Halaman 77

Diriwayatkan bahwa Harun ar-Rasyid bermimpi melihat Malaikat Maut as-dimisal-kan untuknya-, maka ia berkata, "Wahai Malaikat Maut, berapa lagi yang tersisa dari umurku?" Lalu Malaikat Maut memberikan isyarat dengan membukakan kelima jari telapak tangannya. Maka ia terjaga dengan perasaan takut sambil menangis karena mimpi tersebut. Kemudian ia menceritakan mimpi tersebut kepada tukang bekam dan menanyakan perihal tafsirannya. Orang itu berkata, "Wahai Amirul Mukminin, sesungguhnya ia (Malaikat Maut) memberitahukan kepada kamu bahwa yang lima jari itu menandakan lima hal yang hanya diketahui oleh Allah, yang terkandung dalam ayat ini, "Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi MahaMengenal" (QS. Luqman: 34)
Maka Harun pun tertawa dan bergembira kembali setelah mendengar tafsiran itu. Adapun jari-jari pada tangan kiri melambangkan anak-anak dari saudara laki-laki dan perempuan.
Kuku di dalam tafsirannya melambangkan kekayaan dunia. Jika seseorang bermimpi melihat kukunya berwarna putih, berarti ia dapat menghafal dan memahami sesuatu dengan cepat. Kuku-kuku yang ukurannya pas dengan yang semestinya menandakan kehidupan sprituil dan materil yang baik. Melakukan suatu pekerja-an dengan kuku menandakan tipu muslihat dalam mencari kehidupan dunia.
Kuku yang panjang dan bagus melambangkan kekayaan, pakaian dan kesiapan persenjataan untuk menghadapi musuh atau kesiapan harta dan dalil-dalil atau bukti-bukti untuk mencegah bahaya yang mereka timbulkan. Sedangkan jika seseorang bermimpi memiliki kuku yang panjang melebihi batas sampai-sampai ia sendiri khawatir bahwa kukunya itu akan patah, berarti ada orang lain yang akan menguasai urusan yang ia pegang sehingga menimbulkan kerusakan, dimana orang tersebut bertujuan untuk menghabiskan seluruh hartanya. Mimpi memotong kuku ditafsirkan sebagai pembayar-an zakat fitrah. Barangsiapa bermimpi disuruh okh seorang yang sudah tua untuk memotong kukunya, maka itu menandakan bahwa kakeknya menyuruhnya agar mawas diri dan menjaga ke-dudukan dan kehormatan.
Apabila seorang pria bermimpi mewarnai kuku-kukunya dengan inai, itu menandakan bahwa ia banyak bertasbih. Sedangkan bagi kaum wanita, mimpi seperti ini menandakan kebaikan soaminya kepadanya. Namun jika kukunya tidak bisa diberi pewaraa, berarti suaminya udak memperlihatkan rasa cinta kepadanya. Apa-bda seorang lelaki bermimpi melihat telapak tangannya diwarnai dengan warna yang aneh lagi buruk, maka ia akan mendapatkan kesusahan dalam mencari nafkah. Adapun jika yang dibei pewarna itu adalah tangan kanannya, itu menandakan bahwa ia akan membunuh seorang pria. Dan jika kedua tangannya diwarnai dengan inai, itu menunjukkan bahwa ia akan memperlihatkan apa yang ada padanya, dari kebaikan, keburukan, kekayaan, penghasilan, dan hasil kerajinan atau industri.
Jika di dalam tidurnya seseorang bermimpi melihat kedua tangannya dilukis dengan menggunakan inai, berarti ia akan melakukan tipu daya terhadap rumahnya dengan mencuri beberapa perabotan untuk dijual. Hal itu disebab-kan pekerjaannya yang tidak mencukupi, kemudian musuhnya akan bergembira atas kesulitan yang ia alami serta menghinanya. Dan jika yang melihat mimpi itu adalah seorang wanita, maka itu berarti ia akan melakukan segala daya dan upaya untuk menghias dirinya dalam suatu urusan yang benar. Dan jika pewarna tersebut menggunakan Lumpur, berarti ia banyak bertasbih memuji Allah Ta'ala. Namun jika lukisan yang ada di tangannya itu luntur, maka anaknya akan ditimpa suatu musibah. Adapun jika seorang wanita bermimpi melihat tangannya diwarnai atau dicelup dengan emas, itu menandakan bahwa ia akan memberikan hartanya kepada suaminya atau ia akan mendapatkan kegembiraan dari suaminya itu. Sedangkan jika seorang pria bermimpi tangannya diwarnai atau ditato dengan emas, maka itu menandakan bahwa ia akan melakukan suatu tipu daya serta menghabiskan harta dan penghidupannya untuk hal tersebut.
Adapun bulu ketiak yang kelihatan panjang di dalam mimpi, maka itu menandakan hajat yang terpenuhi. Allah SWT berfirman, "Dan kepit-kanlah tanganmu ke ketiakmu niscaya ia keluar menjadi putih cemerlang tanpa cacat, sebagai mukjizat yang lain (pula)." (QS. Tha Ha: 22)