Halaman 115

Bermimpi melihat roti bulat di atas hidangan menunjukkan ada musuh baginya; jika ia bermimpi memakannya menunjukan antara ia dan musuhnya akan saling membantu. Ini adalah perkataan sebagian ahli tafsir mimpi. Memakan hidangan dalam jumlah banyak melebihi kebiasannya menunjukkan umuraya sebanyak makanan yang telah dimakannya; jika hidang-annya diangkat, maka habislah umurnya.
Ada juga sebagian ahli tafsir mimpi yang mengatakan, mimpi menghadapi suatu hidangan yang terdiri dari satu atau dua warna makanan, artinya ia akan mendapat rezeki sampai ke anak-anaknya berdasarkan firman Allah SWT, "... Ya Allah, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit...." (QS. al-Maidah: 114)
Mimpi melihat hidangan juga berarti akan mendapatkan harta rampasan dalam keadaan bahaya, dan jika hidangan itu sudah diangkat mengisyaratkan harta rampasan perang itu sudah habis. Hidangan dalam mimpi diartikan pula dengan makanan dan penghidupan bagi orang yang bermimpi.
Memakan hidangan sendirian artinya ia tidak akan mendapat pertolongan, sedangkan jika ada orang lain bersamanya menghadapi hidangan, itu menujukkan ia akan mendapatkan kawan yang ikut bersamanya, roti bulat yang banyak adalah perbekalan mereka yang banyak, dan jika rotinya sedikit berarti sedikit pula perbekalan mereka. Roti bulat melambangkan kebutuhan hidup untuk setahun.
Bermimpi menghamparkan makanan artinya ia meremehkan atau tidak bersyukur dengan nikmat Allah SWT. Seorang budak yang bermimpi melihat hidangan tuannya keluar dan lari seperti hewan lari, ketika sampai di pintu hidangan itu hancur, ini menunjukkan padanya bahwa istri tuannya akan meninggal pada hari itu, dan semua yang menjadi milik tuan wanita-nya itu akan hancur. Takwil ini diambil berdasarkan kepada hidangan yang di berikan kepada istri tuannya itu menjadi hancur.
Alas makanan atau seprah menandakan akan melakukan perjalanan yang baik dan mendapatkan kelapangan. Seprah juga berarti melakukan perjalanan kepada penguasa dalam suatu urusan yang besar dan akan mendapatkan kelapangan dan kemudahan bagi orang yang melakukannya.
Piring besar terbuat dari kayu melambangkan akan mendapatkan harta dalam perjalanan. Tembikar melambangkan akan segera mendapatkan harta. Bejana-bejana dari perak melambangkan pelayan dalam perdagangan, tempat tinggal dan keistimewaan. Piring cawan dan tempat cuci tangan menunjukkan akan mendapatkan kebaikan dalam mencari penghidupan, ketetapan tempat tinggal, dan suka berinfaq. Disamping itu, cawan diartikan juga dengan seorang wanita 'Ajam (nonArab). Mimpi memasak sesuatu menandakan akan mendapatkan harta yang banyak dari penguasa atau dari raja asing.
Daging tipis lambang dari rezeki yang baik yang dibagikan dan disertai dengan pembicaraan sambil minum. Sedangkan sendok penceduk melambangkan kepala rumah tangga (bendahara) baik dan pemurah yang akan mengalir melalui tangannya untuk menafkahi keluarganya. lungku batu adalah nafsu seorang laki-laki. Seberapa kuat lekatnya tungku batu itu, sekuat itu pula nafsunya pada harta. Bermimpi meminum minyak pertanda akan terkena sihir atau suatu penyakit.
Cuka melambangkan harta yang berkah disertai sifatnya yang menahan diri, sedikit senda gurau dan panjang umur. Mimpi memakan roti dengan cuka yang meresap berarti akan mendapat harta yang kurang bermanfaat dan melemahkan. Cawan cuka melambangkan pelayan wanita yang penyayang. Meminum cuka dalam mimpi menandakan akan menjenguk keluarganya.
Rasa pahit melambangkan penyakit. Piring adalah kesusahan dan kesedihan yang disertai rasa dendam serta manfaat yang sedikit.