Halaman 75

Jika seseorang bermimpi melihat cacat atau penyakit pada pundaknya, itu adalah penyakit atau kematian yang akan menimpa saudara-saudaranya, karena kedua pundak melambangkan saudara. Dan dikisahkan bahwa seseorang bermimpi seolah-olah ia ingin melihat salah satu bahunya, tetapi ia tidak dapat melakukan-nya. Maka ditafsirkan bahwa ia akan mengalami kebutaan pada sebelah matanya dan itu pasti akan terjadi, karena hanya orang yang bermata juling-lah yang tidak dapat melihat bahunya.
Tangan kanan bagi manusia adalah alat untuk mencari penghidupan. Apabila seorang penguasa bermimpi memiliki tangan yang panjang, berarti ia akan menapatkan kemenangan. Bagi saudagar mimpi ini berarti keuntungan yang banyak. Sedangkan bagi rakyat jelata, mimpi ini menandakan kemajuan dan peningkatan. Dan ada yang menafsirkan bahwa mimpi memiliki dua tangan yang panjang bagi para pemimpin dan prajurit-nya menandakan kuatnya pasukan dan pembantu-pembantunya, serta menandakan umurnya yang panjang. Sedangkan mimpi melihat tulang kedua tangan menandakan pertambahan harta kekayaan. Jika seseorang bermimpi melihat tangannya berubah menjadi halus dan lembut, berarti umurnya akan dipanjangkan dalam kegembiraan. Dan ditafsirkan bahwa dua tangan yang sehat dan bagus menandakan pengambilan dan pemberian yang baik.
Di antara para pentakwil mimpi ada yang mengatakan bahwa tangan kanan menandakan kerabat yang laki-laki, sedangkan tangan kiri melambangkan kerabat yang perempuan. Jika seseorang bermimpi kehilangan salah satu tangannya, berarti ia akan kehilangan sebagian kerabatnya karena meninggal dunia atau menghilang. Apabila seseorang bermimpi memasukkan tangannya ke bawah ketiaknya lalu mengeluarkannya kembali, dan ternyata di tangannya terdapat cahaya, itu berarti ia akan mendapatkan ilmu pengetahuan jika ia seorang pelajar atau ilmuan, dan keuntungan jika ia seorang pedagang. Sedangkan jika yang keluar adalah api, maka itu menandakan bahwa ia akan memperoleh kekuatan, kemenangan dan kedudukan dalam urusan yang sedang ia tangani. Dan apabila yang keluar adalah air, berarti ia akan memperoleh harta kekayaan.
Adapun mimpi melihat tangan tambahan menandakan pertambahan wilayah dan kekuatan. Dan mimpi ini juga menandakan kelahiran putra, kehadiran seseorang yang sudah lama menghilang atau kelahiran saudara. Jika seseorang bermimpi menjadi kidal, berarti segala urasannya akan menjadi sulit untuk diselesaikan. Dan apabila seseorang bermimpi bersungguh memilih dengan segala upayanya untuk melakokan pekerjaan dengan tangan kiri, itu menandakan bahwa ia akan memperoleh kebutuhannya.
Merentangkan kedua tangan dalam mimpi adalah pertanda kedermawanan. Sedangkan mimpi berjalan di atas tangan menandakan bahwa orang yang melihatnya akan bersandar (dalam beberapa permasalahan) kepada kaum kerabatnya. Dan mimpi melihat dengan kedua tangan berarti bersentuhan dengan apa-apa yang diharamkan. Barangsiapa bermimpi seolah-olah tangan kanannya mengatakan perkataan yang baik kepadanya, maka itu berarti rezeki-nya akan berjalan baik dan lancar. Adapun jika yang berbicara baik itu adalah tangan kiri-nya, berarti kerabatnya akan berterima kasih dan memujinya. Sedangkan jika ia bermimpi melihat salah satu atau kedua tangannya menyampaikan celaaan dan kecaman kepadanya, itu menandakan perbuatannya yang buruk.
Jika seseorang bermimpi melihat tangannya terbuat dari emas, berarti isteri atau partnernya akan meninggal dunia. Sedangkan jika seseorang bermimpi melihat tangannya bertukar menjadi tangan sultan atau raja, berarti ia akan mendapatkan kedudukan sebagai raja atau sultan, dimana pada masa pemerintahannya akan terjadi seperti apa yang sudah terjadi pada masa peme-rintahan sultan atau raja tersebut. Baik dari keadilan ataupun kesewenang-wenangan. Dan siapa bermimpi mempunyai dua sayap, berarti ia akan mendapatkn dua anak laki-laki.