Halaman 108

Bermimpi apabila kemaluannya terasa sakit berarti ia sudah berbuat buruk pada orang lain, lalu mereka menyebutkan keburukannya dan berdoa tidak baik terhadapnya. Sedangkan bermimpi melihat dirinya terjatuh lalu orang lain melemparnya berarti ia akan mati atau keturunannya akan terputus atau salah seorang anaknya akan mati. Sedangkan jika ia mempunyai seorang anak perempuan, lalu ia bermimpi kemaluan (zakar) terputus lalu potongannya diletakkannya di atas telinganya berarti putrinya tersebut akan melahirkan seorang anak tidak dari suaminya. Dan apabila mimpi terpotong zakar tersebut terjadi pada seorang penguasa atau pejabat berarti ia akan dipecat; dan bagi seorang tentara itu merupakan suatu kekalahan dalam pertempuran. Bermimpi melihat dirinya dikebiri atau mengebiri diri sendiri berarti dia akan tertimpa kehinaan. Jika ia (si pemimpi) berniat akan menitipkan suatu barang pada seseorang atau menjaga suatu rahasia, lalu ia bermimpi melihat seorang dikebiri hendaklah ia tidak melakukan hal tersebut. Menurut sebagian ahli takwil, apabila ia bermimpi berubah jadi seorang yang dikebiri berarti ia akan menerima suatu karamah, sedangkan apabila ia melihat seseorang asing yang dikebiri berarti ia memiliki tanda-tanda orang shaleh dan ucapan hikmah karena dia (orang yang dikebiri tersebut) adalah salah satu malaikat yang memberinya peringatan atau kabar gembira.
Bermimpi melihat dirinya terkena penyakit susah buang air kecil berarti pintu-pintu kehidupan (rezeki) nya akan tertutup. Sedangkan bila bermimpi saluran air kencingnya tertutup untuk kencing berarti ia berhutang sedangkan ia tidak mampu membayar hutang tersebut. Bermimpi terkena penyakit burut darah berarti akan memperoleh harta sedangkan ia tidak merasa aman terhadap harta tersebut dari musuh-musuhnya.
Apabila bermimpi bahwa pada salah satu anggota tubuhnya terdapat rasa sakit dimana ia tidak sabar menahannya berarti ia akan mendengarkan suatu perkataan buruk dari kerabatnya yang dinisbatkan sesuai dengan kedudukan anggota tubuh tersebut. Bermimpi bahwa ada seseorang yang mencabik atau merusak salah satu anggota tubuhnya berarti orang itu akan melakukan hal berbahaya pada harta dan sebagian anggota keluarga dekatnya. Apabila pada anggota yang dirusak tersebut terdapat darah atau nanah berarti perusak tesebut akan mengatakan suatu ucapan padanya dan ia (pemilik mimpi) akan memperoleh harta setelah itu. Apabila melihat bahwa keningnya dirusak atau dicabik berarti ia akan mati dengan cepat.
Semua bekas pada anggota tubuh yang terdapat padanya nanah atau darah berarti harta. Segala tambahan terhadap badan apabila tidak membahayakan tubuh berarti tambahan nikmat.
Tentang masalah penyakit kusta, pes atau lepra dan cacar sudah kita bicarakan pada bahasan terdahulu, namun yang lebih baik adalah bahwa dia (si pemilik mimpi) sendiri yang terkena penyakit tersebut (lepra, kusta, pes, kudis, dan cacar). Adapun mengenai jerawat, apabila jerawat itu ia lihat pada orang lain berarti suatu kesedihan atau kurangnya kebesaran duniawi akan datang pada pemilik mimpi karena setiap orang yang berpenampilan buruk akan membuat orang melihatnya tidak senang atau enggan terutama apabila hal tersebut terdapat pada budak atau pembantunya, tentu hal ini merupakan sebuah kejelekan dan hal yang membuat malu. Demikian juga halnya dengan semua orang yang hidup bersamanya.
Bermimpi bahwa dirinya terkena penyakit cacar berarti bertambahnya harta. Sedangkan bila anaknya yang terkena penyakit cacar berarti itu suatu nikmat atau keutamaan bagi dirinya atau anaknya. Demikian juga halnya dengan luka, apabila bermimpi bahwa pada tubuhnya terdapat luka berarti tambahan harta, sedangkan jika tangan yang luka dan mengalirkan nanah berarti harta yang bermanfaat dan tidak akan membahayakannya. Penyakit campak berarti memperoleh harta dari seorang penguasa, dan menurut sebagian ahli takwil, juga berarti suatu tuduhan.
Sedangkan penyakit menggigil berarti suatu kesulitan dalam berbagai masalah sesuai dengan nisbat anggota tubuh yang menggigil tersebut. Bila yang menggigil itu tangan kanan berarti kehidupannya akan mengalami kesulitan; bila paha menggigil berarti ia akan mengalami kesulitan disebabkan oleh keluarga dekatnya; kaki yang menggigil berarti kesulitan dalam hal harta benda.
Penyakit pes atau sampar melambangkan suatu kesedihan, sedangkan orang yang bermimpi sedih berarti ia juga akan kena penyakit pes.