Halaman 94

Darah buruk pada umumnya melambangkan penyakit mewabah. Darah yang sedikit, seperti batuk darah menunjukkan penghuni rumah, kerabat, dan mendapat keburukan namun dapat selamat dari bahaya tersebut. Menurut sebagian ahli takwil, darah melambangkan tobat dari suatu dosa atau barang haram dan melakukan suatu amanat yang dibebankan.
Kencing melambangkan harta haram. Bermimpi kencing pada sebuah tempat yang tidak diketahui berarti ia akan menikah dengan wanita pada tempat tersebut atau sampai menyalurkan air maninya dengan mengawini salah seorang wanita tempat tersebut atau tentangganya. Menurut sebagian ahli takwil, bermimpi kencing berarti ia akan membelanjakan suatu harta dimana harta itu akan kembali lagi padanya, karena Allah SWT berfirman, "Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya." (QS. Saba': 39)
Bermimpi kencing pada sebuah sumur berarti ia akan menafkahkan harta dari usaha yang halal. Kencing di atas suatu barang berarti ia akan menjual murah barang tersebut. Kencing pada sebuah mihrab berarti ia akan mendapatkan anak yang alim (ulama). Diriwayatkan bahwa Marwan ibn al-Hakam bermimpi bahwa ia kencing di mihrab dan menahan setengahnya, lalu ia bertanya tentang takwil mimpinya pada Sa'id ibn al-Musayyab, maka ia berkata, "Kamu akan melahirkan anak-anak yang akan menjadi khalifah." Orang yang kencing setengah lalu menahan setengahnya berarti sebagian hartanya akan hilang atau pergi jika ia seorang kaya, namun jika seorang yang menderita berarti sebagian penderitaannya akan sirna. Jika seseorang kencing bersama orang lain, lalu kencing tersebut bercampur berarti akan terjadi hubungan besan atau ipar antar keduanya.
Bermimpi menderita penyakit sulit buang air kecil berarti akan rnarah pada istrinya. Bermimpi akan kencing tapi tidak menemukan tempatnya berarti ia akan menguburkan suatu harta tapi tidak menemukan tempat untuk menguburkan atau menyembunyikan harta tersebut. Bermimpi kencing pada sebuah tempat kencing atau lebih berarti ia akan mendapatkan suatu kelapangan jika ia seorang miskin, tapi jika ia seorang kaya berarti sebagian hartanya akan hilang. Bermimpi kencing lalu orang-orang membasuh sesuatu dengan kencing tersebut berarti ia akan melahirkan seorang anak yang akan diikuti oleh manusia. Apabila seseorang yang sudah dikenal kencing di atas dirinya berarti orang itu akan memberi nafkah padanya.
Melihat seorang wanita kencing banyak berarti ia (wanita itu) menginginkan laki-laki. Apabila seseorang kencing dengan mengeluarkan susu, berarti ia menyia-nyiakan perbuatan fitrah (ketaatan); sedangkan jika susu kencing itu diminum oleh seseorang yang sudah dikenal berarti ia akan memberinya nafkah dari harta yang halal. Bermimpi kencing yang mengeluarkan darah berarti ia akan bersetubuh dengan wanita yang sedang haid.
Diriwayatkan bahwa seorang laki-laki datang pada Ibnu Sirin, lalu mengatakan bahwa ia ber-mimpi kencing yang mengeluarkan darah, lalu Ibnu Sirin berkata, "Takutlah kamu kepada Allah, karena engkau suka menyetubuhi istrimu yang sedang haid." Laki-laki itu berkata, "Benar." Sedangkan menurut sebagian ahli takwil, jika pemilik mimpi tersebut seorang wanita hamil, berarti bayinya akan keguguran.