Halaman 45

Jika seseorang bermimpi melihat mayat yang kafir dalam bentuk dan keadaan yang sangat baik, itu hanya menunjukkan baiknya keadaan keturunan dan orang-orang sesudah mayat tersebut, bukan menunjukkan baiknya keadaan si mayat d sisi Allah SWT. Adapun mimpi melihat mayat yang tertawa kemudian menangis manandakan bahwa ia tidak mati sebagai seorang Muslim, demikian juga jika mayat tersebut terlihat bermuka hitam. Allah SWT berfirman, "Pada hari yang di waktu itu ada muka yang putih berseri, dan ada pula muka yang hitam muram. Adapun orang-orang yang hitam muram mukanya [kepada mereka dikatakan], 'Kenapa kamu kafir sesudah kamu beriman? Karena itu rasakanlah azab disebabkan kekafiranmu itu." (QS. All 'Imran: 106)
Jika seseorang bermimpi melihat mayat yang memakai pakaian kumuh atau sedang sakit, itu menandakan bahwa Allah sedang mempertanyakan agamanya secara khusus tanpa ada yang melihat dan mengikutinya. Sedangkan mimpi melihat mayat yang disibukkan dan dibuat letih menandakan bahwa mayat itu sedang sibuk dengan apa-apa yang ada di sana.
Mimpi melihat mendiang kakek dan neneknya yang dihidupkan kembali menandakan kehidupan yang mujur dan beruntung. Sedangkan mimpi melihat ibu yang dihidupkan kembali menandakan datangnya kemudahan dari kesedihan yang dialami, begitu juga dengan mimpi melihat mendiang bapak dihidupkan kembali, hanya saja mimpi melihat bapak memiliki makna konotasi yang lebih kuat daripada mimpi melihat ibu. Jika seseorang bermimpi melihat putranya yang sudah meninggal dihidupkan kembali, maka ia akan mendapatkan kemenangan atas musuh-musuhnya dari apa-apa yang tidak dikira sebelumnya. Dan apabila seseorang bermimpi melihat putrinya yang sudah meninggal dihidupkan kembali berarti ia akan mendapatkan kebahagiaan dan kelapangan. Sedangkan mimpi melihat saudara laki-laki yang sudah wafat dihidupkan kembali menandakan bahwa si pemilik mimpi akan menjadi kuat setelah sebelumnya ia berada dalam keadaan lemah. Allah SWT berfirman, "[Yaitu] Harun, saudaraku, teguhkanlah dengan dia kekuatanku." (QS. Tha Ha: 30-31)
Adapun mimpi melihat saudara perempuan yang sudah meninggal dibangkitkan kembali menandakan datangnya kegembiraan dan seseorang yang sudah lama tidak berjumpa dengan-nya dari perjalanan jauh. Allah SWT berfirman, "Dan berkatalah ibu Musa kepada saudara Musa yang perempuan, 'Ikutilah dia.' Maka kelihatanlah olehnya Musa dari jauh, sedang mereka tidak mengetahuinya." (QS. al-Qashash: 11)
Sedangkan jika seseorang bermimpi melihat paman atau bibinya (yang dari pihak ibu) dihidupkan kembali berarti akan kembali kepadanya sesuatu yang sebelumnya lepas dari tangannya.
Barangsiapa bermimpi menghidupkan mayat, maka lewat tangannya akan masuk Islam seorang kafir atau akan bertobadah seorang yang fasik. Dan apabila seseorang bermimpi dari tempatnya keluar perempuan-perempuan yang sudah mati yang sudah dikenal dengan memakai berbagai perhiasan berarti orang yang melihat mimpi tersebut beserta keluarga yang ditinggalkan oleh para wanita tersebut akan hidup dalam keadaan yang sesuai dengan kadar keindahan pakaian dan hiasan serta kecantikan mereka Pakaian yangputih melambangkan urusan agama. Pakaian yang merah menandakan urusan dalam hal bersenang-senang dengan berbagai hiburan. Adapun pakaian yang berwarna hitam melambangkan urusan kekayaan dan kedudukan. Sedangkan pakaian yang warnanya sudah pudar menandakan kemiskinan dan kesedihan. Serta pakaian yang terlihat kumuh menandakan per-buatan dosa.