Halaman 54

Adapun mimpi meminum air al-Kautsar menandakan bahwa orang yang melihat mimpi tersebut akan memperoleh tampuk kepemimpinan dan kemenangan atas musuh. Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu al-Kautsar, [Al-Kautsar, menurut hadits Rasulullah saw ialah sumur yang terdapat di surga yang campurannya adalah emas dan air. Semua Nabi mempunyai sungai sedangkan sumur Nabi saw bernama al-Kautsar] maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah." (QS. al-Kautsar: 1-2)
Sedangkan mimpi berada dalam salah satu istana yang terdapat di surga menandakan bahwa orang yang melihatnya akan mencapai tampuk kepemimpinan atau ia akan mengawini anak gadis yang cantik. Allah berfirman, "[Bidadari-bidadari] yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah." (QS. ar-Rahman: 72)
Dan apabila seseorang bermimpi menikahi salah satu bidadari yang ada di surga dengan dikelilingi hamba sahaya (laki-laki) dari bidadari tersebut, maka itu menandakan bahwa ia akan mendapatkan pangkat sebagai raja serta nikmat yang banyak, sebagaimana firman Allah SWT, "Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda." (QS. al-Waqi'ah: 17)
Diriwayatkan bahwa al-Hajjaj ibn Yusuf bermimpi seolah-olah dua bidadari turun dari langit. Lalu ia menganbil salah satunya dan yang lainnya kembali lagi ke langit. Maka ia menceritakan mimpinya itu kepada Ibnu Sirin dan beliau menjawab, "Dua wanita itu adalah dua fitnah yang salah satunya diketahui sedangkan yang lainnya tidak." Tidak lama kemudian, al-Hajjaj menemukan fitnah Ibnu al-Asy'ats, ada-pun fitnah Ibnu al-Muhdhab tidak ia temukan.
Barangsiapa bermimpi melihat Malaikat Ridhwan penjaga pintu surga, maka ia akan mendapatkan kebahagiaan, nikmat dan kehidupan yang baik serta keselamatan dari berbagai malapetaka. Allah berfirman, "Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya dibawa ke dalam surga berombong-rombongan [pula]. Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya, 'Kesejahteraan [di-limpahkan] atasmu, berbahagialah kamu! Maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal dalam-nya." (QS. az-Zumar: 73)
Dan siapa bermimpi berada di surga lalu para malaikat masuk ke tempatnya sembari mengucapkan salam, maka ia akan melakukan suatu pekerjaan yang akan menghantarkannya ke surga serta hidupnya akan berakhir dengan baik (husnul khotimah). Allah SWT berfirman, "[Yaitu] surga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang shaleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu; [sambil mengucapkan], 'Salamun 'alaikum bima sha-bartum.' Maka alangkah baiknya tempat kesudah-an itu." (QS. ar-Ra'ad: 23-24)
Syekh Abu Sa'ad ra mengatakan bahwa siapa yang bermimpi berubah menjadi jin berarti tipu muslihat yang ia perbuat akan semakin kuat. Dan mimpi melihat jin pada waktu malam menjelang shubuh melambangkan pembunuhan yang dilakukan dengan tipu muslihat. Sedangkan jika seseorang bermimpi melihat jin di dekat rumah-nya, maka mimpi tersebut menandakan kepada salah satu dari tiga hal ini; kerugian, kehinaan atau nadzar yang belum dilaksanakan. Adapun mimpi mengajarkan Al-Qur'an kepada se-kumpulan jin menandakan bahwa orang yang melihat mimpi itu akan dianugerahi kepemimpinan dan kekuasaan. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an, "Katakanlah [hai Muhammad], 'Telah diwahyukan kepadaku bahwasanya sekumpulan jin telah mendengarkan [Al-Qur'an], lalu mereka berkata, "Sesungguhnya kami telah mendengarkan Al-Qur'an yang menakjubkan."" (QS. al-Jin: 1)