Halaman 62

Barangsiapa bermimpi memakan kepala orang mentah-mentah, berarti ia akan memfitnah seorang pemimpin lalu mendapatkan harta dari pemimpin lainnya. Namun apabila ia bermimpi memakan kepala seseorang yang sudah dimasak, berarti ia akan memakan atau menghabiskan modal pokok orang tersebut, itu jika ia mengenalnya. Sedangkan jika ia tidak mengenalnya, itu menandakan hartanya (sendiri) yang ia makan atau habiskan. Jika seseorang bermimpi mengambil modal pokoknya dengan tangan-nya sendiri, berarti ia akan mendapatkan harta maksimal Idiyat dan minimalnya 10.000 dirham. Dan mimpi ini menandakan bahwa ia akan me-ngadakan perjanjian dengan orang yang ber-hutang kepadanya. Allah berfirman,".... Dan jika  kamu bertobat [dari pengambilan riba], maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya." (QS. al-Baqarah: 279)
Mimpi melihat kepala sendiri terputus tanpa dipenggal menandakan bahwa orang yang melihat mimpi ini akan meninggalkan pemimpin-nya. Jika ia membawa kepalanya dari tempat tersebut, maka kedudukannya sebagai pemimpin akan terlepas. Adapun jika seseorang bermimpi dipenggal kepalanya lalu ia membawa dan meletakkannya kembali pada tempatnya, dan kepalanya sehat seperti sedia kala, berarti ia akan terbunuh ketika berjihad. Dan jika kepalanya terpisah dari badannya dan ia menjaga-nya, itu berarti bahwa ia akan memperoleh harta sesuai banyak hutangnya dan jika ia sedang sakit maka ia akan disembuhkan. Sedangkan kepala yang terletak di atas tombak atau kayu menandakan seorang pemimpin yang terhormat dan berkedudukan tinggi. Melihat kepala seseorang di atas nampan dengan berlumuran darah menandakan bahwa orang itu adalah pemimpin yang didustai.
Jika seorang yang sedang sakit bermimpi melihat kepalanya dipengggal sampai terputus, maka itu menandakan ia akan sembuh dari penyakitnya. Sedangkan bagi orang yang berhutang, ini menandakan bahwa hutangnya akan lunas. Bagi seorang masih bujang mimpi ini menandakan bahwa ia akan menunaikan ibadah haji. Dan bagi orang yang sedang berada dalam peperangan atau penderitaan, mimpi ini menandakan bahwa ia akan mendapatkan kemenangan dan terlepas dari penderitaan tersebut. Jika ia mengenal orang yang memenggalnya, maka hal itu akan terjadi pada orang tersebut. Adapun jika yang memenggalnya seorang anak kecil yang belum baligh, berarti ia akan mendapatkan ketenangan dan kelapangan dari kepedihan dan penyakit, yaitu kematian. Apabila yang melihat mimpi itu seorang yang terkenal shaleh, maka itu menandakan bahwa ia akan menemui Allah SWT dalam keadaan yang baik serta ia akan di lapangkan dari segala kesulitan. Demikian pula tafsirannya jika yang melihat mimpi tersebut seorang wanita yang
melahirkan, orang yang sakit perut, orang yang sedang berada di lautan musuh atau tempat dan kejadian yang dapat menyebabkan mati syahid. Namun jika orang yang melihat mimpi tersebut tidak sedang dalam kepedihan atau situasi-situasi yang disebutkan di atas, maka itu berarti nikmat yang mengalir kepadanya akan terputus, ia akan terpisah dari kelompok pemimpinnya, kekuasaan atau kerajaan yang ia pimpin akan musnah dan keadaannya akan berubah total.
Barangsiapa bermimpi melihat seorang raja atau penguasa memotong kepalanya sendiri,
berarti Allah SWT akan menyelamatkan raja atau penguasa itu dari kesedihan dan menolongnya dalam segala urusan. Sedangkan jika seseorang bermimpi melihat raja yang memotong leher rakyatnya, itu menandakan bahwa raja tersebut akan memaafkan orang-orang yang telah berbuat salah serta menjaga keselamatan leher-leher mereka. Adapun mimpi melihat pemenggalan leher pada kerajaan-kerajaan menandakan kemerdekaan dari perbudakan. Dan ada yang menafsirkan bahwa siapa bermimpi melihat lehernya dipenggal karena putusan hakim, para perampok atau dalam peperangan dan sebagainya, itu menandakan bahwa ia adalah seorang yang tercela, itu jika ia masih memiliki kedua orang tua dan seorang putra. Hal itu adalah karena kepala dalam mimpi melambangkan kedua orang tua, sebab keduanya adalah asal kehidupan dan di samping itu kepala juga melambangkan anak, karena roman wajah seseorang biasanya menyerupai orang tuanya. Dan jika yang melihat mimpi ini adalah seorang yang sedang dalam ketakutan atau mendapatkan putusan mati dari hakim, berarti ia akan memperoleh pujian dan nama baik, karena bencana atau wabah hanya menimpa manusia sebanyak satu kali bukan dua kali. Adapun jika yang melihat mimpi ini seorang tukang tukar uang atau pemilik modal usaha, maka itu menandakan kebangkrutannya. Dan jika yang melihatnya seorang musafir, itu adalah pertanda kepulangannya. Sedangkan jika yang melihat mimpi ini sedang dalam permusuhan, maka itu berarti ia akan menang, karena kesehatan badan akan lenyap jika kepalanya dipotong.