Halaman 39

Oleh karena itu, barangsiapa bermimpi berada di sebuah peperangan lalu ia melarikan diri dari peperangan itu berarti ia meninggalkan kerja keras untuk keluarganya dan memutuskan tali silaturrahmi, ditambah lagi kehidupan beragamanya yang rusak. Allah SWT berfirman, "Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan?" (QS. Muhammad: 22)
Jika dalam tidurnya seseorang bermimpi pergi berjihad, maka ia akan mendapatkan kemenangan, penghargaan yang baik dan derajat yang tinggi, karena Allah berfirman, "Tidaklah sama antara Mukmin yang duduk [yang tidak turut berperang] yang tidak mempunyai uzur dengan orang-orang yang berjihad dijalan Allah dengan harta mereka dan jiwanya. Allah melebihkan orang-orang yang berjihad dengan harta dan jiwanya atas orang-orang yang duduk satu derajat. Kepada masing-masing mereka Allah menjanjikan pahala yang baik [surga] dan Allah melebihkan orang-orang yang berjihad atas orang yang duduk dengan pahala yang besar." (QS. an-Nisa': 95)
Dan apabila seseorang bermimpi melihat sekelompok orang yang pergi berjihad berarti mereka akan memperoleh kemenangan, kekuatan dan kekuasaan. Begitu juga jika seseorang bermimpi memerangi kaum kafir sendirian dan dia mengayunkan pedangnya ke kiri dan ke kanan, karena mimpi ini menandakan bahwa ia akan mengalahkan musuh-musuhnya.
Adapun mimpi memenangkan sebuah per-tempuran menandakan keuntungan dalam per-niagaan. Dan apabila seorang prajurit bermimpi menyerang musuhnya, maka ia akan mendapatkan harta rampasan perang yang banyak. Sedang-kan mimpi mati di jalan Allah SWT menandakan kebahagiaan atau rezeki dan kemuliaan. Allah SWT berfirman, "Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur dijalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki." (QS. Ali 'Imran: 169)
Adapun mimpi menaklukkan sebuah kota dalam perang menandakan terbukanya pintu-pintu dunia.
[Kami diberitahu oleh al-Walid ibn Ahmad az-Zuzani dari Abdurrahman ibn Abu Hatim dari Muhammad ibn Yahya al-Wasithi dari Muhammad ibn al-Hasan al-Barjalani dari Yahya ibn Bassam bahwa] Umar ibn Shabih as-Sa'idi berkata, "Dalam tidurku aku bermimpi melihat Abdul Aziz ibn Sulaiman al-'Abid sedang memakai pakaian yang berwarna hijau dan di atas kepalanya terdapat sebuah mahkota yang terbuat dari mutiara. Maka aku berkata, 'Wahai Abu Muhammad, bagaimana keadaanmu setelahku? Dan bagaimana kamu rasa kematian yang kamu alami? Serta bagaimana pendapatmu tentang segala hal yang ada di sana?" Lalu ia menjawab, 'Adapun kematian, jangan tanya betapa pedih dan menyedihkan azab kematian, kecuali jika Allah Menutupi semua aib atau kesalah yang dilakukan, dan kami tidak akan mendapatkannya kecuali karena kebaikan Allah Azza wa Jalla."
Syekh Abu Sa'ad ra mengatakan bahwa kematian dalam mimpi menandakan penyesalan atas suatu perkara besar. Oleh karena itu, barangsiapa bermimpi meninggal dan hidup lagi, maka ia akan melakukan perbuatan dosa lalu bertobat, sebagaimana firman Allah SWT, "Mereka menjawab, 'Ya Tuhan kami Engkau telah mematikan kami dua kali dan telah menghidupkan kami dua kali [pula], lalu kami mengakui dosa-dosa kami. Maka adakah sesuatu jalan [bagi kami] untuk keluar [dari neraka]?" (QS. al-Mukmin: 11)
Dan jika seseorang bermimpi meninggal dunia tanpa ada penyakit atau keadaannya tidak seperti orang yang akan meninggal, maka itu menandakan bahwa ia akan berumur panjang. Sebaliknya jika seseorang bermimpi seolah-olah ia tidak akan mati, maka itu menandakan kalau sebentar lagi ia akan mati. Sedang-kan jika dalam mimpinya seseorang mengira bahwa ia tidak akan mati selamanya, maka ia akan terbunuh di jalan Allah Azza wa Jalla.