Halaman 60

Lalu ia menceritakan mimpi tersebut sambil mengeruk-ngeruk minyak wijen. Maka Ibrahim ibn Abdullah berkata, "Akan lahir untukmu seorang anak perempuan." Dan ia melantunkan ayat di atas dan pada malam harinya anak perempuan itu pun terlahir, sehingga al-Mahdi senang sekali dan memberikan imbalan yang baik kepada Ibrahim ibn Abdullah. Sedangkan jika seseorang bermimpi melihat wajahnya menghitam, ditambah lagi baju-nya kumuh, itu menandakan bahwa ia telah mendustakan Allah SWT. Adapun mimpi melihat wajah hitam yang berdebu menandakan kematian orang yang melihamya.
Diriwayatkan bahwa seorang lelaki datang kepada Ibnu Sirin seraya berkata, "Saya bermimpi melihat mayat laki-laki yang berwarna hitam sedang dimandikan oleh seorang pria yang berdiri tegak lurus di atasnya." Maka Ibnu Sirin berkata, "Adapun kematian orang itu menandakan kekafirannnya. Sedangkan warna hitam melambangkan hartanya dan orang yang berdiri di atasnya dan memandikannya menandakan orang lain yang dengki dan iri kepadanya karena harta yang ia miliki." Dan diriwayatkan juga bahwa seorang lelaki berkata kepada Ibnu Sirin, "Aku bermimpi melihat seorang pria yang digantung dari langit dengan rantai. Setengah badannya berwarna hitam sedangkan setengah lagi berwarna putih. Dan ia memiliki ekor seperti ekor keledai." Ibnu Sirin menjawab, "Orang tersebut adalah saya sendiri. Adapun setengah badanku yang berwarna putih melambangkan wirid (dzikir dan doa) yang aku kerjakan di siang hari. Dan setengah badanku yang berwarna hitam melambangkan dzikir dan doa yang aku panjatkan di malam hari. Sedangkan rantai yang mengikatku dari langit menandakan bahwa dzikirku senantiasa sampai ke langit. Dan ekorku menandakan keshalehan dan ketakwaan yang berkumpul pada diriku, dimana aku akan meninggal dalamnya." Namun ada yang mentakwilkan bahwa jika seorang pemberani melihat wajahnya menghitam, berarti ia akan berubah menjadi seorang pengecut.
Dikisahkan bahwa seorang pria datang kepada Ibnu Sirin dan berujar, "Sesungguhnya aku telah meminang seorang wanita, lalu di dalam tidur aku bermimpi melihatnya berkulit hitam dan bertubuh pendek." Ibnu Sirin berkata, "Sesungguhnya (kulitnya) yang berwarna hitam melambangkan hartanya, sedangkan (tubuhnya) yang pendek menandakan umurnya yang singkat dan ia tidak akan hidup kecuali sebentar saja lalu meninggal dunia. Kemudian hartanya itu akan diwarisi oleh seorang lelaki." Dan diriwayatkan bahwa Rasulullah saw bermimpi melihat seorang perempuan yang berkulit hitam dan kepalanya berkudis. Lalu perempuan itu keluar dari Kota Madinah menuju ke Kota Juhfah dan bermalam di sana. Maka Rasulullah saw menafsirkan bahwa wabah penyakit di Madinah akan berpindah ke Kota Juhfah. Diriwayatkan bahwa seorang lelaki bermimpi di-hadiahi seorang pelayan muda yang berkulit hitam. Dan ketika ia terjaga di pagi hari, di-hadiahkan kepadanya sekarung arang.
Jika seseorang bermimpi melihat sekelompok perempuan Negro memuliakannya, berarti ia akan dimuliakan dengan kebaikan, karena mimpi melihat mereka adalah pertanda kemuliaan atau keluhuran, tetapi itu semua didapatkan dari golongan musuh. Adapun kulit yang berwarna merah melambangkan pangkat dan kesenangan. Dan ada yang menafsirkan bahwa jika warna merah disertai warna putih, maka itu menandakan kekuasaan dan kehormatan. Sedangkan kulit yang berwarna kuning melambangkan penyakit. Di-katakan bahwa siapa yang bermimpi melihat wajahnya berwarna kuning cerah, berarti ia akan menjadi orang yang terkemuka di akhirat nanti serta termasuk kepada golongan orang-orang yang didekatkan kepada Allah Azza wa Jalla. Jika seseorang bermimpi melihat wajahnya berwarna sangat putih melebihi yang sebelumnya, berarti ia menjalankan agama dengan baik dan istiqamah di dalam keimanan. Sedangkan pipi yang berwarna putih melambangkan kebesaran dan kehormatan. Diriwayatkan bahwa seorang pemuda bermimpi melihat wajahnya diberi warna merah seperti halnya kaum wanita lalu ia duduk di tempat ber-kumpulnya para wanita. Maka mimpi tersebut ditakwilkan bahwa ia telah berzina sehingga aibnya pun terbongkar.