Halaman 79

Adapun mimpi melihat bulu tubuh yang berwarna putih menandakan kerugian besar yang hampir mengakibatkan kebinasaan. Sedangkan bagi orang miskin, mimpi ini menandakan bahwa ia dapat melunai hutangnya. Jika seseorang bermimpi melihat bulu tubuhnya berubah menjadi bulu binatang ternak atau binatang buas, berarti ia akan terperosok ke dalam jurang kepedihan dan kesusahan.
Suka bersempit dada merupakan sifat yang sesat. Oleh karena itu, jika seseorang yang sedang berada di bawah jaminan pemerintahan Islam bermimpi seolah-olah ia berdada sempit, maka itu menandakan kalau ia akan menderita kerugian besar pada hartanya. Dan ada yang menafsirkan bahwa dada yang lapang di dalam mimpi menandakan kedermawanan, sedangkan dada yang sempit menandakan kebakhilan. Adapun bulu yang tumbuh di dada ditafsirkan sebagai hutang.
Jika seseorang bermimpi melihat dadanya berubah menjadi batu, itu menandakan bahwa ia berhati keras atau tidak berperasaan. Suatu hari, seorang lelaki mendatangi Ibnu Sirin dan berujar, "Aku bermimpi melihat banyak bulu tumbuh di dadaku lalu aku mengepangnya." Maka Ibnu Sirin berkata, "Kamu akan dipercayai suatu amanat lalu kamu menjalankannya (dengan baik)." Mimpi berlapang dada juga menandakan kesabaran dan kemurahan hati.
Payudara ditafsirkan sebagai isteri dan anak perempuan. Oleh karena itu, mimpi melihat payudara yang indah menandakan kebaikan yang tampak pada isteri dan anak perempuan. Sebaliknya payudara yang jelek atau cacat menandakan keburukan yang akan tampak pada kehidupan mereka. Jika seseorang bermimpi melihat dirinya terikat oleh payudaranya, itu berarti ia akan berzina lalu melahirkan seorang anak dari perbuatan tersebut, sebagaimana sabda Rasulullah saw: Pada suatu malam (Malam Isra' Mi'raj) aku dijalankan (oleh Allah) dan aku melihat seorang perempuan yang terikat oleh payudaranya. Maka aku berkata, "Wahai Jibril, siapakah wanita ini?" Ia menjawab, "Sesungguhnya ia telah melahirkan anak dari perbuatan zina." Dan diriwayatkan bahwa seseorang datang menghadap Ibnu Sirin seraya berkata, "Aku bermimpi memiliki payudara yang besar, (di-mana) besarnya telah mencapai batas." Maka Ibnu Sirin menjawab, "Kamu akan berzina dengan mahrammu, dan itu adalah karena payudara itu berasal dari perbuatan (zina) tersebut." Dan jika seorang lelaki bermimpi menggauli payudara mahramnya, itu menandakan bahwa ia melakukan nikah dengan mahramnya.
Dikatakan bahwa mimpi memiliki payudara yang ada susu di dalamnya, bagi bujangan itu menandakan bahwa ia akan menikah dan dikaruniai anak. Jika yang melihat mimpi itu seorang fakir miskin, maka ia akan memperoleh kemudahan. Adapun bagi anak muda, mimpi ini menandakan bahwa ia berumur panjang. Sedangkan bagi seorang perempuan mimpi tersebut menandakan kehamilan atau kelahiran anaknya. Bagi perempuan yang sudah lanjut usia, mimpi ini menandakan kemiskinan dan kehilangan harta benda. Dan bagi gadis-gadis perawan, mimpi ini menandakan perkawinanya. Sedangkan bagi anak perempuan yang masih kecil, mimpi ini adalah pertanda kematiannya.
Apabila seorang pria bermimpi mempunyai payudara yang panjang sampai memukul dadanya, berarti ia akan jatuh ke dalam perbuatan yang tidak diridhai oleh Allah Ta'ala. Namun ada yang mentakwilkan bahwa mimpi tersebut adalah pertanda kematian anak-anaknya, tetapi apabila ia tidak memiliki seorang anak pun, maka itu berarti ia akan mengalami kemiskinan dan kesedihan. Jika seorang wanita bermimpi memiliki payudara yang panjangnya melebihi yang batas yang semestinya, berarti ia akan mengalami kesedihan yang melampaui batas, karena kaum perempuan akan mengelus buah dadanya ketika sedang ditimpa kedukaan. Barang-siapa bermimpi menyusu dari seorang perempuan, maka ia akan menderita suatu penyakit, kecuali jika isterinya sedang mengandung, sebab itu menandakan kelahiran putranya. Dan jika yang melihat mimpi itu seorang wanita, maka ilu benrti ia akan melahirkan anak perempuan.