Halaman 81

Namun ada yang mentakwilkan ginjal sebagai kerabat; dimana kebaikan dan kerusakan pada ginjal akan terlihat di dalam kehidupan mereka.
Jika seseorang bermimpi melihat usus atau isi perutnya yang lain keluar, itu berarti hartanya yang terpendam akan muncul atau dari keluarganya akan muncul seseorang yang menjadi pemimpin dan orang terhormat, dan mungkin saja orang itu adalah dia sendiri. Dan jika seseorang bermimpi memakan ususnya sendiri, berarti ia akan memakan atau menghabiskan seluruh hartanya. Sedangkan jika ia bermimpi memakan usus atau isi perut orang lain, berarti ia akan mendapatkan harta yang sebelumnya selalu disimpan oleh orang tersebut lalu menghabiskannya. Ada juga yang menafsirkan bahwa usus yang keluar dari dalam perot menandakan anak perempuan yang akan dipinang oleh orang lain.
Apabila seseorang bermimpi melihat usus atau seluruh isi perutnya dikeloarkan lalu perutnya dicuci bersih, kemudian isinya dimasukkan atau tidak dimasukkan kembali, berarti ia akan wafat di bawah ridha Allah Ta'ala. Adapun jika dari perut seseorang keluar sesuatu, itu menandakan bahwa ia akan berwasiat kepada seorang pria dan memiliki anak gadis yang diwasiatkan untuk dinikahkan oleh pria tersebut. Dan ada juga yang menyatakan bahwa mimpi melihat sesuatu yang muncul dari dalam perut menandakan bahwa aib yang sebelumnya di-pendam-pendam akan segera terbongkar.
Barangsiapa bermimpi melihat seorang raja membelah perut rakyatnya, itu menandakan bahwa mereka akan digeledah. Dan jika raja itu mengambil isi perut mereka, berarti raja tersebut akan mengambil harta mereka. Adapun mimpi melihat perut yang dibelah pada suatu tempat yang dikenal adalah pertanda baik bagi orang miskin dan orang yang tidak mempunyai anak; karena bagi orang yang miskin, mimpi ini menandakan bahwa ia akan menjadi kaya. Sedangkan bagi orang yang tidak mempunyai anak, mimpi ini menunjukkan bahwa ia akan dikaruniai seorang anak. Hal itu disebabkan karena isi perut melambangkan anak, sedangkan organ tubuh yang mengisi perut jika dikiaskan kepada rumah menandakan harta benda yang mengisinya.
Barangsiapa bermimpi melihat seseorang yang membokakan perut dan memperlihatkan isinya, itu ditafsirkan sebagai hal sepele yang akan membuktikan bahwa mereka telah masuk ke dalam banyak pertikaian lalu banyak rahasia mereka yang akan terbongkar. Dan jika seseorang bermimpi seolah-olah perutnya dibelah, tetapi tidak ditemukan sesuatu di dalamnya, itu menandakan bahwa rumahnya akan roboh, anak-anaknya akan meninggal dunia kemudian ia hidup kesepian. Dan bagi orang yang sedang sakit, mimpi ini adalah pertanda mautnya.
Adapun pusar, ia melambangkan gairah atau spirit, isteri dan kekasih yang berada di sekeliling orang yang memimpikannya. Oleh karena itu, apabila seseorang bermimpi melihat kebaikan atau keburukan pada pusarnya, maka hal tersebut akan tampak dalam kehidupan isteri dan kekasihnya. Dan ditafsirkan bahwa jika seseorang yang masih mempunyai kedua ibu bapak bermimpi melihat ada penyakit pada pusarnya, berarti keduanya akan terkena suatu penyakit. Adapun bagi orang yang tidak mempunyai ibu bapak, takwil mimpi ini akan terjadi pada tanah kelahirannya. Dan bagi orang yang berada di perantauan, mimpi ini menandakan kepulangannya.
Bagian tubuh di bawah pusar yang sangat panjang atau pendek menandakan kekuatan badan dan kepemilikan. Apabila seseorang bermimpi merasakan sakit pada salah satu bagian tubuhnya, berarti ia akan jatuh miskin dan di timpa penyakit. Sedangkan tulang rusuk, di dalam tafsirannya melambangkan perempuan, karena mereka diciptakan dari tulang rusuk. Maka dari itu, segala sesuatu yang terjadi pada tulang rusuk di dalam mimpi, akan tampak pada kehidupan mereka.