Halaman 101

Bermimpi sakit dalam keadaan sakarat, lalu mati, dan istrinya kawin lagi sepeninggalnya berarti ia akan mati mati dalam keadaan kafir; bermimpi istrinya sakit berarti ia (istrinya) akan baik agamanya; Adalah tidak baik takwilnya bagi seorang yang bermimpi diolesi dengan lemak atau mengendarai unta, keledai, babi atau kerbau; sedangkan mimpi melihat dirinya dalam keadaan tampan, tinggi, atau lebar, atau melihat kambing dan sapi dari jauh, atau mandi dengan air, semua itu mempunyai takwil yang baik karena semuanya menunjukkan suatu kesembuhan bagi si sakit, demikian juga halnya dengan mimpi meminum air bersih atau memakai mahkota atau memanjat sebuah pohon berbuah atau puncak gunung.
Melihat pada tubuh terdapat sebuah kekuarangan karena suatu penyakit berarti kurangnya agama. Menurut sebagian ahli takwil, melihat orang sakit menunjukkan kelapangan, kemenangan dan memperoleh harta benda bagi orang yang sengsara, sedangkan bagi orang kaya, hal itu berarti suatu kebutuhan karena orang sakit memerlukan berbagai kebutuhan.
Seseorang yang akan melakukan suatu perjalanan, lalu ia bermimpi bahwa ia sakit, maka mimpi ini bertakwil bahwa akan ada suatu penghalang terhadap perjalanannya karena orang sakit tidak dapat bergerak. Bermimpi melihat suatu kekurangan pada sebagian anggota tubuhnya berarti kekurangan pada harta dan kenikmatan.
Terjadi pembengkakan atau tonjolan karena lepuhan berarti tambahan kekuatan, keadaan yang baik, dan mendapatkan suatu ilmu. Sedangkan menurut sebagian ahli takwil, itu berarti mendapat kelapangan setelah menerima kesedihan dan celaan, dan dapat juga berarti masuk penjara atau penderitaan dari pihak penguasa.
Penyakit kurus berarti kekurangan harta atau lemahnya keadaan; Penyakit salah cerna (dyspepsia) melambangkan memakan harta dengan cara riba; Bermimpi berpenyakit kusta berarti bahwa ia menggugurkan pahala amalnya karena keberaniannya melanggar perintah Allah SWT, dan ia dituduhkan pada sebuah perbuatan buruk sedangkan ia tidak mempunyai kesalahan itu; sedangkan bila kusta tersebut memunculkan tambahan dan bengkakan pada tubuhnya berarti harta yang abadi, sedangkan menurut sebagian ahli takwil, hal ini berarti mendapatkan pakaian dari harta warisan. Orang yang bermimpi berpenyakit kusta dalam keadaan shalat, maka ini berarti ia melupakan Al-Qur'an.
Seorang laki-laki datang pada Ibnu Sirin lalu berkata, "Aku bermimpi berpenyakit kusta,"
maka beliau menjawab, "Akan dituduhkan padamu sebuah perbuatan buruk sedangkan kami tidak pernah melakukannya."
Penyakit kurap berarti suatu harta dimana pemiliknya cemas pada dirinya apabila terjadi tuntutan terhadap dirinya.
Mimpi pada dirinya terdapat berbagai penyakit yang menyebabkan dingin berarti ia melalaikan yang fardhu dalam ibadah dan yang wajib dalam masalah pemenuhan hak sedangkan hukuman telah jatuh terhadap dirinya. Sedangkan penyakit-penyakit panas berarti kelalaian dan hukuman dari pihak penguasa.
Orang yang terkena penyakit kering dalam mimpi berarti orang yang telah boros terhadap hartanya dalam hal yang tidak diridhai Allah, dan berhutang pada manusia sedangkan ia tidak membayarnya, lalu hukuman Allah akan jatuh padanya. Sedangkan penyakit basah berarti suatu kesulitan, kesusahan, atau kelemahan untuk melakukan amal atau pekerjaan.
Penyakit gila yang menimpa seseorang berarti datangnya harta pada pemilik mimpi sesuai dengan kadar gila tersebut, akan tetapi harta tersebut ia belanjakan dengan boros bersama teman-teman yang tidak baik. Namun pendapat lain mengatakan bahwa mimpi gila berarti mendapatkan pakaian dari harta warisan atau mendapatkan suatu kekuasaan bagi mereka yang pantas mendapatkannya. Mimpi gilanya seorang anak berarti kekayaan bagi ayah melalui anak tersebut. Mimpi gilanya perempuan berarti kesuburan dalam masa setahun.