Saturday, June 2, 2012

Halaman 31

Adapun mimpi menjaga shalat menandakan kemuliaan dan kedudukan, sebagaimana firman Allah SWT, "Dan orang-orang yang memlihara shalatnya. Mereka itu [kekal] lagi dimuliakan." (QS. al-Ma'arij: 34 -35)
Jika seseorang bermimpi menyelesaikan shalat Jum'atnya lalu dia keluar dari mesjid, maka ia akan memperoleh kebaikan dan rezeki dari Allah SWT, sebagimana firman-Nya, "Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." (QS. al-Jumu'ah: 10)
Seorang ulama yang bernama Abdullah ibn Hamid bercerita kepada kami dari Ibrahim ibn Muhammad al-Harawi dari Abu Syakir Maisarah ibn Abdullah dari Abu Abdullah al-'Ajli dari 'Amru ibn Muhammad bahwa Abdul Aziz ibn Abu Dawud berkata, "Seorang lelaki yang tinggal di pedalaman gurun pasir selesai mendirikan sebuah mesjid, lalu dia meletakkan di tengah-tengahnya tujuh buah batu. Setelah melakukan shalatnya orang tersebut berujar, 'Wahai batu-batu, aku bersaksi kepadamu bahwa tiada Tuhan selain Allah.' Kemudian dia jatuh sakit lalu meninggal dunia dan naik bersama rohnya." Abdul Aziz melanjutkan, "Lalu dalam tidurku aku bermimpi melihatnya berkata, 'Aku diperintahkan ke neraka, kemudian aku melihat salah satu dari batu-batu itu membesar sehingga menyumbat salah satu dari pintu neraka. Dia berkata, 'Sampai sisa batu itu menyumbat dariku semua pintu-pintu neraka Jahannam."'
Syekh Abu Sa'ad ra menyatakan bahwa siapa yang dalam mimpinya melihat sebuah mesjid yang tertata rapi dan ramai, maka sesungguhnya mesjid itu menandakan seorang laki-laki 'alim yang kepadanya manusia berkumpul dalam majelis-majeh's yang membicarakan keshalehan, kebajikan, dan menyebutkan nama Allah Azza wa Jalla. Sebagaimana firman-Nya, ".... Dan mesjid-mesjid yang dalamnya banyak disebut nama Allah ...." (QS. al-Hajj: 40)
Sedangkan jika seseorang bermimpi melihat sebuah mesjid yang roboh berarti di sana akan meninggal dunia sebagai seorang ulama besar. Adapun mimpi membangun mesjid berarti menyambungkan tali silaturrahmi dan mengumpulkan manusia untuk melakukan kebaikan. Sedangkan bangunan mesjid melambangkan kemenangan atas para musuh, sebagaimana firmanNya, "Orang-orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata, "Sesungguhnya kami akan mendirikan sebuah rumah peribadatan di atasnya." (QS. al-Kahfi: 21)
Barangsiapa bermimpi melihat seseorang yang tidak dikenal mengimami sekelompok jama'ah dalam mesjid sedangkan ketika itu imam mesjid tersebut sedang sakit, maka itu menandakan bahwa imam tersebut akan meninggal dunia. Dan jika seseorang bermimpi melihat mesjid berubah menjadi tempat pemandian, maka ia akan melakukan perbuatan fasik secara diam-diam. Adapun jika seseorang bermimpi melihat rumahnya berubah menjadi mesjid, maka ia akan mendapatkan kemuliaan dan menjadi da'i yang mengajak manusia dari kebatilan kepada kebenaran.
Jika seseorang bermimpi memasuki mesjid bersama suatu kaum lalu mereka membuatkan lubang untuknya, maka itu menandakan bahwa ia akan menikah. Sedangkan mimpi me-lakukan shalat di mihrab menandakan kabar gembira, sebagaimana firman Allah SWT, "Kemudian Malaikat [Jibril] memanggil Zakariya, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab [katanya], 'Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran [seorang putramu] Yahya, yang membenarkan kalimat [yang datang] dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri [dari hawa nafsu] dan seorang Nabi termasuk keturunan orang-orang shaleh." (QS. All 'Imran: 39)

No comments:

Post a Comment