Halaman 46

Dalam tafsirannya, melihat mayat yang sedang tidur menandakan bahwa mayat tersebut istirahat dengan tenang di akhirat. Sedangkan mimpi tidur bersama mayat di atas kasur menandakan umur yang panjang. Dan jika seseorang bermimpi melihat mayat yang sedang mengerjakan shalat tidak pada tempatnya, tetapi shalat tersebut seperti shalat yang pernah dilakukannya ketika ia hidup di dunia berarti bahwa pahala amal kebajikan dan harta yang disedekahkan atau diwakafkan yang telah ia lakukan di dunia telah sampai kepadanya. Namun jika sebelumnya mayat tersebut adalah seorang penguasa atau pemimpin, maka itu menandakan bahwa keturunannya akan mendapatkan kekuasaan seperti kekuasaannya. Adapun jika seseorang bermimpi melihat mayat yang sedang melakukan shalat di tempat ia mengerjakan shalat ketika hidupnya, maka itu menandakan baiknya agama orang-orang sesudahnya, karena orang yang sudah meninggal tidak dapat lagi beramal untuk dirinya sendiri. Mimpi melihat orang yang sudah mati mengimami orang-orang  yang masih hidup menandakan bahwa mereka memiliki umur yang pendek, karena mereka mengikuti orang yang telah mati.
Jika dalam tidurnya seseorang bermimpi mengikuti mayat dan menapaki setiap langkahnya ketika ia keluar masuk suatu tempat berarti orang tersebut akan meniru perbuatan orang yang sudah meninggal itu, baik perbuatan yang menimbulkan kebaikan ataupun perbuatan yang mengakibatkan kerusakan. Adapun mimpi melihat mayat yang berada dalam mesjid ditakwilkan bahwa mayat tersebut selamat dari azab Allah, karena mesjid adalah tempat yang terjaga keamanannya.
Apabila seseorang bermimpi bahwa seorang yang sudah meninggal mangadukan dan mengeluh tentang sakit kepala yang menyerangnya berarti mayat tersebut sedang ditanyai tentang perbuatannya yang melalaikan perintah kedua orang tua atau pemimpinnya. Sedangkan jika mayat itu mengeluhkan sakit pada lehernya berarti ia sedang ditanyai tentang perlakuannya yang menyia-nyiakan harta atau enggan untuk menafkahi isterinya. Dan jika seseorang yang sudah meninggal terlihat dalam mimpi bahwa ia mengadukan sakit pada tangannya berarti ia sedang di tanyai tentang saudara laki-laki dan saudara perempuannya, atau partnernya, atau sumpah palsu yang diikrarkannya. Adapun jika seseorang bermimpi melihat orang yang sudah meninggal mengeluhkan sakit pada lambung, pinggang, pinggul atau rusuknya berarti ia sedang ditanyai tentang hak isterinya. Jika mayat tersebut mengeluhkan sakit pada perutnya, maka itu pertanda bahwa ia sedang ditanyai tentang orang tua, karib kerabat dan hartanya. Sedangkan jika orang yang sudah mati itu mengeluhkan sakit pada kakinya, maka itu menandakan bahwa ia sedang ditanyai tentang harta yang ia keluarkan di luar keridhaan Allah SWT. Adapun jika seorang yang sudah wafat mengeluhkan sakit pada pahanya berarti ia sedang diintrogasi tentang keluarganya dan perbuatannya yang memutuskan tali silaturrahmi. Serta jika mayat yang dilihat dalam mimpi itu mengadukan sakit pada betisnya berarti ia sedang ditanyai tentang hidupnya yang ia habiskan dalam kebathilan atau kedurhakaan.
Jika dalam tidurnya seseorang bermimpi dipanggil oleh seorang yang sudah mati dari tempat yang tidak kelihatan lalu ia memenuhi panggilan tersebut dan pergi bersama mayat tersebut tanpa kuasa untuk menolaknya, maka itu menandakan bahwa ia akan meninggal dunia dalam penyakit yang serupa dengan penyakit orang yang sudah meninggal itu. Atau mimpi ini menandakan bahwa sebab kematian orang yang melihat mimpi tersebut akan sama dengan sebab kematian mayat yang memanggilnya, seperti karena tubuhnya hancur, tenggelam, atau tersentak kaget.
Demikian pula jika seseorang bermimpi berjalan bersama orang yang sudah mati dan masuk ke sebuah rumah atau kampung yang tidak dikenal, lalu ia tidak kunjung keluar dari sana, hal itu juga menandakan ia akan segera meninggal dunia. Barangsiapa bermimpi melihat orang yang sudah wafat berkata kepadanya, "Kamu akan meninggal pada hari begini-begini," maka perkataannya itu adalah benar. Sedangkan jika seseorang bermimpi berjalan mengikuti orang yang sudah mati, tetapi tidak ikut masuk ke dalam suatu rumah atau kampung, atau masuk bersamanya kemudian keluar lagi berarti ia akan mengalami musibah yang nyaris merenggut nyawanya, dan akhirnya selamat. Dan jika seseorang bermimpi melakukan perjalanan jauh bersama orang yang sudah mati berarti kabar tentang kedaan-nya akan samar-samar atau tidak jelas.