Halaman 51

Sedangkan jika seseorang bermimpi melihat malaikat penjaga neraka yang berwajah riang sambil tersenyum berarti ia akan  mendapatkan kegembiraan atau keselamatan dari petugas polisi, algojo atau tukang pukul pemerintah atau penguasa.
Adapun mimpi melihat neraka dari dekat menandakan bahwa si pemilik mimpi akan mengalami kesulitan dan malapetaka yang ia tidak selamat darinya. Allah SWT berfirman, "Dan orang-orang yang berdosa melihat neraka, maka mereka meyakini, bahwa mereka akan jatuh ke dalamnya dan mereka tidak menemukan tempat berpaling daripadanya." (QS. al-Kahfi: 53) Dan mimpi ini juga menandakan bahwa si pemilik mimpi akan ditimpa kebinasaan, sebagaimana firman-Nya, "Dan orang-orang yang berkata, 'Ya Tuhan kami, jauhkan azab Jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal." (QS. al-Furqan: 65) Oleh karena itu, mimpi ini adalah peringatan agar orang tersebut bertobat dari dosa yang ia lakukan.
Jika seseorang bermimpi memasuki neraka Jahannam berarti ia akan melakukan perbuatan keji dan dosa-dosa besar yang mengharuskannya untuk menerima hukuman atau qishash. Dan ada juga ahli takwil yang mentakwilkan bahwa orang yang melihat mimpi tersebut akan ditangkap atau dibunuh di tengah-tengah keramaian. Jika seseorang bermimpi dimasukkan ke dalam neraka, maka orang yang memasukkannya itu adalah orang yang akan menyesatkannya dan membawa-nya untuk melakukan perbuatan keji atau kotor. Sedangkan jika seseorang bermimpi keluar dari neraka tanpa terkena penderitaan yang tidak dikehendaki berarti ia akan ditimpa berbagai kesedihan di dunia ini.
Apabila seseorang bermimpi meminum air panas neraka atau memakan makanan mematikan yang terdapat dalam neraka, itu menandakan bahwa ia bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu yang kelak akan menjadi bencana baginya. Namun ada juga ahli takwil yang mentakwilkan bahwa segala urusannya akan menyusahkannya. Serta ada juga ahli takwil yang mentakwilkan bahwa orang tersebut akan membunuh seorang manusia. Dan jika seseorang bermimpi melihat wajahnya menghitam, itu menandakan bahwa ia menjadikan musuh Allah SWT sebagai teman dan merelakan perbuatan buruk orang itu, akibatnya ia menjadi terhina dan wajahnya tercoreng hitam di antara manusia serta ia tidak akan dipuji sesudah kehidupannya.
Adapun jika seseorang bermimpi masih di-tahan di neraka tanpa mengetahui kapan ia masuk berarti ia akan tetap menjadi orang kafir atau ingkar yang serba berkesusahan dan berkekurangan serta meninggalkan shalat, puasa dan semua perintah Allah. Mimpi menyeberang di atas bara api menandakan bahwa si pemilik mimpi akan meninggalkan aturan-aturan masyarakat dalam berbagai pertemuan dan majelis dengan sengaja. Setiap mimpi yang dalamnya terdapat neraka melambangkan azab, sesuai dengan firman Allah SWT, "[Dikatakan kepada mereka], 'Rasakanlah azabmu itu. Inilah azab yang dahulu kamu minta supaya disegerakan." (QS. adz-Dzariyat: 14)
Dan barangsiapa bermimpi memasuki neraka dengan menghunuskan pedangnya, maka itu menandakan ia akan membicarakan hal-hal yang keji dan munkar. Sedangkan jika ia memasuki-nya dengan tersenyum, itu berarti ia melakukan perbuatan fasik atau mesum dan bergembira ria dengan segala kemewahan surga duniawi.