Halaman 43

Adapun mimpi menshalatkan mayat menandakan bahwa banyak orang yang akan mendoakan dan memohonkan ampun untuknya. Sedangkan apabila seseorang bermimpi menjadi imam shalat jenazah, maka ia akan menguasai sebuah pemerintahan atau kerajaan yang sebelumnya dikuasai oleh seorang pemimpin yang munafik. Namun jika ia menjadi makmum berarti ia akan menghadiri suatu majelis yang dalamnya orang-orang berdoa untuk mereka yang sudah wafat.
Mengenai penguburan jenazah, jika seseorang bermimpi meninggal dunia lalu ia dikuburkan berarti ia akan melakukan perjalanan jauh. Allah SWT berfirman, "Kemudian Dia mematikannya dan memasukkannya ke dalam kubur, Kemudian Dia memudahkanjalannya." (QS. 'Abasa: 21-22)
Sedangkan jika seseorang bermimpi dikuburkan tetapi ia tidak mati berarti bahwa orang yang menguburkannya itu akan mengalahkan, menyusahkan dan menahannya. Apabila seseorang bermimpi mati sesudah dikuburkan, maka ia akan meninggal dunia dalam kesedihan, tetapi jika ia tidak mati juga, maka itu menandakan ia akan selamat dari penahanan dan kezaliman. Namun sebagian ahli takwil menyatakan bahwa siapa yang bermimpi dikuburkan, maka itu berarti agamanya telah rusak, tetapi jika ia keluar dari kuburtnya, maka masih ada harapan ia akan bertobat. Barangsiapa bermimpi me-naburkan tanah kepada seseorang atau melemparkannya ke liang kubur, maka ia akan melemparkan orang itu kepada kematian. Dan jika seseorang bermimpi seolah-olah diletakkan di liang lahat berarti ia akan memiliki sebuah rumah. Namun apabila orang-orang menaburkan tanah kepadanya berarti ia akan mendapatkan harta sesuai dengan banyaknya tanah yang di-lemparkan kepadanya.
Kuburan yang sudah digali pada dasarnya melambangkan penjara, demikian pula penjara dapat ditafsirkan sebagai kuburan. Oleh karena itu, barangsiapa yang bermimpi menziarahi kuburan, maka ia akan menziarahi penghuni tahanan. Sedangkan mimpi mengggali kuburan menandakan umur yang panjang. Adapun kuburan yang banyak dan tidak dikenal menandakan orang-orang munafik. Melihat banyak kuburan yang ditimpa air hujan dalam mimpi menandakan bahwa penghuninya sedang mendapatkan rahmat Allah SWT. Jika seseorang bermimpi melihat kuburan di suatu tempat yang tidak diketahui berarti ia bergaul dengan orang-orang munafik. Sedangkan perkuburan yang sudah diketahui tempatnya menandakan suatu pekerjaan benar yang dilalaikan. Adapun jika seseorang bermimpi menggali kuburan untuk dirinya sendiri, maka ia akan membangun rumahnya sendiri.
Barangsiapa bermimpi seolah-olah suatu kubur seorang mayat pindah ke kampung, daerah, atau kotanya, maka di sana akan di-bangun sebuah perkampungan. Dan barangsiapa bermimpi memasuki kuburan yang tidak berisi jenazah, maka ia akan membeli sebuah rumah yang ditinggalkan penghuninya. Sedangkan mimpi berdiri di atas kuburan menandakan bahwa si pemilik mimpi akan melakukan suatu perbuatan dosa, sebagaimana firman Allah SWT, "Dan janganlah kamu sekali-kali menyembahyangkan [jenazah] seorang yang mati di antara mereka, dan janganlah kamu berdiri [mendoakan] di kuburnya. Sesungguhnya mereka telah kafir kepada Allah dan RasulNya dan mereka mati dalam keadaan fasik." (QS. At-Taubah: 84)
Jika dalam tidurnya, seseorang bermimpi melihat seorang yang kaya raya memasuki sebuah pemakaman lalu ia mengelilinya seraya mengucapkan salam kepada penghuninya; sebagian ahli takwil menafsirkan bahwa orang yang melihat mimpi ini akan jatuh bangkrut dan menjadi peminta-minta, karena menurut mereka pemakaman adalah tempat orang-orang yang tidak memiliki harta.