Halaman 102

Secara teori umum takwil impi, penyakit kepala adalah ketua atau atasan. Menurut sebagain ahli takwil, penyakit pusing berarti dosa yang mewajibkan seseorang tobat darinya dan melakukan perbuatan-perbuatan baik karena Allah SWT berfirman, "Jika ada di antaramu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya [lalu ia bercukur], maka wajiblah atasnya berfidyah, yaitu: berpuasa atau bersedekah atau berkorban." (QS. al-Baqarah: 196)
Orang yang melihat bahwa rambut kepalanya berguguran sehingga botak berarti di-khawatirkan terhadap dirinya habisnya harta benda dan jatuhnya kehormatannya pada masyarakat. Melihat seorang wanita botak dalam mimpi berarti suatu peristiwa yang disertai dengan fitnah (kesesatan dan bencana). Orang yang melihat kepalanya setengah botak berarti sebagian pokok harta atasannya akan habis dan kekuasaan yang akan berkurang dari suatu penguasa atau pihak berkuasa. Sedangkan menurut pendapat lain, bila pemilik mimpi seperti ini sedang dalam keadaan berhutang, maka ia akan membayar hutangnya. Bermimpi botak karena suatu penyakit berarti ia berusaha memperoleh harta atasannya dan ia tidak mendapatkan manfaat darinya, namun hanya akan menerima kesusahan. Bermimpi melihat wanita yang botak karena penyakit berarti tahun kemarau (masa kering).
Penyakit pada pelipis berarti penyakit karena atau pada harta. Penyakit pada kening berarti berkurangnya kehormatan atau kebesaran duniawi. Sedangkan mimpi dipotonganya hidung dan dicukilnya mata berarti pemotong dan pencukil itu akan membayarkan hutangnya pada pederita dan ia (penderita) akan membalas suatu perbuatan yang dilakukan orang lain pada dirinya karena Allah SWT telah berfirman, "[Dan kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya at-Taurat bahwasanya] .... telinga dibalas dengan telinga." (QS. al-Maidah: 45)
Bermimpi adanya seorang tua yang tidak dikenal memotong telinganya berarti ia akan mendapatkan dua denda diyat. [Diyat ialah denda harta yang sudah ditentukan syariat sebagai ganti rugi dari perusakan terhadap jiwa atau tubuh manusia. Untuk pembunuhan denda diyat sebesar 100 ekor unta. Namun apabila pembunuhan disengaja, maka hukumannya ditambah dengan hukuman qishahsh-pen]
Bermimpi memotong telinga seorang lakilaki dari pang-kalnya berarti mengkhianati istri atau anak laki-laki itu dan juga menunjukkan hilangnya kekuasaan. Bermimpi bahwa kedua telinganya dipotong sedangkan istrinya sedang hamil, berarti ia (si istri) akan meninggal dunia. Sedangkan jika ia tidak mempunyai istri berarti salah wanita dari keluarganya akan meninggal dunia.
Penyakit tuli berarti kerusakan pada agama; penyakit trakoma atau radang mata menunjukkan bahwa si pemilik mimpi berpaling dari kebenaran dan terjadinya kerusakan pada agama sesuai dengan kadar buta trakoma tersebut karena Allah SWT telah berfirman, "Karena sesungguh-nya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada." (QS. al-Hajj: 46)
Sedangkan menurut sebagian ahli takwil, penyakit trakoma atau radangmata berarti ia hampir kaya, sedangkan bila buta dari radangmata tersebut tidak pernah berkurang dari matanya sama sekali berarti akan dinisbatkan padanya suatu perbuatan agama dimana ia tidak pernah melakukan hal itu, dan ia mendapatkan pahala atau kebaikan dari penisbatan tersebut.
Setiap kekurangan pada mata menunjukkan kekurangan pada agama.