Halaman 113

Bermimpi meminyaki kepala melebihi kadarnya sehingga minyak itu mengalir ke muka berarti ia akan bersedih; sedangkan bila tidak melebihi kadar yang wajar berarti suatu perhiasan. Minyak yang harum melambangkan pujian baik, sedangkan yang busuk melambangkan pujian buruk. Menurut sebagian ahli takwil, minyak yang busuk berarti wanita pezina atau laki-laki fasik. Para ahli takwil berkata, "Apabila seseorang bermimpi bahwa ia meminyaki kepala seorang laki-laki pada sebuah tempat yang tidak layak, hendaklah orang yang diminyaki berhati-hati pada orang yang meminyaki dari sifat membujuk atau cari muka.
Bermimpi melihat wajahnya berminyak berarti ia seorang yang puasa sepanjang waktu. Bermimpi melihat diri sendiri membaca rukyah atau ada orang lain yang memberinya minum dengan sebuah gelas berarti kehidupannya akan panjang.
Berobat dengan cara setrika berarti sengatan dari ucapan yang baik dan menyakitkan bagi-nya. Bermimpi menyetrika orang lain dengan api secara menyakitkan berarti menyengat orang itu dengan ucapan buruk dan mendapat bahaya dari penguasa; sedangkan apabila setrikaan itu berbentuk bulat berarti keteguhan menghadapi penguasa dalam hal yang berlawanan dengan sunnah. Dan menurut sebagian ahli takwil, apabila seseorang bermimpi bahwa ia menyetrika salah urat darahnya berarti akan lahir darinya seorang anak perempuan atau menikah atau seorang laki-laki asing akan jatuh hati pada istrinya. Sedangkan tiryaq (obat anti racun), saya melihat bahwa Ibnu Sirin tidak menyukai takwilnya karena takwilnya tidak baik.
Para ahli tafsir mimpi mengatakan bahwa tepung gandum melambangkan harta yang dikumpulkan dan dinafkahkan pada keluarga. Mengadonnya berarti orang yang mengadon akan melakukan perjalanan mengunjungi kerabatnya; jika adonannya berubah menjadi khamar ia akan segera memperoleh harta yang banyak dari keuntungan dalam perdagangan; jika adonannya tidak menjadi khamar, maka ia akan mendapatkan kerusakan dan kesulitan harta. Adonan tepung
gandum yang berubah menjadi masam pertanda akan menderita kerugian.
Orang yang bermimpi mengadon tepung gandum berarti ia akan mendapat suatu kepercayaan, kekuasaan, kekayaan, dan memperoleh kemenangan dari musuhnya. Sedangkan mengayak tepung menunjukkan kesulitan dalam penghidupan. Memakannya ia akan mendapat kefakiran.
Bermimpi membuat roti menandakan akan mendapatkan kelapangan dalam mencari penghidupan dan akan senantiasa mendapatkan manfaat. Membuat roti dengan tergesa-gesa sebelum tempat memasaknya dingin berarti ia akan mendapatkan suatu kekuasaan dan memperoleh harta dengan usahanya sendiri sebanyak roti yang dikeluarkan dari tempat memasaknya. Sebuah roti bulat artinya umur empat puluh tahun; jika ada yang kurang dari roti itu, maka umurnya juga berkurang. Kesempurnaannya adalah kesempurnaan dunia. Sebuah roti bulat juga melambangkan uang seribu dirham, kesuburan, keberkahan, dan segera akan mendapat rezeki, atau ia akan mendapat pertolongan dari orang lain yang menghilangkan kesedihannya sebagaimana firman Allah SWT, "Dan mereka mengatakan, 'Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kesedihan dari kami." (QS. Fathir: 34)
Para ahli tafsir mimpi mengatakan bahwa roti adalah lambang kesedihan. Bermimpi melihat roti dalam jumlah yang banyak tanpa memakannya berarti ia akan segera bertemu orang-orang yang akan menjadi saudara atau teman baiknya. Memegang roti hangus menandakan penghidupan yang baik dan akan terpelihara urusan agamanya. Memegang gandum melambangkan kehidupan yang susah namun ia dapat menahan diri dalam menjalaninya. Roti kering menunjukkan bahwa ia akan bersifat kikir dalam kehidupannya; jika ia diberi roti yang hancur, lalu ia memakannya berarti umurnya habis dan ajalnya sudah menjelang. Akan tetapi, sebagian penafsir mengatakan bahwa mimpi ini justru melambangkan kehidupan yang baik; jika ia hanya mengambilnya sesuap ia akan menjadi orang yang rakus; jika seorang bujangan yang bermimpi melihat roti, artinya ia akan men-dapatkan seorang istri.