Halaman 73

Jika seorang perempuan bermimpi memiliki jenggot, berarti ia tidak akan melahirkan anak untuk selamanya. Ada yang menafsirkan bahwa ia akan ditimpa penyakit. Dan ada juga yang menafsirkan bahwa itu melambangkan kelebihan harta suami dan kekayaan serta kedudukan anak-nya. Dan dikatakan juga bahwa jika wanita itu telah menikah, maka mimpi ini menandakan bahwa suaminya akan menghilang. Adapun jika ia sedang hamil, itu berarti ia akan melahirkan seorang putra lalu hidupnya pun berakhir.
Sebagian penafsir mimpi menyatakan bahwa siapa yang bermimpi memiliki jenggot yang panjang dan lebat, itu menandakan bahwa umurnya panjang dan hartanya akan bertambah. Dan dikatakan bahwa mimpi melihat segala sesuatu yang timbul sebelum waktunya adalah pertanda buruk. Seperti: mimpi melihat anak kecil yang berjenggot atau beruban dan mimpi melihat anak kecil laki-laki dan perempuan melakukan perkawinan. Demikianlah (takwil) mimpi melihat hal-hal yang terjadi sebelum waktunya, kecuali dalam hal perkataan. Hal itu disebabkan bahwa perkataan dalam mimpi melambangkan kebaikan, karena pada dasarnya manusia ialah hewan yang berbicara. Jika seorang anak kecil yang belum baligh bermimpi memiliki jenggot berarti ia akan meninggal dunia sebelum sampai kepada waktu balighnya, karena ia telah sampai dan melewati waktu dimana ia mesti memiliki jenggot. Sedangkan jika umur anak itu tidak jauh dari waktu tumbuhnya jenggot, itu menandakan kalau ia akan hidup sendiri dan bekerja untuk kebutuhan hidupnya. Diriwayatkan bahwa seorang pria datang kepada Ibnu Sirin dan berkata, "Aku bermimpi seolah-olah jenggotku memanjang sedangkan jambangku tidak." Maka Ibnu Sirin berkata, "Kamu akan mendapatkan apa yang orang lain tidak bergembira dengannya."
Jika seseorang bermimpi melihat rambut tumbuh di bawah bibirnya berarti ia selalu menyebut-nyebut dan membangga-banggakan bantuan yang ia berikan dan ia akan hidup di antara masyarakatnya dengan sikap seperti itu. Dan segala sesuatu yang terjadi pada rambut yang tumbuh di bawah bibir disamakan takwilannya dengan apa-apa yang telah disebutkan di atas.
Barangsiapa bermimpi melihat setengah jenggotnya terpotong, maka ia akan jatuh miskin dan kehilangan kedudukannya. Jika yang memotong jenggotnya itu seorang anak muda yang tidak di kenal, berarti ia akan jatuh dari kedudukannya karena seorang musuh yang ia kenal, atau yang sama namanya atau yang mukanya agak mirip dengannya. Sedangkan jika yang memotong jenggotnya itu adalah orang yang sudah tua, berarti kedudukannya akan hilang karena hukuman panjang yang ia jalani. Dan jika ia tidak mengetahui siapa yang memotong setengah jenggotnya, berarti kedudukannya akan hilang di tangan seorang pemimpin yang kuat dan licik tanpa dasar atau sebab apa pun. Barangsiapa bermimpi melihat jenggotnya terpotong, maka harta dan jabatannya akan hilang sebanyak jenggot yang terpangkas. Dan siapa bermimpi melihat jenggotnya dicukur habis, berarti ia akan kehilangan muka di antara keluarganya dan mengalami kebangkrutan. Mimpi memangkas jenggot lebih mudah takwilannya daripada mimpi mencabut jenggot. Namun kadangkala mencabut jenggot dalam mimpi dapat diartikan sebagai perbaikan situasi, asal tidak melukai wajah, tetapi perbaikan itu akan menyulitkannya.
Diriwayatkan bahwa seorang lelaki datang kepada Ibnu Sirin lalu berkata, "Aku bermimpi seolah-olah menggenggam jenggot pamanku lalu mengguntingnya sampai habis ke akar-akarnya." Maka Ibnu Sirin berkata, "Sesungguhnya kamu akan memakan warisan pamanmu sebab ia tidak memiliki ahli waris selain kamu. Lalu jika kamu mendapatkan sesuatu dari harta tersebut, kamu akan mewariskan hartamu sebanyak itu pula."