Halaman 120

Bermimpi memegang piring besar berisi bubur dan memakannya berarti umurnya yang sudah habis sebanyak bubur yang dimakannya dan umurnya tinggal sebanyak bubur yang tersisa dalam piring itu.
Pada dasarnya, bubur melambangkan hidup seseorang.
Bermimpi memegang piring besar berisi bubur yang banyak minyaknya sehingga ia tidak sanggup untuk memakannya menunjukkan bahwa ia akan mengumpulkan harta yang dimakan oleh orang lain.
Bermimpi memegang piring berisi bubur yang tidak berminyak dengan makanan yang tidak baik, ia makan dengan tergesa-gesa sampai ia beristirahat menunjukkan mengharapkan kematian karena menghadapi keadaan yang berat. Bermimpi memegang piring berisi bubur dan ia tidak memakannya karena takut menghabiskannya berarti ia takut akan datangnya kematian karena ia memiliki harta yang banyak.
Kuah sup yang tidak berminyak berarti sifat bakhil. Bubur sup yang tidak berdaging berarti pekerjaan yang bersih dan ia menahan diri dalam menjalaninya; jika kuahnya tidak tetap mengandung minyak menunjukan pekerjaan yang tidak baik dan akan mendapat kefakiran. Bubur sup yang dimasak dengan daging binatang buas melambangkan orang yang bermimpi akan diikuti oleh kaum yang zalim yang takut dan benci kepadanya, atau antara ia dan kaum itu terjadi kezaliman dalam perdagangan. Adapun lemak yang ada dalam bubur adalah manfaat perdagangan yang haram; jika supnya tidak berlemak berarti tidak ada manfaat padanya.
Kuah sup yang dimasak dengan daging anjing menunjukkan kekuasaan yang buruk terhadap suatu kaum yang bodoh atau perdagangan yang buruk, atau membuat sesuatu yang tidak baik dengan suatu kaum. Bermimpi memakan semua bubur yang ada berarti ia akan mati dalam kehinaan dan kefakiran. Bubur yang di­masak dengan daging burung buas berarti hubungan zalim dan penuh tipu daya dengan suatu kaum dalam harta yang haram.
Ringkasnya, secara kaidah umum takwil mimpi, bubur melambangkan kehidupan sese­orang, usaha, dan penghidupan yang memberi manfaat kepadanya sesuai dengan banyaknya lemak yang ada, juga dari segi halal dan haram menurut inti dagingnya.
Padi-padian berarti harta yang diperoleh dari perasaan dendam dan kesusahan; jika mentah berarti kerugian dan penyakit.
Pada dasarnya, dalam kaidah umum ilmu takwil, mimpi memakan makanan yang manis-manis menunjukkan kehidupan yang baik, keselamatan dari bahaya serta akan memperoleh kebahagiaan dan kesenangan.
Bermimpi melihat tebu berarti ia akan mendapati perkataan yang baik dan bagus berulang kali. Sebutir gula berarti akan bertemu dengan kekasih atau anak. Gula yang banyak berarti perkataan atau apa yang dikatakan kepadanya.
Air madu yang belum diperas dan madu lebah menunjukkan akan memperoleh harta warisan yang baik, atau mendapat harta rampasan perang, atau dari hasil. Gula yang banyak berarti perkataan atau apa yang dikatakan kepadanya. Air madu yang belum diperas dan madu lebah menunjukkan akan memperoleh harta warisan yang baik, atau mendapat harta rampasan perang, atau dari hasil kerjasama.
Siapa yang bermimpi memegang manisan yang diletakkan menunjukkan ilmu yang mulia yang dimilikinya; jika ia melihat ia menghidangkannya untuk manusia berarti ia akan membacakan Al-Qur'an kepada manusia dengan lagu yang bagus.
Bagi ahli agama madu berarti manisnya iman, bacaan Al-Qura'an, dan amal kebaikan. Sedangkan bagi orang yang sibuk dengan dunia berarti akan memperoleh harta rampasan perang dengan mudah tanpa harus bersusah payah. Kami berpendapat bahwa madu dapat menjadi obat juga berarti Al-Qur'an karena Allah SWT menyifat-kan Al-Qur'an itu dengan obat.