Halaman 125

Anak kecil yang bermimpi ini berarti ia akan bisu dan tidak bisa berbicara dimana jika ia menginginkan sesuatu dia menunjukkan dengan isyarat tangannya, atau dengan cara menari. Mimpi ini bagi orang yang mengarungi lautan berarti keburukan dan akan mendapat kesusahan yang sangat; jika melihat dalam mimpi menari untuk orang lain berarti orang yang diberi tarian akan mendapat musibah yang melibatkan orang yang menari. Siapa yang bermimpi menari di dalam rumahnya dan hanya disaksikan oleh keluarganya berarti kebaikan yang merata bagi semua orang.
Pemain musik dan mandolin [Sejenis gitar.] berarti seorang pemimpin laki-laki yang berbuat kebatilan kepada suatu kelompok orang atau pekerja percetakan uang yang berkumpul dengan wanita, karena tali berarti wanita, dan memukul man­dolin berarti musibah dan kesedihan yang akan menimpa dan mengikuti kelompoknya karena suaranya keluar dari usus yang dikumpulkan dan dikeringkan, dan keluar dari tempat memetik dan memukulnya. Bermimpi melihat kemewahan dan kekuasaan seperti melihat penguasa mendengarkan tambur berarti ia akan mendengarkan perkataan orang yang berbuat kebatilan.
Air peras buah melambangkan kesuburan bagi orang yang mendapatkannya. Siapa yang bermimpi memeras khamar berarti akan menjadi pelayan raja atau penguasa melalui kedua tangannya akan mengalir suatu urusan yang besar.
Khamar pada dasarnya berarti harta yang haram yang didapat dengan tanpa susahpayah. Siapa yang bermimpi meminum khamar ber­arti akan mendapat dosa besar dan kelapangan harta, sebagaimana firman Allah SWT, "Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah, 'Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya.'" (QS. al-Baqarah: 219)
Siapa yang bermimpi meminum khamar dan tidak ada orang yang mencegahnya berarti akan mendapatkan harta yang haram. Ada yang menafsirkan justru berarti harta yang halal. Siapa yang bermimpi meminum khamar dan ada orang yang mencegahnya berarti ia akan berbantah-bantahan dalam berbicara dan kesumat sebanyak khamar yang diminumnya. Siapa yang bermimpi mendapat sungai khamar berarti ia akan mendapat fitnah dunia; jika ia memasukinya berarti ia akan masuk pada fitnah sebanyak khamar yang diterimanya.
Sebagian ahli tafsir mimpi berpendapat bahwa tidak semua mimpi yang berhubungan dengan khamar menunjukkan hal yang tidak baik.]ika seseorang bermimpi berada di antara sekelompok orang yang meminum khamar berarti keburukan, karena banyak minum khamar akan mabuk, dan mabuk akan menyebabkan huru hara, permusuhan, dan pembunuhan. Khamar bagi orang yang akan membuat kerjasama dan pernikahan berarti kesepakatan ke dua belah pihak.
Diriwayatkan bahwa ada seseorang bermimpi seolah-olah mukanya berwarna hitam, dan rambutnya dicukur karena meminum khamar. Lalu ia menceritakan mimpinya pada ahli takwil mimpi Ia mengatakan pada orang itu, "Muka yang hitam berarti kaummu akan menghitamkanmu, rambut yang dicukur berarti kaummu akan pergi darimu, sedangkan meminum khamar berarti engkau akan menceraikan istrimu." Seorang laki-laki mendatangi Ibnu Sirin dan berkata, "Aku bermimpi seolah-olah aku memegang dua cawan. Yang satu berisi khamar dari anggur dan yang satu lagi berisi susu." Ibnu Sirin menjawab, "Susu berarti keadilan sedangkan khamar dari anggur berarti perpisahan, maka tidak akan ada yang tinggal untuk berpisah."
Pemimpin yang bermimpi meminum khamar berarti ia akan turun dari jabatannya. Sedangkan bermimpi menukarkan anggur dari kurma berarti harta yang diragukan. Meminum anggur kurma berarti akan mendapat penyakit demam panas.
Meminum khamar yang bercampur air; sebagian ahli takwil mengartikan dengan harta yang sebagiannya halal dan bagian yang lain adalah harta haram; sedangkan sebagian ahli takwil lainnya mengartikan dengan mengambil