Halaman 57

Jika seseorang bermimpi melihat seorang tua hormat kepadanya dan memuliakannya, itu menandakan bahwa ia akan mendapatkan jabatan yang baik dari orang itu. Namun, jika yang memuliakan dan menghormatinya itu seorang pemuda, itu adalah musuh yang akan memperoleh kedudukan darinya, karena ia mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dari musuhnya itu. Sedangkan dalam penakwilan mimpi melihat seorang yang tua berubah menjadi anak muda, terdapat beberapa perbedaan di antara ahli takwil mimpi. Sebagian mereka mentakwilkan bahwa kepada orang tersebut akan datang kegembiraan. Sebagian yang lain mentakwilkan bahwa orang yang melihat mimpi ini akan menderita kekurangan dalam hal materi dan agama. Sebagian lagi mentakwilkan bahwa ia akan meninggal dunia. Serta ada juga yang menakwilkan bahwa mimpi ini menandakan ketamakan orang tersebut, karena berubahnya orang yang sudah tua menjadi anak muda disebabkan oleh ketamakan dan ambisi yang besar. Jika seseorang bermimpi dimarahi oleh seorang anak muda, berarti akan muncul baginya seorang musuh yang dibenci oleh manusia. Sedangkan jika seseorang bermimpi melihat seorang pemuda lalu menyukainya, itu menandakan akan muncul baginya seorang musuh yang dicintai oleh manusia.
Barangsiapa bermimpi melihat remaja Muslimah yang memakai perhiasannya, itu berarti ia akan mendengar sebuah kabar rahasia dari sumber yang tidak ia sangka sebelumnya. Namun jika yang berhias itu adalah seorang anak gadis yang kafir, berarti ia akan mendengar sebuah berita rahasia yang disertai kata-kata jorok dan cabul. Sedangkan jika seseorang bermimpi melihat anak gadis yang bermuka masam, itu pertanda bahwa ia akan mendengar berita duka. Jika seseorang bermimpi melihat anak gadis yang bertubuh kurus, itu berarti bahwa ia akan ditimpa kesedihan dan kemiskinan. Adapun mimpi melihat anak gadis yang bertelanjang menandakan bahwa orang yang melihatnya akan menderita kerugian besar dalam perdagangan, serta segala aib dalam usahanya akan terbongkar. Barangsiapa bermimpi mendapatkan seorang gadis perawan, maka itu menandakan bahwa lahan pertanian yang ia miliki akan mendatangkan hasil yang banyak dan perdagangan yang ia geluti akan mendatangkan keuntungan besar.
Anak gadis dalam mimpi adalah pertanda baik, dimana kadarnya disesuaikan dengan kadar kecantikan, keindahan pakaian dan hiasan gadis tersebut. Oleh karena itu, mimpi melihat anak gadis yang menutupi kecantikan, perhiasan dan keindahan pakaiannya melambangkan kebaikan yang tertutup bersama seorang yang taat beragama. Sedangkan remaja putri yang memperlihatkan kecantikan dan perhiasannya melambangkan kebaikan yang diketahui orang banyak. Adapun mimpi melihat anak gadis yang memakai cadar menandakan kebaikan yang samar-samar. Jika seseorang bermimpi melihat anak gadis yang montok buah dadanya, itu ditakwilkan sebagai kebaikan yang diharap-harapkan. Sedangkan jika ia bermimpi melihat anak gadis yang cantik memasuki rumahnya, berarti ia akan mendapatkan kebahagiaan dan kegembiraan.
Adapun wanita separuh baya dalam mimpi melambangkan harta kekayaan yang tidak bertahan lama, karena kecantikan wanita tersebut akan pudar dalam waktu dekat. Barangsiapa bermimpi melihat seorang wanita muda menghadapkan wajahnya kepadanya, itu berarti keadaannya akan berubah sesudah mengalami berbagai kekejaman. Wanita Arab yang tidak dikenal, berkulit sawo matang, masih muda dan memakai berbagai perhiasan (dalam mimpi) ditafsirkan sebagai kekayaan yang terus bertambah banyak sesuai kadar kecantikan dan manfaat yang diberikannya. Wanita yang gemuk dalam mimpi menandakan kemakmuran pada tahun itu, sebaliknya wanita yang kurus kering menandakan kesukaran hidup pada tahun itu. Dan wanita yang paling baik takwilannya ialah wanita-wanita Arab yang berkulit sawo matang, tetapi wanita yang tidak dikenal dari wanita-wanita Arab memiliki makna konotasi yang lebih kuat dan kokoh daripada wanita yang dikenal. Begitu juga wanita Arab yang berbuat-buat dalam menghias dirinya dan bertingkah lebih baik tafsirannya daripada yang tidak berbuat-buat di dalamnya. Adapun mimpi melihat wanita Arab yang berkulit sawo matang tetapi tidak bernyawa dan mimpi melakukan sesuatu terhadapnya ditafsirkan sebagai pertanda baik, sesuai dengan tingkat kecantikannya. Dan mimpi melihat wanita Arab yang berkulit sawo matang lebih baik takwilannya daripada mimpi melihat wanita selain mereka.