Halaman 110

Sedangkan menurut sebagian ahli takwil, bekas luka setrikaan baru atau lama apabila membentuk sebuah kulit baru yang tidak menyakiti pertanda sebuah obat yang sangat manjur. Dan ada juga yang mengatakan bahwa setrikaan berarti ucapan yang menyakitkan, sedangkan bentuk setrikaan yang bundar berarti sikap teguh di hadapan penguasa atau raja dalam hal yang berlawanan dengan sunnah. Menurut ahli takwil lainnya setrikaan menunjukkan larisnya usaha atau kelahiran anak.
Diriwayatkan bahwa Abu Bakar ra bertanya pada Rasulullah saw, "Aku bermimpi pada dada-ku terdapat dua bekas setrikaan," lalu Beliau saw bersabda, "Berarti kamu akan memegang urusan dunia dalam masa dua tahun." [Abu Bakar menjadi khalifah dari tahun 11 H/632 M-13 H/634]
Diriwayatkan bahwa seorang laki-laki bermimpi bahwa ia sakit dan ia tidak mempunyai tabib atau dokter yang akan mengobatinya, sedangkan laki-laki tersebut bermusuhan dengan seseorang-dalam pertengkaran di pengadilan-, maka ahli takwil berkata, "Musuh kamu akan mengalahkan kamu karena penyakit itu lambang musuh sedangkan dokter adalah lambang penolong atau pengacara." Seorang laki-laki juga bertanya bahwa ia mimpi ayahnya sakit," maka ahli takwil berkata bahwa ia akan kena sakit kepala, karena kepala melambangkan ayah dalam mimpi.
Mimpi wajah mengering dan retak berarti kurangnya rasa malu. Orang yang bermimpi wajahnya lembut dan bercahaya berarti ia seorang yang mempunyai rasa malu. Sedangkan wajah buruk menunjukkan suatu cela, dan cela melambangkan keburukan.
Seorang laki-laki pernah bermimpi bahwa wabah penyakit menimpa manusia dan binatang ternak, lalu ia datang pada seorang ahli takwil, maka ia berkata, "Raja (penguasa) masa kita ini akan membunuh banyak orang atau akan memenjarakan mereka atau akan menyiksa orang-orang baik." Kemudian seorang laki-laki shaleh bermimpi bahwa wajah raja tersebut
menjadi jelek, wajahnya terletak di atas pan-tatnya, kakinya pincang, sedangkan kedua tangan dan kakinya dipotong, lalu ia (orang shaleh itu) mendengar firman Allah SWT dalam mimpinya, "Apakah kamu tidak mem-perhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat ter-hadap kaum 'Aad? [Yaitu] penduduk Iram yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi."(QS. al-Fajr: 6-7) Lalu orang shaleh tersebut datang pada ahli takwil tadi, dan ia berkata, "Raja itu akan hancur sebagaimana pengancuran yang terjadi terhadap kaum 'Ad yang durhaka," dan dua puluh hari setelah itu habislah kekuasaan dan hartanya, Allah telah menghancurkannya dan melindungi manusia dari kejahatannya.
Semua minuman berwarna kuning dalam mimpi melambangkan penyakit. Semua obat yang mudah diminum atau dimakan menunjukkan kesembuhan bagi si sakit. Sedangkan bagi orang sehat hal itu berarti terjauh dari hal yang berbahaya.
Obat yang tidak enak dan hampir tidak bisa dicerna berarti penyakit ringan yang akan diakhiri oleh kesembuhan. Menurut sebagian ahli takwil, minuman atau makanan yang berbau enak dan mudah diminum atau dimakan bagi orang kaya berarti suatu kebaikan karena hal itu merupakan suatu kelapangan bagi mereka; sedangkan bagi orang miskin, hal itu menunjukkan suatu keburukan karena mereka tidak akan memalingkan muka mereka pada makanan tersebut kecuali hanya ketika ada penyakit yang menimpa dan mereka terpaksa membeli dan meminumnya.
Tepung halus berarti bagusnya agama atau perjalanan di darat sesuai dengan firman Allah SWT, "Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal" (QS. al-Baqarah: 197)