Halaman 100

Berpenyakit kusta berarti memperoleh harta tanpa ada perhiasan, dan biasa juga berarti harta benda. Bermimpi kena bercak-bercak di kulit berarti akan kena penyakit kusta.
Banyak kutil berarti harta yang tumbuh tiada henti sedangkan pemiliknya cemas terhadap kehabisannya. Kudis yang tidak berair berarti memperoleh harta karena suatu kerja keras. Me-nurut sebagian ahli takwil, kudis bagi orang miskin berarti harta kekayaan, sedangkan bagi orang kaya berarti suatu kepemimpinan. Dan menurut sebagian ahli takwil, bermimpi melihat penyakit kudis dan kusta pada dirinya lebih baik daripada melihatnya pada orang lain, karena melihatnya pada orang berarti ia akan menjauh dari orang itu.
Jerawat apabila pecah lalu mengalirkan nanah berarti suatu kemenangan atau rezeki. Nanah pada jerawat, kudis, cacar, dan lainnya menunjukkan harta yang melimpah.
Cacar menunjukkan bertambahnya harta, demikian juga halnya dengan luka bernanah. Campak atau cacar air menunjukkan akan memperoleh harta dari seorang penguasa yang disertai oleh kesedihan dan rasa cemas pada kehancuran.
Penyakit gatal pada tubuh menunjukkan pemikiran pada sikap sanak keluarga yang tidak baik, kehilangan mereka, dan menanggung kesusahan dari mereka. Bisul-bisul melambangkan harta sesuai dengan kadar nanah yang terdapat padanya. Benjolan pada tubuh berarti banyaknya dosa. Hilang rambut di kepala bererti habis atau penuhnya harta.
Gemetar atau menggigil pada anggota tubh bererti suatu kesulitan: menggigil pada
kepala berarti mendapatkan kesulitan dari ketua atau atasan atau induk semang; menggigil pada tangan kanan menunjukkan sempitnya peng-hidupan; menggigil pada paha menunjukkan kesusahan disebabkan oleh pergaulan; menggigil pada betis menunjukkan kesusahan hidup; se-dangkan menggigil pada dua kaki menunjukkan kesulitan pada harta benda.
Bermimpi diberi minuman berisi racun lalu terjadi pembengkakan dan pelepuhan, juga menimbulkan suatu bentuk buruk (cacat) berarti ia akan memperoleh harta sesuai dengan buruk bentuk tersebut; sedangkan apabila tidak terjadi bentuk buruk (cacat) berarti ia akan mengalami kesedihan dan musibah. Menurut sebagian ahli takwil, racun yang membunuh berarti kematian.
Bermimpi melihat pada dirinya penyakit gondok (struma) berarti suatu harta; penyakit pada pembuluh darah berarti datangnya suatu harta dengan cepat dan segera; Wabah pes (tha'uri) berarti suatu peperangan, dan mimpi peperangan juga berarti wabah pes; Penyakit mandul takwilan tidak bagus; bermimpi pingsan berarti tidak akan ada kebaikan padanya dan tidak baik takwilnya; Mempunyai kekuatan atau kuat berarti memunculkan suatu perbuatan bid'ah yang mendapatkan hukuman dari Allah SWT.
Menurut sebagian ahli takwil, semua penyakit melambangkan agama karena Allah SWT berfirman, "Dalam hati mereka terdapat penyakit." (QS. al-Baqarah: 10)
Bermimpi penyakit bagi mereka yang sedang dalam peperangan berarti mendapatkan suatu luka karena Allah SWT berfirman, "Dan tidak ada dosa atasmu meletakkan senjata-senjatamu, jika kamu mendapat sesuatu kesusahan karena hujan atau karena kamu memang sakit; dan siap-siagalah kamu. Sesungguhnya Allah telah menyediakan azab yang menghinakan bagi orang-orang kafir itu" (QS. an-Nisa': 102) Maksud dari kata sakit pada ayat ini adalah terluka.