Sunday, June 3, 2012

Halaman 65

Jika seorang lelaki bermimpi mencukur rambutnya ketika menunaikan ibadah haji, itu adalah pertanda keamanan dari bahaya, penaklukan, pelunasan hutang dan kegembiraan setelah kesedihan. Allah berfirman, "Sesungguhnya Allah akan membuktikan kepada Rasul-Nya tentang kebenaran mimpinya dengan sebenarnya [yaitu] bahwa sesungguhnya kamu pasti akan memasuki Mesjidil Haram, insya Allah dalam keadaan aman, dengan mencukur rambut kepala  dan mengguntingnya, sedang kamu tidak merasa takut. Maka Allah mengetahui apa yang tiada kamu ketahui dan Dia memberikan sebelum itu kemenangan yang dekat." (QS. al-Fath: 27)
Demikian pula tafsirannya jika seseorang bermimpi mencukur rambutnya di luar ibadah haji, hanya saja yang dalam ibadah haji lebih kuat dan lebih kokoh, dan itu terjadi jika ia buka seorang pemimpin. Sedangkan jika seorang pemimpin bermimpi mencukur rambutnya di luar ibadah haji, maka itu berarti ia akan jatuh miskin, dipecat atau aibnya akan terbongkar. Namun bagi seorang fakir miskin, mimpi ini menandakan hutangnya akan lunas. Sebaliknya bagi orang yang kaya, mimpi ini menandakan hartanya akan berkurang. Dan jika yang melihat mimpi ini seorang yang shaleh, itu menunjukkan bahwa imannya akan melemah.
Barangsiapa bermimpi melihat rambutnya akan dicukur, tetapi tiba-tiba sudah botak berarti ia akan mengalahkan musuh-musuhnya serta mendapatkan kekuatan, kekuasaan, pangkat atau kehormatan. Namun sebagian pentakwil mimpi menyatakan bahwa kepala yang botak hanya bisa ditafsirkan bagi orang yang sudah terbiasa gundul, bukan bagi orang yang tidak terbiasa dengan kepala botak. Dan ada yang menafsirkan bahwa jika seorang prajurit bermimpi melihat rambutnya digunduli, itu adalah pertanda bahwa ia akan mati syahid.
Diriwayatkan bahwa seorang lelaki berkata, "Aku bermimpi melihat kepalaku digundul lalu dari mulutku keluar burung. Tiba-tiba saja datang seorang perempuan menemuiku dan memasukkanku ke lubang kemaluannya. Dan aku melihat bapakku meminta sesuatu kepadaku dengan gigih, tetapi kemudian ia terhalang dariku." Setelah terjaga, ia menceritakan mimpinya kepada teman-temannya dan ia berkata, "Sesungguhnya aku telah diberi tahu tentang tafsirannya; adapun penggundulan kepalaku menandakan kedaan kepalaku (yang memang demikian). Burung yang keluar dari (mulut)ku menandakan rohku. Dan perempuan yang memasukkanku ke lubang kemaluannya menandakan tanah yang akan digali untukku dan aku akan hilang dalamnya. Sedangkan permintaan bapakku kepadaku dan penahanannya dari (menemui)ku menandakan bahwa ia telah berjihad sehingga mengalami musibah seperti yang akan menimpaku." Dan tidak lama kemudian orang tersebut mati sebagai syahid. Dan yang lainnya juga bermimpi menggundul kepalanya dengan tangannya sendiri. Lalu ia menceritakan mimpinya kepada seorang pentakwil mimpi dan orang itu menjawab, "Kamu akan melunasi hutangmu."
Jika seorang wanita bermimpi mencukur rambutnya, itu menandakan bahwa ia akan berpisah dari suaminya karena diceraikan atau suaminya meninggal dunia. Dan jika ia bermimpi melihat rambutnya dicukur atau digundul oleh suaminya di Tanah Haram, itu menandakan bahwa hutangnya akan lunas dan amanat yang ia emban akan selesai ditunaikan. Sedangkan jika suaminya mencukur rambutnya di luar Tanah Haram, berarti suaminya akan menahan-nya dalam rumah, karena seekor burung akan tetap berada di sangkarnya apabila bulu sayapnya terpotong. Namun ada juga yang mentakwilkan bahwa mimpi ini menandakan bahwa aib wanita itu akan tersingkap. Apabila seorang wanita bermimpi diajak untuk mencukuri rambutnya, itu menandakan bahwa orang yang mengajaknya itu akan mengajak suaminya untuk berpaling kepada wanita lain secara sembunyi-sembunyi, serta akan timbul permusuhan dan dendam kesumat di antara ia dan orang tersebut. Dan ada yang menafsirkan bahwa siapa bermimpi melihat rambut beberapa wanita yang berkepang dipangkas berarti ia tidak akan melahirkan seorang anak untuk selamanya.


No comments:

Post a Comment