Halaman 44

Sedangkan mimpi melihat seorang mayat hidup kembali menandakan bahwa urusan yang sebelumnya rusak dan kacau balau akan membaik kembali dan kesulitan akan berakhir pada kemudahan, dan itu disebabkan oleh hal-hal yang tidak disangka-sangka sebelumnya. Sedangkan mimpi melihat orang hidup berubah menjadi mayat menandakan bahwa urusan orang yang melihat mimpi ini akan menjadi kacau, karena dalam hal ini hidup melambangkan kemudahan dan kematian melambangkan kesusahan. Dan jika sese-orang bermimpi melihat mayat-mayat yang mendapatkan berita gembira berarti keadaannya baik di sisi Allah SWT, karena mereka berada di kampung kebaikan. Namun jika dalam mimpinya ia tidak melihat mereka mendapatkan kabar gembira atau mereka berpaling darinya, maka itu menandakan bahwa keadaannya buruk di sisi Allah SWT. Rasulullah saw bersabda, "Cukuplah bagi salah satu dari kalian bahwa ia di beri nasihat ketika tiduraya." (al-Hadits).
Dan jika seseorang bermimpi bertemu dengan seorang mayat lalu mayat itu memberitahukan kepadanya bahwa ia tidak mati, maka itu menandakan bahwa keadaan mayat itu baik di akhirat, sebagaimana firman-Nya, "Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur dijalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki." (QS. Ali 'Imran: 169) Demikian pula jika ia melihat mereka memakai mahkota dan cincin-cincin atau melihat mereka duduk di atas dipan-dipan.
Adapun jika seseorang bermimpi melihat mayat yang berpakain hijau, itu menandakan bahwa mayat tersebut mati syahid dan mimpi ini juga menandakan baiknya keadaan mayat tersebut di akhirat, begitu juga keadaan keadaan keluarga dan anak-anak yang ditinggalkannya di dunia ini.
Adapun mimpi melihat mayat yang sedang tertawa menandakan bahwa mayat tersebut telah diampuni, sesuai dengan firman Allah SWT, "Banyak muka pada hari itu berseri-seri, tertawa dan gembira ria." (QS. 'Abasa: 38-39)
Apabila seseorang bermimpi melihat mayat yang riang gembira tetapi ia tidak berbicara dan menyentuhnya berarti mayat tersebut puas dengan pahala kebajikan yang ia kirimkan kepadanya. Sedangkan jika seseorang bermimpi melihat mayat yang memalingkan wajah dan bermuka cemberut serta seolah-olah memukulnya, itu menandakan bahwa orang yang melihat mimpi ini telah melakukan maksiat. Namun ada ahli takwil yang mentakwilkan bahwa jika seseorang bermimpi dipukul oleh mayat berarti ia akan membayarkan hutang mayat tersebut. Apabila seseorang bermimpi melihat mayat yang seolah-olah lebih kaya darinya, itu menandakan baiknya keadaan mayat tersebut di akhirat. Sedangkan jika mayat tersebut terlihat miskin, itu menandakan bahwa mayat itu miskin amal kebaikan. Mimpi melihat mayat telanjang manandakan bahwa mayat tersebut keluar dari dunia ini dalam keadaan telanjang dari kebaikan. Dan ada yang mentakwilkan bahwa mimpi melihat mayat dalam keadaan telanjang menandakan ketenangan dan kenyamanannya.
Barangsiapa bermimpi melihat beberapa kaum yang ia kenal bangkit dari suatu tempat dengan pakaian yang baru-baru dan dalam keadaan bergembira, maka segala urusan mereka dan orang-orang sesudah mereka akan hidup kembali serta mereka akan mendapatkan kesejahteraan dan kerajaan mereka kembali. Sedangkan jika mereka terlihat dalam keadaan bersedih atau memakai pakaian yang kumuh, itu berarti mereka akan mengalami kemiskinan serta melakukan perbuatan-perbuatan yang keji. Adapun melihat mayat-mayat bangkit dari kuburan yang sudah diketahui letaknya menandakan bahwa penghuni kuburan itu sedang disiksa, dan mimpi ini ditujukan ke-pada orang-orang munafik.