Halaman 97

Badan berlumuran dengan kotoran manusia menunjukkan suatu penyakit atau ketakutan, dan juga dapat berarti suatu kebaikan bagi orang yang banyak berbuat keburukan, dan kami sudah mencoba bahwa hal yang demikian bermanfaat bagi mereka.
Orang yang buang angin tidak berbunyi berarti ia akan tertimpa suatu kesedihan; jika hal itu terjadi di tengah banyak orang berarti suatu kesedihan yang menyebar pada mereka, sedangkan si pemilik mimpi sendiri termasuk dalam kelompok mereka. Bermimpi melihat seseorang buang angin lalu ia mencium bau tersebut berarti suatu kesedihan yang akan ikut lewat bersamanya. Seorang yang bermimpi buang angin dalam keadaan shalat dan tidak terdapat bau busuk berarti ia akan meminta pemenuhan suatu keperluan, lalu ia berdoa pada Allah SWT agar terlepas dari keperluan tersebut, tapi ia menerima suatu ucapan yang mengandung penghinaan dari orang lain terhadap dirinya dan ia merasa berat atas ucapan tersebut.
Bermimpi sedang berada pada sekelompok orang lalu keluar dan kentut berbunyi tanpa sengaja berarti akan datang padanya suatu kelapangan dari suatu kesedihan atau kesulitan sedangkan ia juga mendapatkan keburukan dan celaan. Sedangkan kentut berbunyi keras yang berbau busuk secara disengaja dalam keadaan demikian berarti akan mengucapkan suatu ucapan buruk atau melakukan perbuatan buruk, lalu ia akan menerima celaan sesuai dengan busuknya bau tersebut dan juga makian sesuai dengan tingginya suara kentut tersebut; namun jika kentut itu busuk tanpa ada bunyi berarti suatu celaan tanpa ada makian. Kentut berbunyi di tengah sekelompok orang sedangkan mereka berada dalam suatu kesedihan berarti mereka akan mendapatkan kelapangan dan kegembiraan, sedangkan jika mereka berada dalam suatu kesulitan berarti kesulitan itu akan berubah menjadi suatu kemudahan. Kentut berbunyi dengan usaha keras berarti akan melakukan sesuatu pekerjaan atau tugas yang sebenarnya ia tidak mampu atau sangat berat baginya.
Apabila keluar dari duburnya (anus) burung merak berarti ia akan dikaruniai seorang anak perempuan yang cantik; jika yang keluar ikan berarti akan dikarunia seorang anak perempuan yang jelek; jika yang keluar ulat atau kutu atau sesuatu yang dimakan dalam perutnya berarti suatu keluarga terdekatnya akan memisahkannya; jika yang keluar seperti ular berarti bagaikan orang asing bagi keluarga jauh dan tentunya mereka adalah dari pihak keluarga sesuai dengan sifat ular tersebut; jika yang keluar darah berarti ia (si pemilik mimpi) akan terbebas dari suatu dosa. Sedangkan jika darah tersebut ia lumurkan pada badannya berarti ia akan terbebas dari harta haram. Menurut sebagian ahli takwil, keluarnya darah menunjukkan lahirnya cucu.
Jika bermimpi bahwa ia minum dengan pantatnya berarti ia adalah seorang laki-laki yang disodomi atau melakukannya, jika tidak demikian berarti ia akan terkena suatu suntikan.
Orang yang bermimpi menyapu kotoran kuda berarti ia akan memperoleh harta dari seorang laki-laki terhormat; tahi sapi menunjukkan suatu kebaikan atau nikmat bagi para pengelola tanah, pembajak, penyewa, atau petani saja. Bermimpi melihat diri sendiri duduk di atas kotoran berarti ia akan memperoleh suatu harta dari sebagian kerabatnya.
Barangsiapa bermimpi melihat telur dalam sebuah keranjang atau tempat khusus berarti akan mendapatkan seorang gadis, karena Allah SWT berflrman, "Seakan-akan mereka adalah telur [burung unta yang tersimpan dengan baik" (QS. ash-Shaffaat: 49)
Bermimpi melihat ayamnya bertelur berarti ia akan dikaruniai seorang anak laki-laki; telur yang sudah matang (dimasak) berarti suatu rezeki yang nikmat. Bermimpi memakan telur mentah berarti memakan suatu harta haram atau mendapatkannya atau melakukan suatu dosa besar. Memakan kerang telur berarti bahwa ia seorang pencuri kubur.
Bermimpi melihat istrinya sendiri melahirkan telur berarti dikaruniai seorang anak yang kafir karena Allah SWT berfirman, "Mengeluarkan yang mati dari yang hidup." (QS. al-An'am: 95)