menuduh orang tersebut dengan suatu tuduhan. Ludah yang disertai dengan darah berarti berusaha dari harta atau usaha haram. Meludah ke suatu dinding berarti menafkahkan harta untuk jihad fi sabilillah atau menggunakan hartanya untuk berdagang. Me-ludah ke bumi berarti membeli sebuah ladang atau sawah atau tanah. Meludah pada sebuah pohon berarti melanggar janji atau sumpah palsu. Ludah yang panas menunjukkan umur panjang, sedangkan ludah dingin menunjukkan kematian.
Melihat air liur yang sudah mengering berarti dia akan jatuh miskin. Melihat liur atau lendir mengalir pada bibirnya berarti memperoleh harta kemudian harta tersebut pergi atau hilang. Melihat air liur tersebut mengalir dan tidak mengenai salah satu anggota tubuhnya atau ia melihat orang-orang menyambut liur itu dengan tangan mereka berarti bahwa ia akan menyebarkan ilmu pada mereka; Sedangkan jika liur tersebut bercampur darah berarti ia men-campurkan ilmu yang ia ajarkan dengan dusta.
Melihat banyak air mengalir di bibirnya berarti ia akan memperoleh kelapangan dalam kehidupan. Keluarnya air dari mulut seorang pedagang berarti tanda kejujurannya. Keluarnya lendir buih dari mulut lalu ia mengalir di hadapan seseorang pemuda berarti ia (pe-muda itu) menyebarkan rahasianya pada musuhnya; sedangkan jika lendir itu bercampur darah berarti ia berbohong pada sebagian rahasia yang disebarkan tersebut.
Lendir berarti harta yang dikumpulkan tapi tidak tumbuh (berkembang). Melihat diri sendiri membuang lendir berarti mendapatkan kesembuhan jika ia sakit. Mendahak berarti menafkahkan harta secara rahasia; sedangkan ia seorang ahli ilmu berarti ia bakhil dengan ilmu-nya.
Menurut sebagian ahli takwil, keluarnya air dari mulut manusia berarti mendapat nasihat atau fatwa dari seorang alim yang berguna bagi masyarakat; sedangkan jika ia seorang pedagang berarti ia mempunyai lidah yang benar.
Bermimpi melihat rambut, benang, atau nanah yang tidak busuk keluar dari mulutnya berarti umurnya akan panjang.
Muntah melambangkan tobat atas kesadaran diri sendiri, sedangkan jika hal itu sulit baginya dan rasanya tidak enak, maka ini berarti tobat karena suatu karamah atau kemurahan. Seseorang yang melakukan muntah dalam keadaan puasa kemudian ia terbenam di dalamnya berarti ia akan berhutang dan ia mampu untuk membayarnya tapi tidak ia bayar lalu berdosa karenanya. Meminum susu lalu ia memuntahkan susu dan madu berarti perbuatan tobat. Menelan mutiara lalu memuntahkan madu berarti belajar ilmu tafsir Al-Qur'an; sedangkan jika ia memuntahkan susu berarti ia murtad dari agama Islam.
Memuntahkan makanan berarti memberi orang lain suatu pemberian; namun jika ia kembali memakan muntahnya berarti ia kembali mengambil pemberian tersebut. Nabi saw bersabda, "Seseorang yang kembali mengambil pemberian (hibak) nya seperti anjing yang kembali pada muntahnya." (HR. al-Bukhari)
Meminum khamar dan tidak mabuk tapi kembali ia muntahkan berarti mengambil (mencuri) sesuatu kepada orang lain lalu mengembalikannya; apabila mabuk dan juga muntah, maka ini berarti bahwa ia seorang yang kikir, dan tidak mau memberi nafkah pada keluarga tanggungannya kecuali sedikit saja, sedangkan ia juga menyesal dalam pemberian nafkah yang sedikit itu.
Bermimpi melihat usus keluar dari mulutnya menunjukkan bahwa anak-anaknya meninggal dunia. Menurut sebagian ahli takwil, melihat sedahan dan muntah dengan cepat menunjukkan kematiannya; dan bahwa melihat diri sendiri muntah darah yang banyak yang berwarna indah berarti ia akan mendapatkan seorang anak; sedangkan jika darah itu mengalir pada sebuah bejana berarti anak tersebut akan hidup; dan jika darah itu mengalir di atas tanah berarti anak itu akan mati dengan cepat; akan tetapi bila mimpi seperti ini terjadi seorang miskin, maka ia berarti harta dan kekayaan yang banyak; sedangkan mimpi seperti ini tercela bagi orang-pemimpi-yang ingin menipu orang lain, karena makarnya akan terbongkar.